Kelompok bajak laut Beast dikenal sebagai salah satu kelompok bajak laut terkuat di lautan dalam seri One Piece. Hal ini dikarenakan kekuatan buah iblis yang mereka konsumsi. Belum lagi, jumlah mereka yang sangat banyak – hingga mencapai puluhan ribu orang – membuat banyak orang-orang takut saat mendengar nama kelompok bajak laut ini.

Kelompok bajak laut Beast juga dikenal karena kemampuan fisik mereka yang luar biasa dahsyat. Hal tersebut dikarenakan hampir semua anak buahnya merupakan pengguna buah iblis berjenis Zoan, yang memang dikenal sebagai buah iblis yang mampu membuat penggunanya menjadi kuat. Bahkan, berkat buah iblis ini juga Kaido menjadi makhluk paling kuat di dunia.

Namun, meskipun mereka memiliki reputasi yang sangat luar biasa, pada kenyataanya mereka tidak selamanya menjadi yang terkuat. Di chapter 1022 kemarin, kita diperlihatkan bagaimana akhirnya kelompok bajak laut Beast berhasil dikalahkan oleh pasukan aliansi Luffy di pertempuran Onigashima. Bahkan, saat ini, situasi di Onigashima sudah kacau dengan seluruh eksekutif di kelompoknya berhasil dikalahkan.

King berhasil dikalahkan oleh Zoro, Queen berhasil dikalahkan oleh Sanji, dan Jack berhasil dikalahkan oleh Inuarashi dan Nekomamushi. Flying Six juga mengalami nasib yang sama di mana mereka berhasil dikalahkan oleh kru Topi Jerami lainnya. Hanya tersisa Kaido dan juga para pasukan Pleasures dan Gifters yang masih bertahan saat ini.

Dengan kondisi yang sudah sangat kacau, bagaimana kemudian nasib dari kelompok bajak laut Beast pasca pertempuran Onigashima selesai? Ada dua kemungkinan yang bisa saja terjadi kepada kelompok ini. Pertama, kelompok bajak laut Beast akan tetap ada dengan pemimpin yang baru. Seperti yang kita ketahui, nasib Kaido saat ini sedang berada di ujung tanduk.

Kaido besar kemungkinan akan kalah. Saat Kaido berhasil pulih atau sudah kembali seperti semula, ada kemungkinan posisinya digantikan oleh sosok yang lain. Misalnya King, yang memiliki kekuatan cukup dahsyat. King juga merupakan All-Stars dan anak buah Kaido paling kuat. Kita juga melihat bagaimana Marco sempat menjadi pemimpin dari sisa-sisa kelompok bajak laut Whiteebard.

Lalu, bagaimana dengan Kaido? Mungkin Kaido akan memutuskan untuk pergi atau tidak lagi mau bergabung dengan kru tersebut, mengingat dia sudah mendapatkan apa yang dia inginkan. Lagipula, Kaido adalah sosok yang menjunjung tinggi nilai kehormatan. Dia sudah berhasil dikalahkan oleh Luffy, sehingga dia merasa tidak lagi pantas untuk memimpin kelompok bajak laut tersebut.

Kemungkinan kedua adalah membubarkan kru bajak lautnya. Membubarkan kru bajak laut Beast memang dirasa lebih masuk akal saat berspekulasi mengenai nasib dari kelompok ini pasca kekalahan Kaido dari Luffy. Sudah ada contoh nyata bagaimana sebuah kelompok bajak laut dibubarkan setelah sang kapten kalah.

Misalnya, kelompok bajak laut Rocks. Kelompok bajak laut ini adalah kelompok yang sempat berkuasa di lautan sekitar 40 tahun yang lalu. Dan kelompok ini pun merupakan kelompok bajak laut awal di mana Kaido sempat menjadi krunya, sebelum kemudian dia membentuk kru sendiri. Kelompok Rocks kalah setelah sang kapten dikalahkan oleh Garp dan Roger.

Kemudian, kita juga tahu bagaimana kelompok bajak laut Whitebeard pun pada akhirnya dibubarkan setelah Whitebeard tewas dalam peristiwa Marineford. Kaido sendiri dianggap sangat menghormati dan memuja sosok Rocks. Bagaimana struktur hierarki di kelompok Beast pun diyakini merupakan gambaran struktur hierarki yang diaplikasikan oleh Rocks di kelompoknya, yang kemudian ditiru oleh Kaido.

Berdasarkan hal tersebut, Kaido kemungkinan juga akan menirukan apa yang dilakukan oleh kelompok bajak lautnya dahulu yaitu membubarkan krunya pasca sang kapten kalah. Di sisi lain, kelompok Beast memang berpeluang bubar karena para anak buahnya tentu pada akhirnya akan terbebas dari cengkraman Kaido.

Seperti yang diketahui, Kaido tidak pernah menghabisi nyawa musuh atau targetnya. Sebaliknya, dia justru mengajak mereka untuk bergabung dengan krunya. Dan para anak buah Kaido, baik Gifters atau pun Pleasures, memang sangat terpaksa untuk bergabung dengan Kaido. Mereka tidak memiliki pilihan lain, selain bergabung. Jika mereka menolak, kemungkinan nyawa mereka akan melayang. Setelah Kaido kalah, Wano akan bebas dan mereka pun tidak lagi terkekang oleh sosok Kaido.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.