Marvel Cinematic Universe adalah salah satu wawalaba besar yang saat ini sangat disukai oleh banyak penggemar, tanpa terkecuali di Indonesia. Dikembangkan oleh Marvel Studios sejak tahun 2008, berbagai proyek tayangan MCU umumnya selalu diantisipasi oleh para penggemar Indonesia, baik film yang tayang di layar lebar, maupun serial yang tayang secara eksklusif di saluran streaming Disney+. Dan bisa dibilang hampir semua tayangan tersebut telah melibatkan banyak aktor Hollywood yang sangat populer.

Menariknya, di antara para aktor Hollywood tersebut, ternyata ada juga aktor Indonesia yang muncul di MCU. Keterlibatan dari orang-orang Indonesia ini bisa dibilang sangat beragam dan cukup menghibur. Dari mulai peran figuran, sampai peran yang cukup penting untuk MCU sendiri, berikut para aktor Indonesia yang pernah terlibat dalam berbagai tayangan MCU!

Arief Muhammad

Muhammad Arief Yakoeb, atau yang akrab disapa Arief Muhammad ini, adalah seorang penulis novel yang terkenal melalui karya komedi romantis berjudul Poconggg Juga Pocong (2011). Pada tahun 2016, Arief sempat menjadi cameo di film Koala Kumal karya Raditya Dika. Tidak lama setelah itu, Arief yang saat ini aktif sebagai konten kreator tiba-tiba muncul di film Thor: Ragnarok (2017), tepatnya sebagai salah satu rakyat di Planet Sakaar ketika Hulk dan Thor diceritakan terjebak di planet tersebut.

Menariknya, di film MCU tersebut Arief ternyata tidak tampil sendirian, karena dia juga mengajak istrinya yang seorang influencer Indonesia bernama Tiara Pangestika. Selain berperan dalam filmnya, Arief juga diberikan kesempatan untuk melakukan wawancara dengan para bintang utama di film Thor: Ragnarok (2017), begitu juga dengan sutradara Taika Waititi yang pada saat itu telah berhasil menghidupkan kembali waralaba Thor.

Ray Sahetapy

Siapa yang tidak mengenal Ray Sahetapy? Aktor veteran yang mempunyai nama asli Ferenc Raymond Sahetapy ini sebelumnya pernah tampil di film-film klasik Indonesia, termasuk Gadis (1980), Ponirah Terpidana (1983), Secangkir Kopi Pahit (1984), Tatkala Mimpi Berakhir (1987), dan Jangan Bilang Siapa-Siapa (1990). Di kalangan anak muda sendiri, Ray terkenal dalam perannya di film The Raid (2011) sebagai seorang villain bernama Tama Riyadi, gembong narkoba kejam sekaligus penguasa gedung apartemen kumuh di filmnya.

Tidak disangka-sangka, ternyata penampilannya di film The Raid tersebut telah menarik perhatian Marvel yang mengajaknya untuk berperan sebagai seorang juru lelang di film Captain America: Civil War (2016). Dalam adegannya, dia beradu akting dengan aktor Daniel Bruhl yang memarankan karakter villain bernama Baron Zemo. Meskipun pada akhirnya adegan tersebut dibuang dari filmnya, tetapi cuplikan karakter Ray yang berbicara dengan Baron Zemo telah beredar secara daring melalui berbagai media sosial.

Topo Wresniwiro 

Seperti yang sebelumnya kita bahas di artikel Mengenal Karakter Doctor Strange 2 yang Diperankan Aktor Indonesia, Raden Topo Wresniwiro adalah aktor keturunan Indonesia yang terlibat sebagai karakter Master Hamir di MCU. Memulai debutnya sebagai seorang penyihir Mystic Art di film pertama Doctor Strange (2016), karakter Hamir dari Topo telihat hanya mempunyai satu lengan. Walaupun begitu, dia terbukti sebagai seorang penyihir tangguh di Kamar Taj karena bergelar Master di bidang sihir yang didalami oleh Doctor Strange tersebut.

Berdasarkan foto terbaru dari film Doctor Strange in the Multiverse of Madness, tampaknya Topo akan mengulang perannya sebagai Hamir. Sejauh ini masih belum diketahui seberapa besar perannya nanti, tetapi melihat masalah multiverse yang tampaknya sangat gawat, tidak ada jaminan untuk karakter tetap hidup sampai akhir film. Topo sendiri saat ini telah menetap di London, Inggris dan berdasarkan akun Google plus-nya dia pernah juga tinggal di Kota Kudus, Yogyakarta, dan Jakarta. Selain terlibat di MCU, Topo juga pernah berperan sebagai karakter Ubert Quaril di film Star Wars: The Force Awakens (2015).

Itulah para aktor yang pernah terlibat di film-film MCU. Terlepas dari perannya yang tidak terlalu besar, tetapi keterlibatan mereka telah membuktikan bahwa tidak ada halangan bagi aktor Indonesia untuk terlibat dalam tayangan sebesar Marvel Cinematic Universe. Jika ada yang penasaran dengan penampilan mereka, kalian bisa menemukan beberapa cuplikan videonya di YouTube. Sedangkan untuk penampilan Topo Wresniwiro di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness akan bisa segera disaksikan pada tanggal 4 Mei 2022.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.