Diciptakan oleh J.R.R. Tolkien, kisah tentang The Lord of the Rings bisa dibilang terlalu luas untuk dijelajahi dengan waktu singkat. Trilogi film The Lord of the Rings dan The Hobbit saja bisa dibilang hanya mengungkap sebagian kecil cerita keseluruhan Middle-Earth yang terbentang selama beribu-ribu tahun yang terbagi menjadi empat zaman. Dan di dalam ceritanya sendiri ada berbagai macam ras dan juga makhluk ajaib yang sangat menarik, salah satunya adalah naga. Dari sekian banyak naga yang ada di semestanya, lima di antaranya terkenal sebagai naga pembunuh. Siapa saja mereka? Mari kita bahas, Geeks!

Scatha

Meskipun pada umumnya naga kuat di Middle-Earth mempunyai sayap, tetapi hal tersebut tidak berlaku untuk Scatha. Sebagai naga tanpa sayap, Scatha bahkan sering terlihat tidak mempunyai tangan dan kaki. Hal tersebut pada akhirnya membuat banyak yang percaya bahwa Scatha adalah nenek moyang dari semua naga di Middle-Earth. Walaupun fisiknya seperti cacing, tetapi Scatha terkenal sangat mematikan pada era Morgoth. Salah satu bukti kekuatan Scatha adalah saat dia berhasil menjadi satu di antara dua naga yang selamat dari pertempuran Dagor Bragollach dan Nirnaeth Arnoediad, di mana dia telah membunuh banyak manusia dan elf.

Gostir

Di novel aslinya, sangat sedikit sekali informasi yang telah terungkap mengenai naga es bernama Gostir ini. Yang jelas, Gostir adalah salah satu naga terkuat dari spesies Great Cold Drake yang terkenal sebagai naga es dalam sejarah Middle-Earth. Great Cold Drake sendiri adalah spesies naga tanpa sayap yang pertama kali diceritakan terlibat dalam pertempuran melawan pada dwarf tangguh dari Grey Mountain. Ras dwarf menggambarkan Great Cold Drake sebagai spesies naga agresif yang sangat sulit dikalahkan, pernyataan tersebut muncul setelah Gostir membunuh raja dwarf Dain dan membasmi semua keturunannya.

Smaug

Dari semua naga pembunuh di daftar ini, mungkin Smaug adalah yang paling terkenal, karena dia adalah antagonis utama di trilogi The Hobbit. Karena obsesinya pada emas, Smaug diceritakan mengambil alih secara paksa penyimpanan harta karun dwarf di Lonely Mountain, dengan mengalahkan raja dwarf rakus bernama Thror dan pasukannya. Karena semburan apinya yang sangat dahsyat, Gandalf di film The Hobbit menyarankan kepada Bilbo untuk tidak berurusan dengan Smaug, karena dia sangat sulit untuk dikalahkan. Satu-satunya cara untuk membunuh Smaug adalah dengan menancapkan panah raksasa pada celah di dadanya yang langsung menembus ke jantung.

Ancalagon

Digadang-gadang sebagai naga terkuat dan terbesar di Middle-Earth, Ancalagon the Black adalah naga bersayap yang konon mempunyai ukuran sebesar gunung. Diciptakan oleh Dark Lord Morgoth, Ancalagon dimaksudkan sebagai salah satu kekuatan terbesar dalam pertempuran War of Warth. Tidak dijelaskan secara detail seperti apa kekuatan Ancalagon, yang jelas kemunculannya sering menyebabkan badai dan gempa bumi, di mana kekalahannya oleh Earendil membuatnya jatuh menimpa gunung berapi dan menghancurkannya.

Glaurung

Selain Ancalagon, ada satu naga lagi yang selalu memicu perdebatan penggemar terkait naga terkuat di Middle-Earth, dia adalah Glaurung. Meskipun tidak mempunyai sayap dan ukurannya tidak sebesar Ancalagon, Glaurung adalah naga pembunuh yang sangat ditakuti pada Zaman Pertama. Kekuatan utama Glaurung adalah memanipulasi pikiran korbannya sampai membuatnya menjadi gila. Kisah kengerian Glaurung yang paling ikonik adalah ketika dia memanipulasi pikiran dua orang nenek moyang manusia bernama Nienor dan Turin, di mana efeknya baru terasa bertahun-tahun kemudian sampai membuat Nienor dan Turin akhirnya bunuh diri.

Itulah tujuh naga pembunuh paling mematikan dalam sejarah Middle-Earth. Dari kelima naga ini, sebenarnya Ancalagon, Glaurung, dan Smaug adalah yang paling kuat dan juga paling ganas di antara semua naga yang ada, bisa dibilang hampir tidak ada naga lain yang bisa mengimbangi kekuatan mereka. Namun bukan berarti Scatha dan Gostir adalah naga yang lemah, karena di antara naga kecil lainnya mereka berdua terkenal cukup mematikan dan terbukti telah membunuh banyak korban dengan kekuatan yang mereka miliki. Menurut kalian siapa naga paling mematikan di The Lord of the Rings, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.