Friday

Seperti yang kita tahu, selain menciptakan teknologi nyata, Tony juga sering kali menciptakan artificial intelligence super cerdas untuk membantunya dalam setiap kegiatan. Sementara JARVIS adalah A.I. yang pertama kali diceritakan di film Marvel Cinematic Universe, FRIDAY adalah A.I. tercanggihnya di Marvel Comics. Ketika dirinya sudah mulai kewalahan dengan aktivitasnya sebagai ilmuwan sekaligus superhero, Tony memutuskan untuk menjadikan FRIDAY sebagai asisten pribadinya, di mana kecerdasan bahkan membuatnya nyaris seperti manusia. Versi terbarunya bahkan diberi nama Friday Stark oleh Tony dan diberikan bentuk fisik yang tampak sangat nyata.

Sol’s Hammer

Dari sekian banyak penemuan Tony Stark, bahkan jika dibandingkan dengan penemuan dari para karakter genius lainnya, Sol’s Hammer adalah teknologi paling berbahaya yang pernah diciptakan manusia di Marvel comics. Pada dasarnya Sol’s Hammer adalah struktur seperti satelit raksasa yang bisa menyerap kekuatan matahari untuk kebutuhan energi yang kedepannya bisa dimanfaatkan sebagai sumber daya bagi teknologi canggih lainnya. Yang lebih gilanya lagi, konon 2% dari energi matahari yang disimpan di Sol’s Hammer bisa ditembakan ke sebuah planet dan menghancurkan dalam sekejap.

Iron Man

Dimulai dari Arc Reactor di dadanya yang bisa menghasilkan energi murni, sampai akhirnya energi tersebut bisa dikeluarkan melalui teknologi repulsor, pada akhirnya Tony berhasil menciptakan penemuan termutakhir yang bisa melindungi Bumi dari segala ancamannya, yaitu armor Iron Man. Tidak hanya berhenti di satu armor saja, Tony bahkan terus melakukan pembaruan dengan berbagai teknologi canggih lainnya, sampai akhirnya terlahir armor super canggih nan kuat seperti Hulkbuster, Godkiller MKII, Endo-Sym, Bleeding Edge Armor, dan masih banyak lagi.

Itulah tujuh penemuan Tony Stark paling canggih di Marvel Universe. Pada akhirnya ketujuh penemuan canggih Tony ini mengukuhkan posisinya sebagai salah satu penemu sekaligus karakter paling genius, yang penemuannya selalu berhasil memberi dampak pada sekitarnya, terlepas dari dampaknya baik atau buruk. Hal tersebut juga yang pada akhirnya membuat Tony dikenal sebagai superhero “paling berbahaya” yang sewaktu-waktu bisa mengancam kestabilan Marvel Universe jika di memutuskan untuk menjadi penjahat!

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.