Dengan menghadirkan tema tentang dunia shinobi yang penuh dengan pertarungan, tentunya ada banyak sekali kematian yang dihadirkan dalam cerita di seri Naruto. Kematian tersebut biasanya terjadi karena salah satu karakter kalah dalam pertarungan, sehingga pihak lawan berhasil menghabisi nyawa dari musuhnya tersebut. Namun, yang menarik adalah terkadang ada juga kematian yang terjadi secara misterius.

Masashi Kishimoto tidak memberikan penjelasan yang cukup detail mengapa kemudian para karakter tersebut tewas. Entah apakah Kishimoto memang sengaja melakukannya, untuk membuat kematian mereka menjadi misteri, atau justru ada alasan lainnya. Yang pasti, kematian tersebut membuat para fans penasaran. Berikut adalah kematian beberapa karakter yang misterius.

Kinkaku dan Ginkaku

Kinkaku dan Ginkaku merupakan saudara kembar yang berasal dari desa Kumogakure. Kinkaku sendiri memiliki arti “tanduk emas.” Sedangkan Ginkaku bisa diartikan sebagai “tanduk perak.” Kinkaku dan Ginkaku dikenal sebagai pasangan shinobi yang sangat kuat dengan senjata legendaris mereka dan juga berbagai kemampuan Jutsu yang mereka miliki.

Bahkan, faktanya, mereka adalah saudara jauh dari sang petapa enam jelan (Sage of Six Paths) yaitu Hagoromo Otsutsuki. Keduanya juga merupakan sosok Jinchuriki palsu (pseudo-Jinchuriki) dari Kurama. Mereka memiliki benda pusaka milik Hagoromo yang membantu mereka dalam pertarungan. Namun, tidak ada yang mengetahui apa yang menyebabkan kematiannya. Saat dibangkitkan, mereka kemungkinan tewas saat masih muda.

Kimimaro

Kimimaro merupakan wadah bagi Orochimaru, dan sekaligus juga merupakan sosok keturunan terakhir dari klan Kaguya. Karena menjadi bagian dari klan Kaguya, dia memiliki kemampuan Kekkei Genkai yang sangat langka dan luar biasa, di mana dia bisa memanipulasi tulang dari tubuhnya. Dia bisa menggunakan tulangnya untuk menjadi pedang atau senjata lainnya.

Juga, tulang tersebut bisa dimanipulasi untuk pertahanannya. Dan dalam pertarungan melawan Rock Lee, Gaara, dan Naruto, kita melihat bagaimana Kimimaro sanggup menghadapi ketiga sekaligus dengan mudah. Namun, sebelum mereka bisa membunuhnya, Kimimaro tewas untuk alasan yang misterius. Diduga karena penyakit misterius yang dia derita.

Yagura

Sebelum Mei Terumi menduduki posisi Mizukage, Yagura merupakan Mizukage di desa Kirigakure. Dia merupakan sosok shinobi yang cerdas, dan juga merupakan Jinchuriki bagi Osobu, bijuu berekor tiga, yang juga menjadi sumber kekuatan bagi desanya. Sejak masih muda, Yagura diketahui sudah menguasai seluruh kekuatannya, yang mana hal tersebut kemudian membuat dia menjadi pemimpin di desa tersebut.

Yagura juga diketahui memiliki kemampuan yang sangat luar biasa, yang dibuktikan dengan dia mampu menghadapi kelompok Akatsuki dengan mudah. Bahkan, dia hampir saja berhasil menghabisi nyawa Itachi Uchiha sebelum kemudian berhasil selamat berkat teknik Amaterasu. Yagura kemudian diketahui tewas, namun kematiannya sendiri masih menjadi misteri sampai sekarang. Dalam versi animenya, bahkan sempat diperlihatkan bagaimana desa Kirigakure dilanda kesedihan pasca tewasnya Yagura sebelum desa mereka bergabung dalam ujian Chunin.

