Doctor Strange adalah salah satu karakter penting dari Marvel Universe yang kehadirannya selalu memengaruhi sebagian besar apa ayang terjadi di semestanya. Melakukan debutnya pada tahun 1963, karakter yang mempunyai nama asli Doctor Stephen Strange ini diceritakan sebagai salah satu penyihir terkuat, bahkan di semesta utama sendiri dia memegang jabatan sebagai Sorcerer Supreme yang harus melindungi Bumi dari segala macam ancamannya. Namun, tidak semua versi Strange seheroik versi utamanya, karena ada juga variannya yang terkenal sangat jahat dan juga hebat. Berikut lima versi Doctor Strange paling jahat yang pernah diceritakan di Marvel Comics!

Strange Cancerverse

Di semesta alternatif Earth-10011 alias Cancerverse, ada varian Doctor Strange yang dikenal paling jahat. Alih-alih menjadi murid Ancient One dan mengabdikan dirinya sebagai Sorcerer Supreme baru, Strange di Cancerverse justru malah menjadi budak Elder God bernama jahat yang sering disebut Great Old Ones atau Many Angled Ones, hal tersebut dia lakukan karena tidak ada harapan lain setelah dunianya dimakan oleh alien symbiote. Selain sifatnya yang jahat, penampilan Strange dari Cancerverse ini sangat mengerikan sekaligus menjijikan, karena beberapa bagian tubuh yang terlihat kering dan membusuk.

Strange Zombieverse

Sama seperti Strange Cancerverse, Doctor Strange dari Zombieverse juga diceritakan menjadi jahat bukan karena keinginannya, melainkan karena sebuah wabah mematikan telah mengubahnya menjadi sosok zombie yang kelaparan. Setelah sebelumnya mencoba untuk menahan transformasinya menjadi zombie, pada akhirnya Strange menyerah dan menjadi zombie seutuhnya yang berkeliling dunia untuk memakan manusia. Berbagai upayanya adalah dengan menyerang kastil Doctor Doom yang dipenuhi banyak manusia, kemudian bersekutu dengan Kingpin zombie, dan menggunakan sihirnya untuk membuka portal ke universe lain.

Vincent Strange

Di semesta utama, sudah sangat jelas bahwa Doctor Strange adalah sosok pelindung yang melindungi Bumi dari invasi dimensi lain, termasuk ketika raja dari Dimensi Kegelapan, yaitu Dormammu, mencoba untuk menguasai Bumi. Namun, di komik What If?, Strange secara mengejutkan diceritakan menjadi salah satu anak buah Dormammu, di mana dia tidak lagi memedulikan Bumi dan bersumpah untuk tetap setia pada raja kegelapan tersebut. Dalam proses untuk membuktikan kesetiaannya, Strange sampai tega membunuh Baron Mordo, setelah rivalnya tersebut mengajarkan ilmu hitam. Sejak saat itu dia terus mengasah sihir kegelapannya sampai ke tingkat di mana dia tidak terkalahkan.

Punisher Strange

Di komik  Secret Wars Battleworld, salah satu varian Doctor Strange dari Earth-27169 diceritakan dibunuh oleh sesosok vampir. Alih-alih menerima kematiannya, seperti yang dilakukan oleh Strange utama, dia malah mencoba merasuki Frank Castle alias Punisher. Dengan pikiran yang kacau balau, terlahirnya sosok gabungan antara Strange yang ahli sihir dan Punisher yang ahli menggunakan senjata. Bukannya menggunakan kemampuannya untuk melindungi Bumi dan semua isinya, Punisher Strange ini justru malah mengamuk dan mencoba membunuh banyak superhero populer Marvel, termasuk Hulk, Wolverine, Spider-Man, dan Ghost Rider.

Necromancer

Versi Strange paling jahat dan juga paling sakti berikutnya adalah Necromancer yang berasal dari Counter-Earth. Varian Doctor Strange ini muncul di komik Doctor Strange, Sorcerer Supreme #46, di mana dirinya diceritakan menekuni ilmu sihir kegelapan setelah membunuh Baron Mordo dan Ancient One. Mengetahui bahwa dirinya terlalu kuat dan jahat, entitas kosmik Eternity kemudian mengurungnya di Pocket Dimension. Namun, dia berhasil kabur ke semesta utama dan membuat onar di Bumi dengan pasukan iblis yang bisa dia panggil menggunakan kekuatannya.

Meskipun sebagian besar versi aternatif Strange terkenal mempunyai tujuan yang sama, yaitu melindungi Bumi, tetapi kelima varian ini justru membuktikan bahwa ada juga versi Strange yang terkenal jahat dan berbuat sebaliknya. Di mana membutuhkan upaya yang sangat besar untuk mengalahkannya, mengingat mereka adalah varian Strange yang memiliki kekuatan dan kesaktian yang hampir sama dengan versi utamanya. Itulah lima versi Doctor Strange yang diceritakan menjadi jahat karena alasannya masing-masing, dan akhirnya terkenal sebagai varian Strange yang sangat mengerikan sekaligus berbahaya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.