Doctor Strange 2, atau yang berjudul resmi Doctor Strange in the Multiverse of Madness, adalah film pertama Marvel Cinematic Universe yang akan dirilis pada tahun 2022 ini. Disutradarai oleh Sam Raimi, film MCU ke-28 ini akan bercerita tentang masalah multiverse yang melibatkan Doctor Strange (Benedict Cumberbatch) dan para penyihir Marvel lainnya, termasuk Wong (Benedict Wong), Karl Mordo (Chiwetel Ejiofor), Scarlet Witch (Elizabeth Olsen), bahkan para varian dari Strange seperti Defender Strange dan Sinister Strange.

Selain menampilkan superhero baru seperti America Chavez (Xochitl Gomez), filmnya juga dipastikan akan menghadirkan lebih banyak penyihir dibandingkan film Doctor Strange sebelumnya. Sejauh ini beberapa penyihir yang sudah terungkap, di antaranya adalah alien minotaur bernama Rintrah, kemudian Sara yang kemungkinan Sara Wolfe dari Marvel Comics, serta yang baru-baru ini terlihat di foto baru Doctor Strange 2, yaitu Master Hamir. Dan menariknya, karakter Hamir ternyata diperankan oleh aktor keturunan Indonesia! Siapa sebenarnya Hamir? Langsung saja kita bahas, Geeks!

Berperan Vital di Marvel Universe

Sebelum muncul di MCU, ternyata karakter Hamir the Hermit berasal dari Marvel Comics, tepatnya di komik Strange Tales #111 (1963) karya Stan Lee dan Steve Ditko. Digambarkan sebagai seorang penyihir, Hamir adalah keturunan Kan, karakter Marvel yang memang terkenal memegang teguh tradisi sihir untuk dipakai dalam kebaikan. Setelah Hamir direkrut oleh Ancient One sebagai muridnya di Kamar Taj, perlahan-lahan dia mulai mempelajari Mystic Art, di mana hal itu membuat Ancient One tertarik pada potensinya.

Percaya bahwa Hamir adalah orang baik yang akan menggunakan ilmu sihir untuk kebaikan, Ancient One kemudian mengangkatnya menjadi asisten pribadinya yang selalu berada di sampingnya. Pada titik itu, Hamir kemudian memohon kepada Ancient One untuk mengajari anaknya yang bernama Wong tentang ilmu sihir Mystic Art. Sayangnya, setelah sekian lama mengabdi kepada Ancient One, pikiran Hamir diceritakan dikendalikan oleh penyihir jahat Baron Mordo dan Kaecilius untuk meracuni Ancient One.

Namun setelah dirinya terlepas dari kendali Mordo, Hamir memohon maaf kepada guru sekaligus tuannya tersebut dengan merawat Ancient One yang koma sampai akhirnya sembuh. Bahkan ketika Ancient One diceritakan meninggal dunia dan peran Sorcerer Supreme diteruskan oleh Doctor Strange, Hamir tetap bertahan di Kamar Taj dan melatih banyak penyihir baru. Dan kisah latar belakangnya sebagai seorang guru di Kamar Taj, kemungkinan akan diangkat kembali di film Doctor Strange 2 nanti.

Hamir di Film Doctor Strange 2

Di MCU sendiri, karakter Hamir pertama kali diceritakan di film pertama Doctor Strange (2016). Meskipun peran di film pertamanya tidak banyak, tepatnya pada saat Strange pertama kali datang ke Kamar Taj dan mengira Hamir sebagai Ancient One, tetapi karakter penyihir ini diperankan oleh aktor keturunan Indonesia bernama Raden Topo Wresniwiro. Menariknya, berdasarkan foto terbaru Doctor Strange 2, aktor berusia 72 tahun ini akan kembali mengulang perannya di film tersebut.

Sejauh ini belum diketahui seberapa besar peran Hamir dari Raden Topo di Doctor Strange 2, yang jelas dari fotonya dia (sebelah kanan) terlihat berdiri di samping America Chavez. Sebagai seorang Master of Mystic Art kemungkinan dia akan terlibat dalam pertempuran di Kamar Taj seperti yang terlihat di trailernya. Dan walaupun Hamir versi MCU ini tidak ada hubungan darah dengan Wong, seperti di komiknya, tetapi kemungkinan dia akan berinteraksi dengan Wong dan juga penyihir lain di suatu adegan di filmnya.

Dan melihat masalah multiverse yang mengancam di film Doctor Strange 2, nasib para penyihir di Kamar Taj termasuk Hamir tampaknya menjadi tidak menentu, bahkan tidak sedikit penggemar yang berspekulasi bahwa kemungkinan Wong akan mati untuk membangun kisah petualangan baru Doctor Strange ini. Kita nantikan saja aksi Master Hamir yang diperankan oleh Raden Topo dan para penyihir Mystic Art lainnya di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness, yang akan tayang di bioskop Indonesia pada 4 Mei 2022.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.