Tobirama Senju

Tobirama Senju merupakan Hokage kedua di desa Konoha setelah menggantikan sang kakak, Hashirama Senju. Menjadi salah satu dari anggota klan Senju, Tobirama diberkahi oleh kekuatan chakra yang melimpah dan kemampuan bertarung yang tinggi. Tidak perlu diragukan lagi bahwa Tobirama adalah salah satu shinobi terkuat yang ada di serinya.

Tobirama diketahui pernah diceritakan bertarung melawan Kinkaku dan Ginkaku, namun Masashi Kishimoto sendiri tidak pernah dengan jelas memberikan petunjuk bahwa kedua shinobi tersebut yang membunuh Tobirama. Mereka hanya membuat Tobirama terluka parah, dan dia pun selamat. Para fans sendiri beranggap bahwa 20 shinobi dari desa awan yang membuat Tobirama tewas, namun tidak ada bukti konkretnya. Berdasarkan hal tersebut, siapa yang membunuh Tobirama masih menjdi misteri sampai sekarang.

Hashirama Senju

Kematian dari sang hokage pertama di desa Konoha ini memang menjadi salah satu misteri kematian besar di serinya. Hashirama Senju dikenal sebagai dewa shinobi, dengan kemampuannya yang dahsyat serta kekuatannya yang luar biasa. Bisa dibilang hampir tidak ada orang yang mampu menyaingi kekuatan dari Hashirama.

Satu-satunya orang yang level kekuatannya mendekati Hashirama adalah Madara Uchiha. Namun, meskipun level kekuatannya hampir sama, Madara sendiri tidak pernah bisa menang melawan Hashirama. Sehingga, logikanya bagaimana mungkin Madara bisa membunuh Hashirama. Spekulasi di kalangan fans menyebutkan bahwa Hashirama tewas karena kekuatnnya sendiri, yang membuat jatah hidupnya berkurang drastis.

Ashina Uzumaki

Ashina Uzumaki merupakan pemimpin dari klan Uzumaki. Dia dianggap sebagai sosok yang paling kuat di klan Uzumaki, sekaligus juga pengguna Jutsu segel (Fuinjutsu) yang paling hebat. Ashina mampu menyegel bijuu dengan sangat mudah menggunakan kemampuan Jutsu segel yang dia miliki. Inilah yang membuat banyak desa takut akan desa Uzushiogakure.

Mereka menganggap bahwa Jutsu tersebut sebagai ancaman besar, yang bisa mengancam keselamatan desa mereka. Itulah alasan kemudian berbagai desa yang ada bersatu dan menghancurkan desa Uzushiogakure. Namun, tidak diketahui bagaimana Ashira tewas. Apakah dia tewas dengan cara dieksekusi? Atau dengan cara lain? Yang pasti, penyerangan tersebut memaksa sebagian klan Uzumaki untuk pergi dan berlindung ke desa lainnya.

Raikage Ketiga

Raikage Ketiga, A, disebut-sebut sebagai Raikage yang paling kuat di desa Kumogakure. Bukti kekuatannya adalah dia mampu menghadapi monster ekor delapan sendirian. Bahkan disebutkan juga pada saat dia masih hidup, dia mampu menghadapi ribuan pasukan shinobi sendirian dan bertarung menghadapi mereka selama tiga hari tiga malam. Namun, Masashi Kishimoto tidak memperlihatkan pertarungan tersebut dengan baik dan kita juga tidak tahu bagaimana kematiannya.

Kematian para karakter di atas membuat para fans penasaran apa yang menjadi penyebab para karakter ini tewas, dan siapa yang melakukannya. Meskipun ada beberapa petunjuk yang dihadirkan, namun petunjuk tersebut dianggap tidak cukup untuk bisa memberikan bukti nyata. Dan sepertinya kematian dari para karakter ini akan tetap menjadi sebuah misteri besar.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.