Transformers adalah waralaba mutimedia yang pertama kali diciptakan dalam bentuk mainan pleh perusahaan mainan Jepang Takara dan kemudian didistribusikan ke seluruh dunia oleh Hasbro. Pada tahun 80-an Marvel Comics kemudian menceritakan berbagai kisah Transformers dalam bentuk komik, dan sejak saat itu waralabanya terus berkembang dalam berbagai bentuk media termasuk serial animasi dan film live-action. Dengan sejarah panjangnya tersebut tidak aneh jika pada akhirnya ada berbagai macam formula kisah dari waralabanya yang bisa dibilang cukup unik bahkan cenderung aneh untuk kisah Transformers, khususnya komik. Berikut lima kisah aneh di Transformers!

Halusinasi Pada Otak Robot

Kup adalah salah satu Autobot veteran favorit penggemar yang pertama kali muncul di serial animasi Transformers pada tahun 1986. Awalnya Kup digambarkan sebagai robot yang sering pesimis, di mana hal tersebut membuatnya sangat cocok sebagai saingan Hot Rod yang terkenal optimis. Ketika muncul di komik The Transformers: Spotlight #7 karya Nick Roche, veteran Autobot ini mendapatkan karakter baru sebagai robot yang menderita gangguan mental pascatrauma, di mana dia terlihat sering dihantui halunasi dirinya sendiri ketika terjebak di sebuah planet. Yang membuat kisah ini aneh, ternyata robot Transformer juga bisa mengalami gangguan mental dan halusinasi seperti manusia.

Robot Kembar Siam

Meskipun Transformers terkenal sebagai kisah bergenre sci-fi dan aksi, ternyata Marvel Comics juga pernah menceritakan bagaimana jadinya jika kisah para robotnya diceritakan dengan cara horor. Di kisah “The Pri¢e of Life!” komik Transformers #70 karya Simon Furman, pemimpin Decepticon, Megatron, pernah diceritakan bergabung secara berantakan dengan musuhnya, Autobot Ratchet, di mana tampilan mereka lebih mirip seperti monster zombie kembar siam dengan bentuk yang menjijikan sekaligus mengerikan. Walaupun pada akhirnya Cybertronian Fixit berhasil memisahkan mereka berdua, tetapi Megatron dan Ratchet mengalami trauma yang cukup lama untuk pulih.

Sumber Tenaga “Ciuman”

Dari beberapa komik Transformers paling buruk sepanjang masa, Transformers: Kiss Players yang dirilis pada tahun 2006 pernah menceritakan bagaimana Transformer Galvatron tiba-tiba terjatuh di Tokyo dan menyebabkan ledakan dahsyat seperti bom Hiroshima-Nagasaki. Bukan hanya itu saja, kisahnya kemudian dilanjutkan dengan pemerintah dunia yang membentuk tim Kiss Players, tim perempuan yang bisa memberi tenaga pada Transformers dengan ciuman. Hal tersebut bisa terjadi karena pemerintah ingin Transformers melindungi Bumi dari para monster tentakel à la anime porno Jepang.

Petualangan Lintas Waralaba

Jauh sebelum Multiverse Marvel seterkenal sekarang, kisah petualangan multiverse juga pernah dilakukan oleh Transformer aneh yang mengaku sebagai agen perdamaian, Death’s Head. Robot yang tidak berpenampilan sebagai Autobot atau Megatron ini pernah diceritakan melakukan perjalanan multiverse di komik Transformers #113 karya Simon Furman. Menariknya, dalam petualangan panjang tersebut dia masuk ke universe dari waralaba lain seperti Marvel Superhero ketika dia bertemu bahkan sampai bergabung dengan organisasi penjaga timeline Marvel yang disebut Time Variance Authority (TVA).

Spider-Man Vs. Megatron

Selain TVA, karakter Marvel Superhero lain yang pernah muncul di kisah Transformers adalah Peter Parker alias Spider-Man. Yang membuat kisah Transformers #3 karya Jim Salicrup ini aneh sekaligus menarik adalah Spider-Man bahkan bertarung dengan Megatron, di mana sang robot yang bisa berubah ini tidak terlalu berkutik ketika melawan manusia laba-laba Marvel. Apakah ini membuktikan Transformers tidak ada apa-apanya jika dibandingkan superhero Marvel? Mungkin Megatron hanya kaget karena dia baru melihat ada manusia bisa bergelantungan dan mengeluarkan jaring lengket dari tangannya.

Berbagai kisah aneh Transformers ini seakan-akan ingin menegaskan bahwa para robot di dalamnya bisa cocok dengan kisah apa pun dan di mana pun, tanpa harus terkurung dengan dunia robotnya sendiri. Ketika Megatron bertarung dengan Spider-Man, kemudian Death’s Head bekerja dengan TVA, itu artinya Transformers dan Marvel Universe bisa melakukan crossover menarik pada masa yang akan datang. Sepertinya akan menarik jika live-action Transformers bisa muncul juga pada masa depan multiverse Marvel Cinematic Universe. Hanya waktu yang bisa menjawab.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.