Kekuatan dahsyat dari buah iblis Gomu Gomu no Mi milik Monkey D. Luffy sudah menjadi salah satu aspek penting dan menarik dari karakternya. Selama dua dekade lebih, Luffy selalu mengandalkan kemampuan Gomu Gomu dalam setiap pertarungan dan pertempuran yang dia lakukan. Meskipun pada awalnya buah iblis ini nampak tidak spesial, namun Luffy berhasil menemukan cara untuk memaksimalkan kekuatannya.

Salah satu hal yang Luffy lakukan untuk memaksimalkan kekuatan Gomu Gomu adalah penggunakan teknik “Gears,” yang secara teknis merupakan berbagai mode berbeda yang diperlihatkan oleh Gomu Gomu. Di arc Enies Lobby, Luffy diperlihatkan berhasil meningkatkan kekuatannya dengan menggunakan Gear Second dan Gear Third.

Pasca time-skip, Luffy semakin meningkatkan kemampuannya dengan mampu membuat tulangnya mendapatkan kekuatan besar, yang dipadukan dengan kemampuan Haki di Gear Fourth. Yang menarik, sudah kurang lebih tujuh tahun semenjak Luffy mendapatkan peningkatan kekuatan dari Gear Fourth. Dan banyak fans pun kemudian berspekulasi mengenai munculnya Gear Fifth atau Gear Lima.

Kemungkinan Gear Fifth

Salah satu pertanyaan besar saat berspekulasi tentang Gears milik Luffy ini adalah apakah memang Oda Sensei akan menghadirkan Gear Fifth. Lagipula, saat ini Luffy baru saja berhasil mengendalikan penuh dan meningkatkan penguasaanya terhadap Gear Fourth, dan mungkin Luffy masih belum siap untuk mendapatkan peningkatan kekuatan selanjutnya dari kekuatan buah iblis Gomu Gomu miliknya.

Meskipun begitu, bukan berarti Gear Fifth menjadi sesuatu hal yang mustahil. Kemampuan Gears Luffy ini bekerja dengan cara yang unik, dan selalu mengerahkan seluruh kekuatan buah iblisnya. Misalnya, dengan menggunakan Gear Second, Luffy memanfaatkan  keuntungan dari tubuh karetnya untuk tetap menjaga tekanan tinggi dari aliran darahnya yang membuat aliran darah di tubuh Luffy berjalan sangat cepat.

Cara kerja dari Second Gear ini mirip seperti doping, atau obat yang digunakan untuk meningkatkan kekuatan. Saat menggunakan Gear Third, Luffy benar-benar memanfaatkan tulang karet dalam tubuhnya untuk dialiri kekuatan sebesar dan sebanyak mungkin. Efeknya, saat mengakses kekuatan ini ukuran salah satu tubuh Luffy – misalnya tangan – akan membesar.

Dan saat menggunakan Gear Fourth, Luffy memanfaatkan kompresi level tinggi dalam tubuhnya berkat kombinasi Haki dan kekuatan Gomu Gomu no Mi. Dengan fakta bahwa Luffy masih belum menguasai penuh setiap aspek dari buah iblisnya, hal tersebut memberikan ruang bagi Luffy untuk kemudian mendapatkan Gear Fifth.

Bagi Luffy, satu peningkatan kekuatan besar yang masih belum terjadi adalah membangkitkan kekuatan Gomu Gomu. Saat Luffy kemudian berhasil membangkitkan buah iblisnya, rasanya tidak perlu diragukan lagi bahwa level kekuatan Luffy akan semakin meningkat. Kita sudah melihat bagaimana Law dan Kid membangkitkan kemampuan buah iblisnya, yang mana Luffy pun mungkin akan berhasil melakukan hal tersebut saat situasi genting.

Berdasarkan hal tersebut, Gear Fifth dari Luffy nanti mungkin bisa berfokus pada kemampuan Luffy untuk menggunakan awakening dari buah iblis. Jadi, simpelnya, Gear Fifth dari Luffy adalah juga merupakan awakening dari buah iblis Gomu Gomu dan berfokus pada hal tersebut.

Kekuatan Gear Fifth

Jika Luffy kemudian berhasil membangkitkan kekuatan buah iblisnya, maka kekuatan dari Gear Fifth mungkin akan besumber dari sana. Ketika Luffy menggunakan kemampuan Gear Fourth, maka dia juga sekaligus mengakses kemampuan Haki, tidak peduli form mana yang dia gunakan di Gear Fourth. Hal ini pun sama saat Luffy kemudian mendapatkan Gear Fifth.

Luffy mungkin akan memanfaatkan kemampuan awakening dari Gomu Gomu no Mi untuk menjadi sumber kekuatan dari Gear Fifth. Lalu, seperti apa kekuatan Gear Fifth Luffy nanti? Dengan kemampuan buah iblisnya yang mungkin bisa mengubah sekitarnya menjadi karet, bisa juga awakening dari Gomu Gomu lebih dari itu.

Misalnya, saat mengakses kekuatan awakening Gomu Gomu, Luffy akan mampu mengubah benda menjadi elastis. Selain itu, mungkin juga Luffy akan mampu mengeraskan karet tersebut, yang mana membuat serangan Luffy akan menjadi semakin kuat dan Luffy bisa memanfaatkanya untuk bertahan atau pun menyerang.

Contoh dari hal tersebut bisa dilihat dari kekuatan Mochi Mochi no Mi milik Charlotte Katakuri. Katakuri bisa merubah mochi yang memiliki tekstur lembut dan kenyal menjadi keras, saat digunakan untuk menyerang lawan atau bertahan. Luffy juga dipastikan akan memadukan semua kekuatan Gomu Gomu tersebut dengan Armament Haki dan Advanced Conqueror Haki.

Efeknya, awakening dari kemampuan tersebut membuat siapa pun musuhnya – bahkan mungkin Kaido – akan kewalahan. Gear Fifth bisa memberikan Luffy teknik yang lebih baik dan membuatnya menjadi jauh lebih kuat dari sebelumnya. Dan saat itu terjadi, Luffy mungkin akan menjadi sosok yang tidak terkalahkan.

Untuk saat ini, Luffy memang masih belum menggunakan atau “membangkitkan” Gear Fifth miliknya, namun dengan pertarungan melawan Kaido masih belum selesai semua masih bisa terjadi. Selain bisa menjadi cara untuk mengalahkan Kaido, Gear Fifth juga bisa menjadi modal Luffy untuk menghadapi lawan yang jauh lebih kuat, Pemerintah Dunia. Kita nantikan saja ya Geeks apa yang akan terjadi terhadap Gear Fifth Luffy ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.