Adamantine Prison Wall

Meskipun tidak memiliki Kekkei Genkai apa pun, Hiruzen Sarutobi ditasbihkan sebagai “dewa dari para shinobi.” Hal ini dikarenakan kemampuan Sarutobi yang sangat luar biasa, termasuk kemampuannya untuk memanggil sang raja kera, Enma. Enma sendiri diketahui memiliki sebuah teknik pertahanan yang luar biasa disebut Adamantine Prison Wall.

Dalam menggunakan teknik ini, Enma diperlihatkan akan berubah menjadi sebuah tongkat, dan kemudian tongkat-tongkat tersebut akan membentuk sebuah kotak yang mengelilingi target. Selain mampu untuk bertahan, teknik ini juga bisa digunakan untuk mengurung musuhnya, dan mustahil bagi musuh untuk bisa kabur.

Kamui

Setelah menyaksikan kakashi membunuh Rin, dia kemudian mampu membangkitkan Mangekyou Sharingan di mata sebelah kiri, yang disebut sebagai Kamui. Dengan menggunakan Kamui, Obito mampu mengirimkan bagian tubuhnya menuju sebuah dimensi yang lain, membuatnya menjadi sosok yang sulit dikalahkan.

Selain mampu memindahkan tubuhnya, dia juga mampu memindahkan siapa pun yang menyentuhnya atau dia sentuh. Sangat sulit untuk bisa menahan serangan dari Kamui, di mana penggunanya sendiri mampu dengan mudah pindah ke dimensi lain. Teknik ini membuat penggunanya bisa melancarkan serangan kejutan.

Truth-Seeking Ball

Teknik Truth-Seeking Ball bisa digunakan baik untuk menyerang atau pun bertahan. Kemampuan ini hanya bisa diakses atau digunakan oleh sebagian kecil karakter saja di dunia Naruto, dan kebanyakan dari pengguna teknik ini sudah membangkitkan kekuatan Six Paths Senjutsu. Teknik ini dikenal menjadi salah satu teknik terhebat, karena bisa menghadirkan form serangan yang dahsyat ataupun pertahanan yang juga tidak kalah luar biasa.

Seperti yang diperlihatkan oleh Obito dan Madara, Truth-Seeking Balls mampu menandingi teknik Impure World Reincarnation. Selain itu, mustahil bagi seseorang untuk bisa tetap memiliki bagian tubuh atau anggota tubuh yang sudah bersentuhan dengan Truth-Seeking Balls.

Shinra Tensei

Pain yang merupakan pengguna Rinnegan memiliki beberapa jutsu unik dan mengerikan. Salah satu teknik Pain yang mengerikan adalah Shinra Tensei. Teknik ini memiliki daya penghancur yang luar biasa dan telah menghancurkan Konoha sebelum akhirnya Naruto datang. Shinra Tensei bahkan telah membunuh banyak warga desa Konoha dan mengakibatkan banyak warganya luka parah.

Meskipun pada akhirnya Pain menyembuhkan dan menghidupkan kembali semua warga desa Konoha setelah selesai berdiskusi dengan Naruto, namun kerusakan yang dia akibatkan memang sangat parah. Shinra Tensei juga mampu untuk menahan teknik dahsyat lainnya seperti Amaterasu. Karena tekniknya yang luar biasa, Pain tidak bisa menggunakan teknik ini terus menerus.

Shield of Sand

Teknik yang dimiliki oleh Gaara ini sudah sangat sering melindungi sang Kazekage dari berbagai serangan. Pasir yang melindungi Gaara tersebut bisa bergerak sendiri untuk melindungi berbagai serangan ke arah Gaara, dan juga mencegah Gaara untuk menyakiti dirinya sendiri. Meskipun begitu, mereka yang memiliki kecepatan tinggi, seperti Rock Lee, diperlihatkan mampu menembus pertahanan ini.

Jutsu menjadi hal yang esensial bagi para shinobi, yang mana wajar jika mereka terus meningkatkan kemampuan Jutsu mereka agar bisa menjadi yang terbaik. Namun, selain Jutsu yang mampu menghadirkan daya hancur tinggi, seorang shinobi juga perlu mempelajari Jutsu pertahanan seperti di atas.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.