Eternal Dragon atau naga ajaib merupakan karakter penting dalam franchise Dragon Ball. Melalui kekuatan sihir yang mereka miliki, berbagai keinginan orang-orang yang sudah berhasil mengumpulkan bola naga akhirnya bisa terwujud. Hampir semua keinginan mampu untuk diwujudkan oleh para naga ajaib tersebut, mulai dari mengembalikan orang yang sudah tewas, mengembalikan seseorang ke masa mudanya, dan sebagainya.

Meskipun begitu, para naga ajaib ini juga memiliki batasan dalam hal mewujudkan keinginan dari orang-orang. Dan batasan kekuatan tersebut ada kaitannya dengan sang pembuat bola naga dan juga imajinasi dari pemilik keinginan. Dalam franchise Dragon Ball, Shenron dan Porunga ada dua naga ajaib yang populer dan kuat. Namun, siapa diantara keduanya yang paling hebat?

Kekuatan Shenron di Dragon Ball

Meskipun sudah berjalan lebih dari dua dekade, kekuatan dari Shenron tidak terlalu banyak berkembang di sepanjang franchisenya. Ketika ada banyak keinginan diajukan kepadanya, tidak ada jaminan apakah keinginan tersebut memang bisa diwujudkan atau tidak. Shenron bisa membangkitkan kembali orang yang sudah tewas, tetapi dia tidak bisa membangkitkan orang yang sama lebih dari satu kali.

Selain membangkitkan orang yang sudah mati, Shenron juga pernah menerima berbagai permintaan mulai dari yang aneh, sampai yang luar biasa. Ada juga beberapa momen di mana Shenron menerima permintaan yang sangat besar, di mana dia bisa saja mewujudkan keinginan tersebut tetapi memutuskan untuk tidak melakukannya.

Contoh nyatanya adalah ketika Pilaf berharap bahwa dia bisa menjadi penguasa dunia. Kemudian ketika Saiyan meminta keabadian. Akira Toriyama beberapa kali melakukan “revisi” terhadap aturan bagi para Eternal Dragons untuk bisa mewujudkan keinginan seseorang. Misalnya ketika Dende menciptakan kembali Shenron, dan memberikan nyawa baru ke bola naga, Dende diminta untuk membuat semuanya mirip seperti bola naga di planet Namek.

Berdasarkan hal tersebut, sampai saat ini, Shenron pun diketahui mampu mewujudkan dua keinginan sekaligus dan bukan hanya satu seperti sebelumnya. Selain itu, dia juga mempersingkat antar keinginan, setelah satu keinginan sebelumnya berhasil diwujudkan. Selain dari perubahan kecil tersebut, tidak ada hal lainnya yang berubah dari Shenron, baik dari kekuatan maupun batas keinginan.

Satu hal yang mungkin berbeda dan mencolok dari sebelumnya adalah kemampuan membangkitkan kembali orang yang sudah tewas yang dia miliki. Sebelumnya, Shenron hanya bisa mengembalikan mereka yang sudah tewas dalam waktu satu tahun terakhir. Sedangkan dalam Resurrection F, Shenron mampu membangkitkan kembali Frieza bertahun-tahun setelah kematiannya.

Kekuatan Porungan di Dragon Ball

Berbeda dengan Shenron, Porunga justru mendapatkan peningkatan kekuatan yang signifikan di seri Dragon Ball z. Ketika para Z Fighter berhasil mengumpulkan bola naga milik Namekian, Porunga memberikan tiga keinginan. Porunga juga bisa membangkitkan kembali orang yang sama berkali-kali. Namun, Porunga hanya mewujudkan satu keinginan saja untuk satu orang.

Namun, hal tersebut terbukti kurang membantu pada saat itu apalagi ada banyak korban jiwa yang jatuh dalam pertempuran melawan pasuka Frieza. Akhirnya, Porunga pun mendapatkan peningkatan kekuatan. Untuk mencegah momen Frieza kembali mengacau, Namekian akhirnya membuat Porunga mampu untuk mewujudkan berbagai keinginan seperti halnya Shenron.

Selain membangkitkan orang yang sudah tewas, Porunga juga mampu membangun kembali bumi, mengembalikan stamina, memindahkan penghuni sebuah planet ke planet lain, dan juga mengembalikan masa muda seseorang.

Siapa Paling Kuat?

Meskipun secara kekuatan dan kemampuan masing-masing Eternal Dragons atau naga ajaib terlihat seimbang, namun dalam hal ini Porunga bisa dibilang berhasil unggul dari Shenron meskipun sangat tipis. Dua hal yang menjadi faktor mengapa Porunga unggul. Pertama, Porunga mampu mewujudkan tiga keinginan dibandingkan dengan dua keinginan saja.

Kedua, Porunga bukan hanya bisa membangkitkan seseorang lebih dari sekali. Dia juga mampu membangkitkan beberapa orang sekaligus dengan keinginan yang sama. Hal ini menjadi batasan dari kekuatan Shenron. Shenron juga diketahui tidak pernah membentuk kembali bumi seperti halnya Porunga. Namun, selain hal tersebut pada dasarnya kekuatan para Eternal Dragons cenderung sama. Itulah dia Geeks perbandingan mana yang lebih hebat diantara keduanya. Kalau menurut kalian gimana Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.