Thor adalah salah satu dewa yang paling terkenal di Marvel Universe. Sebagai dewa Nordik yang dijuluki Dewa Petir, Thor adalah salah satu superhero yang paling kuat yang sering terlihat mengandalkan senjata andalannya ketika beraksi, seperti Mjolnir atu Stormbreaker. Selain senjata, Thor sebenarnya mempunyai berbagai benda kesayangan lainnya, salah satunya adalah kapal yang dia beri nama Toothgnasher.

Menariknya, kapal yang pertama kali diceritakan di Marvel Comics tersebut tampaknya akan diadaptasi juga di film keempat Thor Marvel Cinematic Universe yang berjudul resmi Thor: Love and Thunder. Kapal yang mirip seperti seperti kapal perang Viking tersebut terlihat pertama kali melalui sebuah set mainan LEGO.  Apakah benar kapal tersebut adalah Toothgnasher, dan sebenarnya seperti apa kehebatan dari kapal tersebut? Tanpa basa-basi, mari kita bahas langsung, Geeks!

Kapal “Terbang” di Marvel Universe

Toothgnasher adalah kapal laut milik Thor yang pertama kali diceritakan di komik Thor Vol. 5 #1 (2018), yang ditulis oleh Jason Aaron dan digambar oleh Michael Del Mundo. Di komik tersebut diceritakan bahwa kota modern Asgardia telah hancur, di mana Asgardia sendiri sebenarnya adalah sebuah kota modern para Asgardian yang mengorbit di Bulan dan kemudian di planet Saturnus. Kehancuran Asgardia tersebut pada akhirnya memaksa para Asgardian, termasuk Thor, untuk kembali ke Old Asgard yang asli.

Sementara Old Asgard dalam masa pemulihan karena telah lama ditinggalkan, Thor lebih memilih untuk tinggal di Bumi, tepatnya di sebuah kapal laut yang dia beri nama Toothgnasher. Tidak lama setelah itu sebuah kejadian yang disebabkan oleh Loki yang sangat licik, malah membuat Thor, Loki, serta Toothgnasher berteleportasi dan terjebak di Niflheim. Loki yang turut terjebak pada akhirnya menyihir Toothgnasher yang awalnya “kapal laut” menjadi bisa kapal laut yang bisa “terbang”, demi menghindari monster api bernama Firepedes.

Berasal dari Nama Kambing

Sebelum kapal laut Toothgnasher muncul, sebenarnya Thor juga mempunyai kendaraan andalan lain yang sering disebut Thor’s Chariot. Kendaraan berbentuk kereta kencana tersebut pertama kali diceritakan di komik Thor Annual #5 yang dirilis pada tahun 1976. Menariknya kereta kencana tersebut tidak sembarangan, karena selain berjalan cepat di darat, Thor’s Chariot juga bisa terbang mengarungi ruang angkasa dengan ditarik oleh dua ekor kambing sihir kesayangan Thor yang bernama Toothgnasher dan Toothgrinder.

Nama dari salah satu kambing tersebut kemudian akhirnya diabadikan sebagai nama kapal laut Thor, karena saat Thor tinggal di Bumi dia membawa beberapa hewan peliharaannya, termasuk kambingnya, untuk menetap sementara di kapal laut tersebut. Kemungkinan besar kedua referensi tersebut, yaitu kapal laut Toothgnasher dan para kambing Thor, pada akhirnya dijadikan sumber inspirasi oleh Taika Waititi untuk menambahkan elemen penting di film Thor: Love and Thunder nanti.

Kombinasi Ciamik di Thor: Love and Thunder  

Berdasarkan set mainan LEGO edisi Thor: Love and Thunder yang diberi nama “The Goat Boat”, tampaknya kapal laut Toothgnasher versi MCU akan segera muncul di filmnya nanti, lengkap dengan dua kambing sihir kesayangan Thor dari Marvel Comics yang bernama Toothgnasher dan Toothgrinder. Set mainan LEGO tersebut terdiri dari sebuah kapal perang Viking berkepala naga, yang ditarik oleh dua ekor kambing, lengkap dengan lima minifigure dari Thor, Mighty Thor, Valkyrie, Korg, dan supervillain Gorr the God Butcher.

Tampaknya kapal perang yang merupakan “kombinasi” dari kapal laut Toothgnasher dan Thor’s Chariot yang ditarik oleh kambing bernama Toothgnasher dan Toothgrinder ini, kemungkinan akan memainkan peran penting di film Thor: Love and Thunder nanti. Kemungkinan besar kapal perangnya akan digunakan sebagai salah satu lokasi pertempuran Thor (Chris Hemsworth) dan kawan-kawan saat melawan Gorr the God Butcher (Christian Bale). Selain itu, sangat mungkin juga bahwa kapal perang ini nantinya mempunyai kemampuan untuk terbang seperti di komiknya, apalagi setelah ditarik oleh dua ekor kambing sihir yang sudah terbiasa mengarungi ruang angkasa.

Itulah pembahasan mengenai kapal andalan Thor di Marvel Universe yang kemungkinan besar akan muncul di MCU. Kita nantikan saja akan seperti apa penampilan live-action kapal laut Toothgnasher di film Thor: Love and Thunder, begitu juga dengan para kambing Thor yang tampak menggemaskan dan juga sakti. Film Thor: Love and Thunder sendiri dijadwalkan untuk tayang di bioskop para 8 Juli 2022.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.