DC Universe dipenuhi dengan berbagai karakter kuat yang umumnya terbagi menjadi supehero dan supervillain. Meskipun terkenal kuat secara individu mereka masih tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan entitas atau senjata pemusnah di kosmik DC, khususnya karena pada dasarnya entitas atau senjata kosmik memang diciptakan untuk lebih hebat dari para makhluk hidup di DC Universe.

Dan di DC Universe sendiri ternyata adalah satu mesin maha dahsyat yang merupakan gabungan dari entitas kosmik dan senjata pemusnah, mesin ini dikenal sebagai Mageddon yang hanya mempunyai satu tujuan, yaitu menghancurkan planet-planet yang ada di semesta DC. Semua makhluk yang menyadari keberadaan Mageddon pasti tahu bahwa mesin ini adalah sesuatu yang mengerikan sekaligus harus diantisipasi kehadirannya. Apa sebenarnya Mageddon ini? dan seberapa mengerikan ancamannya yang dibawanya? Mari kita bahas lebih lanjut, Geeks!

Dikerangkeng di Ujung Alam Semesta

Meskipun banyak yang menganggapnya sebagai sesosok makhluk hidup, tetapi kenyataannya Mageddon adalah sebuah “mesin” yang diprogram untuk menghancurkan planet di DC Universe. Muncul pertama kali di komik JLA #15 yang dirilis pada tahun 1998, tidak diketahui siapa yang menciptakan mesin pemusnah yang satu ini. Di komiknya, Mageddon sendiri digambarkan sebagai mesin yang bisa memengaruhi pikiran suatu makhluk dan membuatnya menjadi suka berperang dan bermusuhan satu sama lain.

Karena tidak bisa dihancurkan, Mageddon dikerangkeng di ujung alam semesta dan bisa lolos sewaktu-waktu untuk menunaikan misinya. Itulah mengapa sebuah planet super besar yang disebut Wonderworld diciptakan dan diletakan oleh sosok mahakuasa misterius di dekat lokasi Mageddon agar bisa mencegahnya lolos sekaligus mempersiapkan rencana untuk mengatasinya suatu saat nanti. Salah satu upayanya adalah perintah dari pemimpin Wonderworld, Adam One, kepada Controller untuk mempersiapkan Bumi beserta isinya sebagai rencana cadangan jika Wonderworld tidak berhasil menghalau Mageddon.

Seberapa Kuat Mageddon?

Salah satu alasan mengapa makhluk kuat di Wonderworld tidak terlalu yakin bisa menghalau Mageddon adalah karena kekuatan mesin pemusnah berada pada tingkat di mana dia tidak bisa dikalahkan seperti makhluk hidup di DC Universe pada umumnya. Selain kekuatan pengendali pikirannya yang bisa menembus isi kepala siapa pun, Mageddon juga bisa menghembuskan nafas energi yang berfungsi sebgai proyektil untuk menghancurkan apa pun yang menghalanginya.

Untuk menentukan targetnya, Mageddon mempunyai dua mesin kecil berbentuk bola mata yang akan mendekati siapa pun yang mengetahui keberadaan dirinya. Dua bola mata ini yang nantinya akan menuntun Mageddon menuju targetnya dengan datang terlebih untuk mengacaukan pikiran makhluk di suatu planet agar menyebabkan pertempuran di dalam sehingga tidak ada yang siap dengan kedatangan Mageddon. Salah satu senjata pamungkas Mageddon disebut Anti-Sun, di mana dia bisa meledakan diri dan menghancurkan setengah galaksi beserta semua kehidupan di dalamnya.

Bumi Adalah Targetnya

Melanjutkan perintah Adam One, Controller diceritakan tiba di Bumi pada zaman prasejarah, dia kemudian memberkahi seorang manusia purba laki-laki dengan kecerdasan dan keabadian untuk mempersiapkan kedatangan Mageddon. Setelah mendapatkan keabadian dari Controller, manusia purba yang menyebut dirinya sebagai Know Man kemudian menyebarkan berita tentang ramalan kedatangan Mageddon, salah satunya dengan membuat legenda Aztek tentang pertempuran besar antara Ezcatlipoca (Mageddon) dan saingannya yang bernama Quetzalcoatl.

Saat Mageddon berhasil lolos dari kerangkengnya, ternyata benar saja, planet Wonderworld tidak bisa menahannya dan hancur. Sementara semua penduduk di Bumi yang tengah dipersiapkan oleh Know Man malah tidak percaya kehadiran Mageddon, sampai akhirnya salah satu bola matanya datang merasuki Lex Luthor yang pada akhirnya menghancurkan markas Justice League dengan tim supervillainnya yang disebut Injustice. Pada titik ini para manusia dan juga Justice League akhirnya percaya pada ramalan Know Man.

Sesaat sebelum Mageddon tiba di Bumi, satu-satunya makhluk Wonderworld yang selamat bernama Glimmer menggunakan kekuatannya untuk membuat semua manusia di Bumi berevolusi sampai mereka semua mempunyai kekuatan super. Supervillain termasuk Lex, dan para anggota Justive League yang dipimpin oleh Superman, semuanya bersatu saat Mageddon tiba di Bumi dan mulai menembakinya dengan semua kekuatan super yang mereka miliki. Mageddon yang terdesak kemudian bersiap untuk mengeluarkan senjata pamungkasnya dengan meledakan Anti-Sun yang berada di inti mesinnya.

Syukurnya, seorang superhero dari suku Aztek sekaligus anggota Justice League bernama Uno alias Aztek, mengambil alih peran Quetzalcoatl dari legenda sukunya. Dengan helm Quetzalcoatl miliknya, Aztek meledakan diri di dekat Mageddon dan membuatnya lemah. Superman yang melihat peluang kemudian menyerang Anti-Sun seperti dia menyerap tenaga dari matahari. Mageddon pun akhirnya berhasil dikalahkan untuk selamanya berkat pengorbanan heroik Aztek dan para makhluk Bumi yang bersedia mengesampingkan ego dan mulai bersatu.

Itulah Pembahasan mengenai betapa mengerikannya ancaman Mageddon yang mempunyai kekuatan untuk menghancurkan setengah galaksi DC Universe. Sampai saat ini tidak diketahui siapa yang menciptakan Mageddon, begitu juga dengan Wonderworld. Namun, dengan semua skenarionya, akhirnya terungkap bahwa Bumi adalah pertahanan terakhir DC Universe untuk benar-benar membunuh Mageddon. Meskipun tidak ada yang bisa menyaingi kekuatan maha dahsyat Mageddon, ternyata satu-satunya cara untuk mengalahkannya adalah bersatu demi masa depan DC Universe.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.