Selain Pemerintah Dunia, angkatan laut menjadi pihak yang sangat menentang keberadaan bajak laut dalam cerita One Piece. Sudah sejak puluhan – atau mungkin ratusan tahun – angkatan laut bertarung melawan berbagai kelompok bajak laut. Sesuatu pekerjaan yang tidak mudah, karena setiap tahunnya ada banyak sekali generasi baru bajak laut yang muncul.

Bukti ketangguhan mereka adalah sampai saat ini angkatan laut masih tetap berdiri, dan terus berusaha untuk menghancurkan para bajak laut yang ada. Meskipun ada bajak laut generasi baru yang memiliki potensi, seperti Coby dan Helmeppo, tetapi para bajak laut generasi lama pun tidak kalah kuat. Berikut adalah para bajak laut dari generasi lama yang dikenal karena kekuatannya.

Monkey D. Garp

Bisa dibilang, Monkey D. Garp merupakan salah satu karakter terkuat di seri ini sekaligus juga menjadi salah satu karakter legendaris. Bersama dengan Roger, dia bertarung melawan kelompok bajak laut Rocks yang dianggap sebagai kelompok bajak laut paling mengerikan, di mana beberapa krunya ada yang menjadi Yonko. Berkat pertarungannya melawan Rocks, Garp menerima titel sebagai pahlawan angkatan laut.

Garp sendiri juga sudah sering bertarung melawan Roger, sehingga wajar jika dia menjadi salah satu angkatan laut terkuat. Bukti kekuatan Garp lainnya adalah dia mampu mengalahkan Don Chinjao, yang saat itu memiliki nilai buruan sebesar 500.000.000 Belly dengan hanya satu pukulan saja. Garp juga disebut mampu membelah sebuah wilayah yang luas dengan hanya satu serangan kepala.

Wakil Admiral Tsuru

Tsuru merupakan wakil admiral di angkatan laut pusat. Sebagai wakil angkatan laut pusat dan berada di generasi yang sama dengan Garp dan Sengoku, Tsuru bisa dibilang merupakan salah satu angkatan laut terkuat juga di seri One Piece. Usianya sendiri saat ini diketahui sudah mencapai 63 tahun. Tetapi, dia diperlihatkan masih sanggup untuk bertarung secara serius melawan Doflamingo.

Tsuru merupakan pemakan buah iblis Woshu Woshu no Mi, buah iblis bertipe Paramecia yang membuatnya mampu untuk mengubah objek atau orang menjadi seperti cucian dan kemudian mengeringkannya. Hal itu membuat musuh tidak dapat bergerak. Selain itu, kekuatan buah iblis ini juga bisa menetralkan kekuatan buah iblis lainnya.

Inspector General Sengoku

Sengoku the Buddha dahulunya merupakan Fleet Admiral sebelum time-skip terjadi. Kemudian Sengoku menjadi penerus dari Kong dan posisinya digantikan oleh Sakazuki. Bersama Garp dan tsuru, dia juga menjadi salah satu angkatan laut terkuat di generasinya. Dibandingkan Garp dan Tsuru, Sengoku lebih bijak dan tenang dalam menanggapi berbagai hal.

Sengoku mengonsumsi buah iblis Hito Hito no Mi, Model: Daibutsu, yang merupakan buah iblis langka yang bisa membuat Sengoku berubah menjadi sosok patung Buddha raksasa berwarna emas. Ketika Sengoku berubah menjadi raksasa, dia bisa mengirimkan sebuah gelombang kejut yang bisa membuat musuh kocar kacir.

Admiral Fujitora (Issho)

Admiral Fujitora merupakan salah satu admiral baru di markas pusat angkatan laut. Bersama admiral Green Bull, Issho menggantikan posisi Aokiji dan Sakazuki. Sebenarnya Issho sudah pensiun dari angkatan laut, sebelum kemudian dia ditarik kembali untuk bertugas dan mengisi posisi admiral. Dalam masalah kekuatan bertarung, Issho dianggap sebagai salah satu yang terkuat.

Dia memiliki kekuatan buah iblis Zushi Zushi no Mi, di mana dia bisa mengendalikan gravitasi sesuka hati. Issho memang tidak melihat, namun dia bisa merasakan dan “melihat” dengan hatinya dan juga kemampuan Haki. Masih belum diketahui apakah Issho berasal dari generasi yang sama dengan Tsuru, Garp, dan Sengoku. Namun, yang pasti usia Issho sudah cukup tua.

Commander-in-Chief Kong

Kong adalah pemimpin atau panglima dari seluruh pasukan angkatan laut serta organisasi yang berada di bawah naungan Pemerintah Dunia. Sebelum mengisi posisinya tersebut, dia dahulunya adalah Fleet Admiral. Kong menjadi Fleet Admiral saat pedang Edd terjadi 27 tahun lalu, dan juga saat Gol D. Roger dieksekusi pada 24 tahun yang lalu.

Sampai sekarang, Oda Sensei masih belum memberikan informasi detail apa pun mengenai Kong. Kita juga tidak pernah tahu sekuat apa sosok Kong, apakah dia memiliki kekuatan buah iblis atau kekuatan Haki. Namun, melihat bagaimana posisinya di Pemerintah Dunia, dan juga melihat bagaimana bekas luka di badannya, bisa disimpulkan bahwa Kong adalah sosok angkatan laut yang kuat. Sangat disayangkan sampai sekarang kita masih belum melihat Kong beraksi.

Meskipun para angkatan laut generasi tua ini tidak lagi muda, mereka masih tetap memperlihatkan kekuatannya yang sangat dahsyat. Mereka masih sanggup menghadapi musuh-musuh kuat yang usianya jauh lebih muda. Patut untuk dinantikan bagaimana aksi para angkatan laut generasi tua ini beraksi dalam pertempuran yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.