Alien adalah salah satu waralaba scifi populer yang pertama kali digarap oleh sutradara Ridley Scott pada tahun 1979 silam. Dibintangi oleh Sigourney Weaver, film pertamanya bercerita tentang bagaimana Alien menyusup ke pesawat ruang angkasa Nostromo dan membunuh hampir semua awaknya. Kesuksesan film pertamanya kemudian dilanjutkan dengan tiga sekuel utama, termasuk Aliens (1986), Alien 3 (1992), dan Alien Resurrection (1997), begitu juga dengan dua film crossover Alien Vs. Predator dan dua film prekuel.

Berkat kesuksesan berbagai film Alien tersebut, selama beberapa tahun ke belakang ada banyak sekali tayangan prekuel, sekuel, dan spin-off Alien yang tengah dikembangkan. Saat ini serial Alien tengah dikembangkan oleh showrunner Noah Hawley, dengan latar plot yang berlangsung di Bumi sekitar 70 tahun kedepan. Kemudian ada juga spin-off film Aliens yang rencananya akan disutradarai oleh Neill Blomkamp, dan sekuel dari film prekuel Alien: Covenant (2017) yang kabarnya akan disutradarai kembali oleh Ridley Scott.

Selain berbagai sekuel, prekuel, dan spin-off yang sebelumnya telah diberitakan, baru-baru ini, THR melaporkan bahwa sutradara Fede Álvarez (Don’t Breathe, Evil Dead) akan menulis sekaligus menggarap langsung film baru Alien 5. Meskipun filmnya akan melanjutkan Alien Resurrection, tetapi plot dan para pemerannya sama sekali tidak ada hubungannya dengan film Alien mana pun. Álvarez sendiri adalah penggemar setia waralaba Alien yang pada akhirnya mendapatkan lampu hijau untuk menggarap film versinya sendiri.

Presiden 20th Century Studios, Steve Asbell, mengatakan bahwa film yang akan debut di saluran Hulu tersebut akan lebih autentik karena kembali ke genre aslinya, yaitu horor scifi. “Ini bukan film yang harus memenuhi semua harapan penggemar dengan anggaran yang besar. Melainkan film yang autentik seperti seharusnya. Di mana ini akan kembali ke genre aslinya,” kata Asbell.

Jika melihat pengalaman Álvarez dalam menggarap film remake Evil Dead dan Don’t Breathe yang menegangkan, sepertinya film Alien 5 cukup layak untuk dinantikan kehadirannya. Di sisi lain, cukup menarik juga mendengar kabar bahwa waralaba Alien akan makin berkembang dengan banyak proyek tayangan film dan serial, termasuk Alien 5. Karena saat ini filmnya masih dalam tahap awal pengembangan, kita nantikan saja perkembangan kabar selanjutnya tentang Alien 5 ini ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.