Nier: Automata adalah video game bergenre RPG aksi karya perusahaan pengembang game PlatinumGames yang dirilis pertama kali pada tahun 2017 silam. Sebagai sekuel game Nier dari waralaba Dragengard, Nier: Automata bercerita tentang perang proxy antara manusia android melawan alien mesin. Karakter utama dalam gamenya sendiri adalah tiga android YoRHa yang dikenal dengan sebutan 2B, 9S, dan A2, di mana mereka mendaptakan misi untuk mengambil alih Bumi dari para Machine.

Game yang bisa dimainkan di konsol PlayStation 4, Xbox One, dan PC ini telah menuai banyak sekali pujian dari para penggemar dan kritikus, khususnya terkait plot cerita, gameplay, musik, dan juga tema game. Dipasarkan oleh Square Enix, yang sebelumnya menggarap waralaba game populer Final Fantasy dan Dragon Quest, penjualan Nier: Automata sendiri dianggap sangat berhasil karena melebihi ekspektasi. Pada tahun 2021 gamenya tercatat telah terjual sebanyak enam juta copy di seluruh dunia.

Menariknya, baru-baru ini, saluran YouTube resmi Aniplex mengumumkan bahwa mereka tengah menggarap serial anime yang mengadaptasi game NieR: Automata. Sebagai bentuk perayaan tahun ke-5 dari game tersebut, dalam video teaser singkatnya, Aniplex memperlihatkan gambar konsep hitam putih dari anime NieR: Automata, lengkap dengan tulisan “NieR: Automata TV Animation Project Start,” yang menandakan bahwa saat ini mereka sudah mulai bergerak maju untuk mengerjakan animenya.

Aniplex Inc. sendiri adalah perusahaan hiburan Jepang milik Sony Music Entertainment yang bergerak di bidang anime dan juga musik. Sejak berdiri pada tahun 1995, sampai sekarang Aniplex telah mengerjakan berbagai anime yang terkenal di seluruh dunia, tanpa terkecuali di Indonesia, seperti Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba, Rurouni Kenshin, Fate, Fullmetal Alchemist, The Promised Neverland, Sword Art Online, dan masih banyak lagi. Begitu juga dengan berbagai mainan, video game, bahkan makanan yang berhubungan dengan anime garapan mereka.

Sejauh ini tampaknya cukup banyak penggemar yang mendukung adaptasi anime dari video game NieR: Automata ini, mengingat dari segi karakter dan juga cerita, gamenya mempunyai potensi untuk dijadikan tayangan serial anime. Karena saat ini animenya masih dalam tahap pengembangan awal, jadi masih belum diketahui berapa jumlah episode dan juga tanggal rilis dari serial NieR: Automata ini. Kita nantikan saja perkembangan kabar selanjutnya ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.