Sejak pertama kali diperkenalkan oleh Marvel dan DC, sampai saat ini tayangan superhero menjadi salah satu tontonan paling populer di seluruh dunia, tanpa terkecuali di Indonesia. Sudah tidak terhitung lagi jumlahnya para superhero luar negeri yang telah melakukan debut live action-nya dengan tayangan serial maupun layar lebar. Di Indonesia sendiri, sebenarnya ada banyak sekali superhero lokal, baik yang baru maupun lama, yang tidak kalah menarik dari superhero luar negeri, salah satunya adalah Gatotkaca.

Pada tahun 2019 silam, rencana tentang proyek film Gatotkaca pertama kali digagas oleh perusahaan hiburan Indonesia bernama Satria Dewa Studio. Meskipun awalnya sempat dikembangkan oleh sutradara Charles Gozali, tetapi pada tahun 2020 Charles mundur dan digantikan oleh sutradara Hanung Bramantyo (Jomblo, Perahu Kertas, Benyamin Biang Kerok). Berjudul resmi Satria Dewa: Gatotkaca, film ini digadang-gadang akan memulai jagat sinematik yang disebut Satria Dewa, dengan para manusia super yang diadaptasi dari kisah pewayangan nusantara. Simak teaser trailer perdananya di bawah ini:

Melalui akun Instagram resminya, Satria Dewa: Gatotkaca baru saja memperlihatkan first look sang superhero Gatotkaca yang diperankan oleh Rizky Nazar. Dalam teasernya terungkap seperti apa tampilan kostum Gatotkaca dan bagaimana dia terbang membelah langit dengan kemampuannya. Dalam salah satu cuplikannya, Gatotkaca bahkan terlihat bertarung di langit dengan salah satu villain kuat yang saat ini masih misterius. Sampai ini masih belum diketahui akan seperti apa plotnya nanti.

Melihat apa yang ditampilkan di teasernya, tampaknya film Gatotkaca ini digarap dengan sangat serius. Tampilan CGI-nya tampak mulus dan bisa dibilang termasuk salah satu yang terbaik di Indonesia sendiri. Kabarnya film superhero asli Indonesia ini menghabiskan anggaran sekitar 24 miliar rupiah untuk produksinya. Dari segi kostumnya saja, produser film Rene Ishak mengungkapkan bahwa tim produksi sampai memanggil penjahit Prancis yang sebelumnya mengerjakan kostum serial Netflix Daredevil.

Selain Rizky Nasar, film ini juga dibintangi oleh para bintang Indonesia, termasuk Yasmin Napper sebagai Agni, Cecep Arif Rahman sebagai Pandega, Omar Daniel sebagai Dananjaya, Edward Akbar sebagai Arya, dan Yayan Ruhian sebagai Beceng. Kita lihat saja nanti akan seperti apa aksi dari superhero asli Indonesia ini, saat film Satria Dewa: Gatotkaca dirilis pada bulan Juni 2022.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.