Diadaptasi dari video game populer berjudul sama, Halo adalah salah satu serial andalan Paramount yang baru saja menayangkan episode perdananya pada hari kemarin. Bercerita tentang perang galaksi, antara koloni manusia yang diwakili oleh UNSC (United Nations Space Command) dan perserikatan bangsa alien yang disebut Covenant, serialnya sendiri berfokus pada seorang pasukan elite Spartan yang bernama Petty Officer John-117 alias Master Chief.

Di episode perdananya kemarin, kita bisa melihat betapa kuatnya Master Chief sebagai komandan dari Silver Team Spartan, yang dilengkapi dengan zirah dan senjata canggih. Namun, terlepas dari keseruan yang dihadirkan oleh serial Halo episode 1, masih banyak sekali misteri yang belum bisa terpecahkan, salah satunya adalah artefak misterius yang penjadi pusat premis dari episode perdananya, di mana artefak tersebut telah memancing alien Covenant ke planet Madrigal yang pada akhirnya membantai Insurrectionist. Tanpa basa-basi lagi, mari kita bahas artefak misterius di serial Halo tersebut.

Artefak Yang Sangat Sakti

Sampai episode perdananya selesai tayang kemarin, tidak dijelaskan apa sebenarnya artefak misterius tersebut. Meskipun ukurannya kecil, tetapi ketika digunakan oleh Master Chief, artefak tersebut terbukti dapat memancarkan energi yang sangat kuat. Ketika Master Chief pertama kali menyentuhnya di gua Madrigal, dia langsung melihat sebuah gambaran di mana ada sebuah keluarga dengan seekor anjing putih, yang kemungkinan adalah ingatan lama Master Chief sebelum dia dijadikan “aset” UNSC dalam bentuk pasukan elite Spartan.

Bahkan ketika dia menyentuhnya sekali lagi di akhir episode 1, artefak tersebut dapat mengeluarkan semacam gelombang kejut yang langsung mematikan listrik di ibukota planet Reach. Di mana kejadian tersebut langsung dimanfaatkan oleh Master Chief bersama Kwan Ha untuk melarikan diri dari UNSC yang mencoba menangkap mereka. Dr. Hasley yang melihat Master Chief bisa menggunakan artefak tersebut sepertinya merasa yakin bahwa Master Chief adalah “Juru Selamat” manusia yang selama ini dijanjikan.

Ciptaan Ras Kuno di Galaksi

Sementara jawaban dari artefak misterius tersebut mungkin akan dijelaskan di episode-episode Halo selanjutnya, banyak penggemar yang percaya bahwa artefak sakti tersebut adalah ciptaan Forerunner. Di video gamenya, Forerunner adalah ras kuno yang telah menciptakan berbagai macam benda dan senjata kuat untuk mengalahkan alien parasit yang disebut Flood. Dan karena alien Covenant menganggap Forerunner sebagai dewa mereka, itulah mengapa mereka tampak sangat menginginkan artefak misterius tersebut yang saat ini berada di tangan Master Chief.

Salah satu ciptaan Forerunner yang paling besar sekaligus sangat kuat adalah Halo Rings, planet berbentuk cincin raksasa yang dimaksudkan sebagai senjata super untuk membersihkan galaksi dari alien Flood. Dan sepertinya artefak misterius yang berada di tangan Master Chief adalah peta navigasi, seperti di gamenya, yang akan mengarahkan penggunanya ke lokasi Halo Rings. Di sisi lain, Covenant percaya bahwa dengan menemukan dan mengaktifkan Halo Rings, mereka bisa bertemu dengan para Forerunner.

Sumber Tenaga Artefak yang Lebih Besar?

Selain berfungsi sebagai peta, kemungkinan artefak misterius tersebut adalah sebuah kunci atau sumber tenaga untuk mengaktifkan artefak lain yang lebih besar. Di episode 1 cukup jelas bahwa artefak kecil tersebut mempunyai energi yang sangat besar, di mana bisa saja nantinya sebelum mengarahkan Master Chief pada Halo Rings, artefak tersebut akan membawanya ke sebuah artefak lain yang saat ini menunggu untuk diaktifkan.

Karena di akhir episode artefak tersebut terlihat aktif di planet Reach, kemungkinan Covenant akan menyadari lokasi terakhir dari artefak tersebut. Di gamenya sendiri, Covenant mempunyai teknologi yang disebut Luminaries, di mana teknologi tersebut bisa mendeteksi energi yang dikeluarkan oleh alat Forerunner. Jika benar seperti itu, kemungkinan di episode selanjutnya Covenant akan mengerim serangan penuh ke planet Reach dan melakukan pertempuran besar di sana.

Pada titik ini, tampaknya bukan hanya nyawa Master Chief saja yang terancam, tetapi juga koloni manusia di planet Reach. Karena Forerunner kemungkinan tidak akan tinggal diam dan akan mengejar artefak tersebut dengan sekuat tenaga. Dan dengan hal tersebut, di episode-episode selanjutnya, sepertinya peperangan antara manusia dan Covenant akan menjadi lebih intens dan juga lebih besar lagi dari sebelumnya. Itulah pembahasan mengenai artefak misterius yang terlihat pertama kali di episode 1 serial Halo.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.