Pada akhir bulan Maret ini, penggemar setia Marvel akan disuguhi dengan sebuah tayangan baru Marvel Cinematic Universe yang berfokus pada karakter Marc Spector alias Moon Knight. Diperankan oleh aktor terkenal Oscar Isaac, serial Moon knight digadang-gadang akan menjadi salah satu pioner tayangan kelam MCU, yang kemungkinan akan menghadirkan lebih banyak karakter ikonik dari Marvel Comics.

Jika berbicara tentang superhero kelam, yang biasanya berhubungan dengan dunia supernatural Marvel, Daredevil adalah salah satunya. Dan menariknya, saat ini Marvel Studios sendiri sudah “mengakui” bahwa karakter Matt Murdock alias Daredevil dari aktor Charlie Cox, yang sebelumnya tampil di serial Netflix Daredevil, sebagai bagian dari MCU. Hal itu sangat membuka kemungkinan untuk memunculkan superhero tanpa rasa takut tersebut di serial terbaru MCU. Tanpa basa-basi lagi, mari kita bahas lebih lanjut alasan mengapa Daredevil wajib muncul di serial Moon Knight!

Bersekutu di Marvel Comics

Moon Knight adalah serial live-action Marvel yang sudah diantisipasi sejak lama oleh para penggemar, hal tersebut dikarenakan serialnya akan memperkenalkan karakter baru di MCU. Karakter Moon Knight sendiri adalah salah satu dari sekian banyak alter ego Marc Spector, selain Steven Grant, Jake Lockley, dan Mr. Knight. Penggambaran tentang kepribadian ganda Spector ini sudah diceritakan sejak kemunculan pertamanya di Marvel Comics, tepatnya di komik Werewolf by Night #32 (1972).

Dalam sejarahnya di Marvel Comics, Moon Knight adalah salah satu superhero yang mempunyai banyak sekutu, dan salah satu sekutunya yang paling sering diceritakan adalah Daredevil. Sebagai superhero yang lebih dahulu melakukan debut di Marvel Comics, tepatnya di komik Daredevil #1 (1964), Matt diperkenalkan sebagai seorang pengacara sekaligus penyandang tunanetra, yang menemukan jalan superheronya setelah berhasil memanfaatkan sebagian besar kekuatan panca inderanya.

Sebagai dua karakter Marvel yang mempunyai banyak kemiripan, termasuk statusnya sebagai vigilante yang brutal, cukup masuk akal mengapa Moon Knight dan Daredevil mempunyai hubungan yang sangat dekat. Di Marvel Comics, dua superhero tangguh ini melakukan persekutuan pertamanya di komik Moon Knight #13 (1981). Keduanya bahkan melanjutkan hubungan mereka selama lebih dari empat puluh tahun dengan muncul di berbagai kisah Marvel Comics.

Ketika Marvel merilis komik Marvel Knights pada tahun 2000, Daredevil diceritakan sebagai salah satu pendiri dari tim superhero baru yang disebut Marvel Knights. Dan tentu saja, karena hubungan dekatnya dengan Moon Knight, Daredevil kemudian merekrutnya sebagai bagian dari tim superhero jalanan ini. Dengan sejarah panjang mereka berdua ini, cukup masuk akal jika pada akhirnya Daredevil muncul pada suatu titik di serial Moon Knight nanti.

Sama-sama Vigilante “Horor”

Bisa dibilang serial Daredevil, yang sebelumnya tayang di Netflix, adalah salah satu tayangan Marvel yang digemari oleh banyak penonton. Tayang dari tahun 2015 sampai 2018, dengan total tiga season, serial yang dibintangi Cox ini telah menghadirkan tayangan yang lebih kelam dan juga brutal daripada kebanyakan tayangan MCU sejauh ini. Dan melalui penampilan Daredevil di film Spider-Man: No Way Home (2021), akhirnya superhero brutal ini telah menjadi bagian dari MCU.

Selain persamaan yang mereka miliki, di komik Shadowland (2010), Daredevil dan Moon Knight diceritakan secara tidak sengaja berbagi pengalaman dengan masalah “horor” di Marvel Universe. Ketika Daredevil diceritakan menyusup ke markas ninja kriminal The Hand, dia tiba-tiba dirasuki oleh iblis bernama The Beast yang disembah oleh kelompok villain tersebut. Dalam prosesnya Moon Knight datang untuk mencoba berunding dengan Daredevil, keduanya kemudian dicertiakan bertarung bersama dengan kisah yang lebih epik dari awal persekutuan mereka.

Walaupun cerita dari komiknya agak sulit untuk diadaptasi sekarang, tetapi di trailer Moon Knight cukup jelas bahwa serialnya nanti akan menghadirkan beberapa elemen horor atau supernatural. Dengan berbagai alasan ini, serta sejarah panjang mereka berdua di Marvel Universe, cukup masuk akal jika Daredevil dari Cox pada akhirnya akan muncul juga di serial Moon Knight dan mulai bersekutu dengan karakter yang diperankan oleh Isaac. Itulah pembahasan mengapa Daredevil wajib muncul di serial Moon Knight. Kita buktikan saja kebenarannya, saat serialnya tayang perdana di Disney+ pada 30 Maret besok.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.