Ketika berbicara tentang ras paling kuat di DC Universe, New God adalah salah satunya. Dikenal sebagai ras yang dipimpin oleh Darkseid, New God sendiri sebenarnya terbagi dua kelompok, yang pertama adalah Apokoliptian dari planet Apokolips, dan yang kedua adalah New God baik dari planet New Genesis. Dengan konflik yang terjadi di antara kedua kelompok dewa baru tersebut, beberapa anggotanya ada yang sampai ke Bumi dan bahkan bergabung dengan Justice League. Berikut lima New God yang pernah menjadi anggota resmi Justice League untuk melindungi Bumi dari Darkseid dan ancaman lainnya!

Big Barda

Tumbuh sebagai salah satu petarung paling kuat di Apokolips, Big Barda awalnya adalah salah satu pemimpin pasukan elite Darkseid. Namun, ketika dirinya bertemu dengan Mister Miracle dan jatuh cinta padanya, dia kemudian bertobat dan dan menjadi superhero wanita New God yang menentang tirani Darkseid. Setelah Big Barda dan Mister Miracle menikah, mereka berdua bergabung dengan Justice League International saat Darkseid menyerang Bumi. Bahkan ketika suaminya, Mister Miracle pensiun dari Justice League, Barda tetap bersama tim saat menghadapi tim supervillain Injustice League.

Lightray

Berbeda dengan Big Barda, sejak awal Lightray memang sudah berada di pihak superhero sebagai salah satu anggota New God dari New Genesis. Dengan kecepatan terbang supernya yang disebut Photonic Power, superhero yang melakukan debutnya di komik yang New God #1 ini dikenal sebagai salah satu superhero paling cepat di DC Universe. Dan pada tahun 90-an, Lightray bergabung dengan Justice League dan menjadi salah satu anggota paling berpengaruh, khususnya ketika tim menghadapi ancaman kosmik yang dibawa oleh ras supervillain raksasa bernama Promethean Giant.

Mister Miracle

Dari sekian banyak New God yang ada di DC Universe, Mister Miracle adalah satu-satunya yang mempunyai serial komik solonya sendiri. Muncul pertama kali di komik Mister Miracle #1 yang dirilis pada tahun 1971, Scott Free alias Mister Miracle adalah anak dari penguasa New Genesis bernama Highfather yang dibesarkan di Apokolips. Ketika tiba di Bumi bersama istrinya, Big Barda, Mister Miracle bergabung dengan Justice League International saat Darkseid berusaha menguasai Bumi. Dengan kekuatan kosmik miliknya, Mister Miracle berhasil mengalahkan salah satu anak buah Darkseid bernama Manga Khan.

Oberon

Debut bersama Mister Miracle, Oberon adalah New God yang dikenal sebagai asisten sekaligus sahabat Mister Miracle. Ketika Mister Miracle pertama yang bernama Thaddeus Brown mati, Oberon diceritakan tetap setia sebagai bersama Mister Miracle baru, Scott Free, bahkan setelah Scott menikah dengan Big Barda. Dan saat pasangan New God tersebut bergabung dengan Justice League, Oberon turut terlibat sebagai tangan kanan Maxwell Lord yang pada saat itu memimpin Justice League. Setelah sosok jahat Maxwell terungkap, Oberon pada akhirnya kembali kepada Mister Miracle sebagai asistennya.

Orion

Orion adalah anak kandung Darkseid yang diceritakan tumbuh di New Genesis. Karena gencatan senjata antara Apokolips dan New Genesis mengharuskan kedua penguasa planet tersebut menukar anak mereka, Orion ditukar dengan Mister Miracle sejak mereka berdua masih kecil. Meskipun tumbuh di planet yang indah, tetapi Orion tetap mewarisi karakter dari ayahnya yang brutal, sehingga dia lebih dikenal sebagai pasukan terkuat New Genesis yang mudah tersulut emosinya. Walaupun begitu, ketika dia bergabung dengan Justice League, Orion terbukti sangat berguna bagi tim setelah dirinya mengalahkan Darkseid.

Itulah lima New God yang pernah diceritakan bergabung dengan Justice League. Meskipun kelima New God ini tidak seterkenal anggota Justice League lain, seperti Superman, Batman, atau Wonder Woman, tetapi mereka telah membuktikan kehebatannya saat tim super terbaik DC tersebut berhadapan dengan Darkseid dan ancaman kosmik lainnya. Selain Mister Miracle dan Oberon yang memutuskan pensiun, sampai saat ini Orion, Lightray, dan Big Barda bisa dibilang masih terdaftar sebagai anggota resmi Justice League, meskipun mereka lebih aktif di planetnya masing-masing.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.