Di sepanjang seri One Piece yang sudah berjalan lebih dari dua dekade, Roronoa Zoro diperlihatkan sudah beberapa kali berganti pedang. Pergantian pedang tersebut biasanya terjadi karena hancur atau rusak. Sebelum Zoro menguasai Haki, dia kerap membuat pedangnya patah saat menahan serangan lawan. Dan itulah alasan mengapa kemudian Zoro mempelajari Haki saat time-skip.

Meskipun Zoro sering menghancurkan pedangnya, sering juga Zoro mendapatkan penggantinya. Misalnya, saat di Thriller Bark Zoro sempat mendapatkan pedang Shusui. Dan kemudian di arc Wano, Zoro mendapatkan pedang baru yaitu Enma milik Oden sebagai pedang yang ditukar dengan Shusui. Pertanyaan kemudian apakah Zoro akan mendapatkan pedang baru setelah itu?

Banyak fans yang berspekulasi bahwa Zoro kemungkinan akan mendapatkan pedang baru lagi pasca arc Wano selesai. Ada dua kemungkinan yang memang terjadi. Pertama, susunan pedang Zoro adalah Shusui, Wado Ichimonji, dan Enma. Terdapat sebuah detail menarik yang memperlihatkan susunan pedang terakhir Zoro pasca arc Wano berakhir.

Menyambut chapter 1000 kemarin, Oda Sensei merilis sebuah gambar sampul spesial. Dalam gambarnya, terlihat sosok Zoro, Nami, dan Luffy mengenakan pakaian khas bajak laut. Jika diperhatian seksama, Zoro memang akan memiliki tiga buah pedang. Pedang tersebut adalah Wado Ichimonji, Enma, dan Shusui.

Bukankah Shusui sudah menjadi harta karun Wano? Pernyataan menarik dari Kawamatsu dan Hyogoro memiliki kaitan dengan alasan mengapa Shusui kembali ke tangan Zoro. Mereka beranggapan bahwa Zoro memang sangat mirip seperti Shimotsuki Ryuma, yang notabene adalah pelindung Wano. Dan Zoro saat ini pun sedang berjuang menyelamatkan Wano. Artinya, pasca pertempuran di Onigashima selesai, para penduduk Wano sudah menganggap Zoro sebagai sosok penerus Ryuma atau Ryuma kedua.

Mengingat bagaimana Oda Sensei sering kali menghadirkan petunjuk dalam ceritanya, semua hal itu tentunya bukan sebuah kebetulan belaka. Dengan adanya “konfirmasi” bahwa Zoro memiliki kemiripan dengan klan Shimotsuki, khususnya Ushimaru dan Ryuma, di sisi lain para penduduk Wano dan Gyukimaru akan setuju untuk memberikan pedang Shusui kepada Zoro karena dia sudah dianggap sebagai pahlawan besar.

Kemudian, selain Shusui kemungkinan kedua dari kombinasi pedang Zoro pada masa yang akan datang adalah Wado Ichimonji, Sandai Kitetsu, dan Shodai Kitetsu. Menurut catatan yang ada, Shodai Kitetsu adalah salah satu pednag terkutuk yang termasuk dalam 12 pedang dengan level tertinggi (12 Saijo O Wazamono).

Pedang Shodai Kitetsu dianggap memiliki reputasi yang sama seperti halnya Yoru dan Murakumogiri milik Whitebeard. Pedang Shodai Kitetsu diyakini adalah pedang yang dimiliki oleh salah satu anggota dari Gorosei, yang mana salah satu anggotanya selalu terlihat membawa sebuah pedang. Seperti yang kita ketahui, Pemerintah Dunia mungkin akan menjadi lawan terakhir kru Topi Jerami.

Artinya, mereka akan berhadapan dengan para Gorosei. Dan Zoro akan memiliki kesempatan untuk berhadapan dengan sosok kakek tersebut. Pertarungannya melawan salah satu Gorosei tersebut mungkina akan menjadi salah satu pertarungan yang sangat hebat di masa depan nanti, meskipun kita masih belum tahu seperti apa kekuatannya.

Zoro Miliki Pedang Sendiri?

Meskipun memiliki berbagai pedang di atas adalah sesuatu yang sangat luar biasa, namun tentunya akan jauh lebih epik lagi jika Zoro memang memiliki pedang yang sengaja dibuat khusus untuknya. Sehingga, susunan dari pedang Zoro adalah Wado Ichimonji, Shodai Kitetsu, dan pedang yang dibuat khusus untuk Zoro.

Pedang ini mungkin juga akan dibuat oleh Tenguyama Hitetsu atau mungkin ada pembuat pedang lainnya. Pedang khusus untuk Zoro ini tidak perlu pedang yang memiliki level sempurna. Pedang tersebut bisa pada level tinggi atau Great Grade. Meskipun begitu, semua hal dari pedang tersebut sengaja diciptakan untuk bisa pas dengan Zoro. Dan nantinya Zoro sendiri yang akan menyempurnakan pedang tersebut.

Bahkan, bukan tidak mungkin Zoro akan membuat pedang khususnya tersebut menjadi pedang hitam juga. Sehingga ketiga pedang yang dimiliki oleh Zoro di akhir serinya akan mewakili tiga hal. Pertama, pedang Wado Ichimonji akan mewakili sosok Kuina. Kedua, pedang Kitetsu akan mewakili Wano. Dan terakhir adalah pedang khusus yang memang mewakili dirinya sendiri.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.