Dalam dunia Naruto yang banyak menghadirkan adegan pertarungan, berbagai teknik pertahanan mungkin terlihat tidak dibutuhkan. Fokus utama dalam ceritanya selalu menjadi yang terbaik dan yang terkuat diantara yang lain. Namun, jika tidak diperhatikan, seseorang yang tidak begitu menguasai teknik bertahan bisa saja tewas dalam pertarungannya. Karakter yang paling kuat selalu memiliki teknik menyerang dan bertahan yang hebat.

Teknik perlindungan yang dihadirkan bisa membantu seorang shinobi untuk menghadapi ancaman serius. Mereka juga bisa saja melancarkan serangan balik dengan menggunakan teknik ini. Di sepanjang serinya sudah ada banyak karakter yang memperlihatkan kemampuan bertahan mereka. Berikut adalah berbagai jutsu pertahanan terbaik.

Susano’o

Susanoo merupakan salah satu kekuatan terkuat bagi para klan Uchiha yang sudah berhasil membangkitkan Mangekyou Sharingan di kedua matanya. Dikenal sebagai pertahanan terkuat dalam cerita Naruto, Susanoo berbentuk humanoid raksasa yang berasal dari chakra penggunanya dan mampu bergerak sesuai perintah atau keinginan dari sang pengguna.

Susanoo sendiri pertama kali diperkenalkan oleh Itachi Uchiha. Mereka yang mengaktifkan teknik ini tidak akan bisa bertahan lama, karena penyerapan energi yang luar biasa. Karena itulah, penggunaan Susanoo harus sesuai perhitungan yang tepat. Karena, jika kemudian mereka tidak tepat menggunakannya, maka musuh akan sanggup menyerang.

Yata Mirror

Dengan keahlian Itachi dengan pedang Totsuka, dipadukan dengan Yata Mirror yang mampu menahan serangan apapun, membuat Susanoo Itachi Uchiha hampir tidak bisa dikalahkan. Kabarnya, pedang Totsuka sendiri merupakan salah satu varian/jenis dari pedang Kusanagi Orochimaru. Yata Mirror memang bukan menjadi bagian dari sebuah Jutsu, melainkan dari teknik Susanoo.

Dengan kemampuan yang dahsyat, Yata Miror mampu menahan serangan terkuat sekalipun. Tameng yang muncul mampu menahan baik secara fisik atau pun serangan spiritual tanpa masalah berarti. Menurut Zetsu, kombinasi dari Yata Mirror dan Sword of Totsuka membuat Itachi sulit untuk diserang atau dilukai.

Eight Trigrams Palms Revolving Heaven

Ini merupakan teknik rahasia milik klan Hyuuga, yang mana tekniknya  hanya diketahui oleh sang pemimpin klan. Ini merupakan sebuah teknik Taijutsu, dan memiliki pertahanan yang sangat luar biasa. Eight Trigrams Palms Revolving Heaven menghadirkan kemampuan yang menutupi kelemahan dari Byakugan. Dalam penggunaanya, si pengguna akan melepaskan chakra mereka dan mulai berputar dalam kecepatan penuh. Kecepatan yang sangat tinggi tersebut mampu untuk menahan serangan apa pun.

Ultimately Hard Absolute Defence: Shield of Shukaku

Kemampun pasir milik Gaara sering kali menjadi pertahanan pertama saat menghadapi berbagai musuh. Teknik ini sendiri memperlihatkan Gaara mengumpulkan pasir dalam jumlah yang banyak, dan kemudian Gaara akan membentuk pasir tersebut ke dalam bentuk Shukaku, salah satu Bijuu yang ada. Dengan kepadatan yang tinggi, teknik pasir ini menjadi tahan terhadap serangan apa pun. Salah satu bukti kedahsyatan dari teknik ini diperlihatkan saat Gaara menahan Kekkei Genkai milik Kimimaro, Dance of the Clemantis: Flower.

Summoning: Quintuple Rashōmon

Teknik bertahan ini pertama kali digunakan oleh Hashirama Senju, yang merupakan Hokage Pertama Konoha. Hashirama sering kali menggunakan teknik ini dalam pertarungannya melawan Madara Uchiha. Dalam menggunakan teknik ini, Hashirama akan membangkitkan lima gerbang Rashomon. Berbagai gerbang tersebut akan mengalihkan berbagai serangan yang mengarah kepada Hashirama atau para Bijuu.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.