Cerdas, cantik, dan juga kuat itulah gambaran dari salah satu kru bajak laut Topi Jerami, Nico Robin, dalam cerita di seri One Piece. Robin adalah salah satu karakter wanita terkuat di serinya, di mana dia memiliki kekuatan buah iblis Hana Hana no Mi. Buah iblis tersebut membuat Robin bisa memunculkan lengan tambahan, baik di tubuhnya atau di tubuh musuh.

Kekuatan buah iblis ini juga terbukti mampu melumpuhkan musuh yang kuat sekalipun. Selain bisa digunakan untuk mengalahkan musuh, buah iblis ini bisa juga digunakan sebagai “alat” untuk menyelamatkan dirinya atau orang lain. Terlepas dari kekuatan buah iblisnya yang kuat, sebagian Geeks mungkin bertanya apakah Nico Robin mampu menggunakan Haki layaknya Sanji atau Zoro.

Seperti yang diperlihatkan dalam serinya, para kru Topi Jerami seperti Luffy, Jinbe, Zoro, dan Sanji mampu menggunakan kekuatan Haki. Dan hal tersebut bisa menambah kekuatan mereka dalam bertarung, meskipun mereka hanya menguasai salah satu atau dua jenis Haki yang ada.

Namun, sayangnya, seperti halnya kru Topi Jerami yang lain, Nico Robin masih belum diperlihatkan bisa menggunakan kemampuan Haki. Saat time-skip terjadi selama dua tahun, Robin memutuskan untuk mengasah kemampuan dan kekuatannya bersama Pasukan Revolusi. Dia mempelajari banyak hal mulai dari sejarah sampai kekuatan-kekuatan dahsyat yang diperlihatkan dalam ceritanya.

Robin Belum Memperlihatkan Haki

Pasca time-skip, Nico Robin sangat jarang terlibat dalam sebuah pertarungan. Namun, terlepas dari hal tersebut, sangat disayangkan bahwa Eiichiro Oda belum memperlihatkan kepada kita sosok Nico Robin yang menggunakan teknik Haki pasca latihannya bersama Pasukan Revolusi. Pasca time-skip terjadi Oda Sensei sering kali menghadirkan visual yang epik dari seseorang menggunakan Haki.

Misalnya, saat seseorang menggunakan Armament Haki maka Haki tersebut akan melapisi bagian tubuhnya dengan bayangan berwarna merah atau ungu kehitaman. Selain itu, petunjuk lainnya saat seseorang menggunakan teknik tersebut adalah pada bagian yang terlapisi Haki akan sangat berkilauan. Hal ini bisa dilihat saat Luffy atau Zoro menggunakan Armament Haki.

Tetapi, sayangnya, sampai saat ini, Oda masih belum memperlihatkan Nico Robin menggunakan Haki dalam ceritanya. Setiap kali dia menggunakan kekuatan Hana Hana no Mi, dia tidak pernah diperlihatkan melapisi bagian tubuhnya.

Nico Robin Tahu Tentang Haki

Meskipun sampai saat ini Robin masih belum diperlihatkan menggunakan kekuatan Haki, bukan berarti Robin tidak tahu tentang Haki. Dalam arc Pulau Manusia Ikan, Luffy sempat menggunakan Conqueror Haki untuk menaklukan 50.000 anak buah Hody Jones. Robin pun mengetahui bahwa itu adalah Haki.

Mengingat Robin adalah sosok yang cerdas dan selalu penasaran terhadap sesuatu, terutama sejarah, memang rasanya masuk akal jika kemudian Robin mengetahui tentang Haki. Hanya saja yang disayangkan Robin kemungkinan belum menguasai teknik Haki. Robin hanya sekedar mengetahui tentang Haki dan bagaimana sistem kerja dari Haki.

Robin Gunakan Haki di Onigashima?

Chapter 1021 kemarin membuat banyak fans bertanya-tanya tentang kekuatan dan sosok Robin. Dalam chapternya, diperlihatkan bagaimana dia bertarung menghadapi Black Maria. Karena Black Maria adalah lawan yang tangguh bagi Robin, akhirnya dia pun harus mengerahkan semua kekuatannya, termasuk teknik yang paling kuat yang dia miliki saat ini.

Teknik tersebut adalah Demonio Fleur. Teknik ini diyakini dipelajari oleh Nico Robin saat dia bersama dengan Pasukan Revolusi. Demonio Fleur secara singkat adalah teknik tinggi dari Nico Robin yang bisa membuatnya berubah menjadi sosok iblis mengerikan. Tubuhnya pun berubah menjadi hitam dengan sepasang sayap yang muncul di punggungnya dan tanduk di kepalanya.

Seperti yang disebutkan di atas, bagaimana cara Oda Sensei memberikan petunjuk seseorang menggunakan Haki adalah dengan memperlihatkan lapisan hitam dan juga bersinar. Dan apa yang diperlihatkan saat Robin menggunakan Demonio Fleur memang mirip dengan seseorang yang menggunakan Haki.

Inilah alasan mengapa banyak fans kemudian meyakini bahwa pada akhirnya Robin berhasil menggunakan Haki. Sementara para fans lainnya meyakini bahwa hal tersebut tidak ada kaitannya dengan Haki. Menurut mereka, Oda Sensei menggunakan teknik lapisan yang berbeda dengan teknik lapisan (shading) yang digunakan untuk memperlihatkan seseorang menggunakan Haki.

Kesimpulannya

Berdasarkan penjelasan di atas, untuk saat ini Nico Robin bisa disimpulkan masih belum menggunakan kemampuan Haki atau masih belum mampu membangkitkan Haki dalam dirinya. Tetapi, meskipun Robin belum bisa menggunakan kemampuan Haki, dia memiliki pengetahuan tentang Haki termasuk bagaimana cara kerjanya.

Mungkin, pada suatu momen yang akan datang, ketika kelompok Topi Jerami akan berada dalam kondisi yang sulit, Nico Robin akan secara otomatis membangkitkan kekuatan Hakinya. Hal ini pun diperlihatkan oleh Luffy, di mana kemampuan Hakinya meningkat di tengah-tengah pertarungan

Di sisi lain, bagaimana kemudian Robin pada akhirnya berhasil membangkitkan kekuatan Haki dalam dirinya mungkin akan menjadi salah satu peningkatan dari karakternya pada masa yang akan datang. Untuk saat ini, para fans hanya bisa menunggu dan berspekulasi sampai Oda Sensei memberikan konfirmasi terkait hal ini. Dan para fans tentunya tidak sabar untuk menantikan momen Robin menggunakan Haki.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.