Justice League adalah salah satu elemen penting yang tidak bisa dipisahkan dari DC. Terlepas dari apa pun medianya, seharusnya DC mempunyai kisah crossover yang menceritakan para superheronya bersatu untuk melindungi Bumi dari para supervillain yang mengancam Bumi. Namun, pada kenyataannya hal tersebut tidak mudah untuk diwujudkan karena beberapa alasan, khususnya dalam bentuk film. Dari mulai karena masalah anggaran, sampai konflik antara tim kreatif, berikut film-film Justice League yang batal tayang!

Justice League: Worlds Collide

Seperti yang kita tahu, selain proyek tayangan live-action, DC juga bisa dibilang cukup aktif dalam menggarap berbagai tayangan animasi, dari mulai kisah solo superhero sampai kisah crossover Justice League. Dan ternyata di antara proyek film animasi Justice League yang pernah mereka kembangkan, ada juga yang dibatalkan, yaitu Justice League: Worlds Collide. Film animasi ini tadinya akan berlangsung di antara season kedua serial Justice League (2001) dan season pertama serial Justice League Unlimited (2004).

Berdasarkan plot yang telah terungkap, awalnya villain yang dimaksudkan untuk muncul di film animasi World Collide adalah tim supervillain Crime Syndicate. Selain bocoran tentang villain, plotnya juga menceritakan bagaimana Wonder Woman mendapatkan invisible jet-nya, dan karena filmnya dibatalkan, tidak ada yang tahu mengapa Wonder Woman mempunyai invisible jet di serial animasi Justice League Unlimited. Alasan mengapa film ini dibatalkan masih misteri sampai sekarang, begitu juga dengan kru dan pengisi suara yang tadinya akan terlibat di film animasi Justice League: Worlds Collide.

Justice League Mortal

Jauh sebelum penggemar bisa melihat aksi live-action Justice League di film karya Joss Whedon (2017) dan Zack Snyder (2021), DC ternyata pernah mengembangkan sebuah proyek film live-action berjudul Justice League: Mortal. Film yang awalnya akan disutradarai oleh George Miller ini bahkan telah melalui tahap casting dan hampir memulai produksi filmnya di Australia pada tahun 2008 silam. Plotnya berfokus pada pertarungan Justice League melawan seorang villain tangguh bernama Maxwell Lord yang mencuri data para anggota Justice League dari Batman.

Sayangnya, film Justice League: Mortal mendadak dibatalkan karena beberapa alasan. Yang pertama karena undang-undang pajak Australia membuat syuting filmnya sulit untuk dimulai, sehingga Miller memilih untuk mundur dari proyek tersebut. Dan yang kedua karena pada saat itu film The Dark Knight (2008) berhasil sukses secara gemilang di bioskop, sehingga Warner Bros. memutuskan untuk merelakan Justice League: Mortal dan lebih fokus pada trilogi The Dark Knight garapan Christopher Nolan yang pada akhirnya memang terbukti berhasil.

Justice League 2 & 3

Setelah Warner Bros. dan DC Film memutuskan untuk tidak lagi melanjutkan visi Zack Snyder, hal tersebut pada akhirnya membuat film Justice League 2 dan Justice League 3 dibatalkan. Banyak sekali penggemar yang menyayangkan keputusan WB dan DC ini, mengingat penayangan film Zack Snyder’s Justice League (2021) bisa dibilang sangat sukses di seluruh dunia. Snyder sendiri sempat mengungkapkan plot tentang kedua sekuelnya yang akan berfokus pada kisah Knightmare, di mana para superhero Bumi diceritakan bersatu untuk mengalahkan New God Apokolips yang dipimpin oleh Darkseid.

Dalam adegan credit scene Zack Snyder’s Justice League bahkan sempat diperlihatkan sekilas akan seperti apa premis film Justice League 2 dan 3. Darkseid tampaknya akan membunuh Lois Lane dan memanipulasi Superman untuk berbalik membenci Bumi dan memusuhi para sahabatnya di Justice League, mirip seperti kisah Injustice. Di sisi lain, Batman akan berkoalisi dengan sisa superhero dan supervillain, termasuk Joker dan Mera, yang sama-sama ingin mengalahkan Superman dan Darkseid. Melihat WB dan Snyder yang sudah sama-sama move-on, sepertinya kita harus merelakan dua sekuel Justice League ini.

Itulah berbagai film Justice League yang pada akhirnya dibatalkan karena berbagai alasan. Terlepas dari harapan penggemar yang sangat ingin film Justice League lain terwujud, khususnya Justice League 2 dan 3, sepertinya akan membutuhkan waktu yang lama bagi WB. untuk mempunyai kisah crossover besar seperti Justice League. Hal tersebut karena saat ini beberapa mantan aktornya, seperti Ben Affleck, Henry Cavill, dan Ray Fisher, tampaknya sudah keluar dari radar DC Extended Universe, sehingga akan sulit untuk langsung menggarap film Justice League baru yang sesuai dengan harapan penggemar.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.