Para fans dari seri Boruto: Naruto Next Generation dikejutkan dengan apa yang terjadi kepada Boruto di chapter sebelumnya. Setelah menyadari bahwa tubuhnya kembali diambil alih oleh Momoshiki, Boruto pun meminta Kawaki untuk menghabisinya sesuai dengan rencana yang sudah mereka buat sejak lama. Dan akhirnya, Kawaki pun menyerang Boruto sampai dia tewas.

Melihat hal tersebut, Naruto benar-benar terkejut dan tidak percaya dengan apa yang terjadi. Naruto harus kembali merasakan kehilangan orang yang ada di sekitarnya. Namun, ternyata semua itu hanya sementara. Boruto diperlihatkan kembali hidup dalam chapter 67. Meskipun proses Otsutsukifikasinya sudah terhenti, Boruto tetap sudah berubah menjadi Otsutsuki sepenuhnya.

Meskipun momen kembalinya Boruto menjadi salah satu momen utama yang dihadirkan dalam chapter 67 kemarin, namun ada hal yang menarik juga yang terjadi di chapter tersebut. Di akhir chapternya, diperlihatkan bagaimana Code akhirnya berhasil melarikan diri kembali ke markas operasi di mana Eida dan Daemon berada. Mereka masih tetap pada salah satu misi mereka, membuat Amado melepaskan limiter dalam diri mereka.

Eida sempat bertanya bagaimana kemudian mereka akan melakukannya. Amado dilindungi oleh banyak shinobi kuat Konoha, dan Code juga tidak meninggalkan jejak sabuk hitam miliknya. Bagaimana kemudian Code akan mampu mencari Amado, pergi ke Konoha, atau bahkan mendekati sosok Amado dengan situasi saat ini?

Sepertinya, Code sudah mempersiapkan rencana besar. Wilayah Konoha memang sudah bisa dipastikan akan sulit ditembus oleh Code dan Eida, namun Code sudah mempersiapkan jalan masuk mereka sendiri. Bagaimana caranya? Code kemungkinan sudah menaruh serpihan sabuk hitam yang dia miliki di tubuh atau pakaian dari Shikamaru. Seperti yang diperlihatkan dalam chapter 66 kemarin, Shikamaru tidak bisa bergerak karena ditahan oleh Code.

Shikamaru berada di bawah ancaman senjata Code, yang membuatnya tidak bisa melakukan apa pun untuk menyerang Code atau membantu Boruto dan Naruto. Di sepanjang pertarungan Kawaki dan Boruto, Code memang tidak melakukan apa pun terhadap Shikamaru. Dia hanya mengancam akan membunuhnya jika bergerak.

Tetapi, tanpa sepengetahuan Shikamaru, Code sudah memasang sabuk hitam miliknyua di tubuh Shikamaru yang berfungsi sebagai “alat pelacak” sekaligus menjadi jalan masuk bagi Code untuk berada di Konoha atau mendekati Amado. Teknik ini sama seperti yang digunakan oleh Amado yang diam-diam mengaktifkan kembali Karma Isshiki di tubuh Kawaki.

Dengan Code menaruh sabuk miliknya di tubuh Shikamaru, kemunculannya tidak akan terdeteksi oleh ninja sensor karena sistem kerja dari sabuk tersebut mirip seperti alat teleportasi. Ini bisa memberikan elemen kejutan bagi Naruto, Amado, dan juga para shinobi lainnya karena mereka tentu tidak akan menyangka bahwa Code – dan juga Eida dan Daemon – akan berada di Konoha.

Namun, kemungkinan lainnya juga adalah Code mungkin hanya akan muncul sebentar untuk menculik Amado sebelum kemudian dia kembali menghilang. Mereka akan melakukan proses untuk melepaskan limiter tersebut di suatu tempat, mungkin di bekas markas Kara atau bekas lab Boro. Apakah artinya Amado akan berhasil untuk diculik? Bisa jadi.

Petunjuk mengenai keterlibatan Shikamaru ini juga sebenarnya diperkuat dengan salah satu panel yang memperlihatkan Boruto dan Naruto sedang senang dan bahagia karena Boruto kembali hidup, dan di sana ada Shikamaru. Code memang tidak mengungkapkan rencananya, namun hal ini bisa menjadi petunjuk kuat bahwa rencana Code ada kaitannya dengan Shikamaru.

Kemudian, bagaimana Code berhasil memanfaatkan Daemon untuk membalikan serangan kawaki dengan memanfaatkan sabuk hitam miliknya juga bisa menjadi petunjuk lainnya dari hal tersebut. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chater yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.