Uchiha Sasuke merupakan salah satu karakter protagonis dalam seri Naruto dan juga sekuelnya, Boruto: Naruto Next Generation. Kepopuleran dari Sasuke memang tidak kalah dengan Naruto atau Boruto. Bahkan, Sasuke juga bisa dibilang ikut membangun kepopuleran dari franchisenya hingga seperti sekarang. Yang menarik, para fans selalu bertanya tentang sosok Sasuke.

Pertanyaan tersebut hampir selalu muncul di setiap perilisan chapter terbaru dari serinya. Dan para fans pun semakin penasaran dengan keberadaan Sasuke mengingat keadaan Konoha sedang dalam kondisi genting seperti sekarang. Belum lagi, Naruto dan Boruto harus menghadapi musuh kuat seperti halnya Code. Kehadiran Sasuke tentu bisa menambah kekuatan mereka untuk bisa menang.

Tetapi, yang terjadi sampai saat ini Sasuke justru menghilang. Terakhir kali Sasuke muncul di chapter 61 kemarin, di mana dia melihat tanda-tanda keberadaan Code. Setelah itu dia meminta shinobi Konoha untuk kembali memperhatikan parameter mereka. Lalu, ke mana sebenarnya Sasuke? Ada beberapa alasan yang mungkin bisa menjelaskan hal tersebut.

Sasuke Sedang Menjaga Desa

Seperti yang kita ketahui, meskipun Uzumaki Naruto adalah Hokage dari desa Konoha dan Shikamaru adalah penasihatnya, Sasuke sering kali dianggap sebagai “Hokage bayangan” dari Konoha. Hal ini dikarenakan peran serta dari Sasuke dalam berbagai masalah yang terjadi di desa Konoha, termasuk permasalahan yang sedang mereka hadapi saat ini yaitu ancaman dari Code.

Dibandingkan Naruto, Sasuke tentu jauh lebih cerdas. Sasuke bisa lebih banyak mengetahui dan menerima informasi dibandingkan Naruto. Bahkan, meskipun Sasuke tidak secerdas Shikamaru, namun level informasinya bisa jadi jauh lebih besar dan lebih dalam dibandingkan Shikamaru. Jadi, mungkin Sasuke sedang menjaga Konoha dari luar.

Sasuke sudah kehilangan Rinnegannya akibat ditusuk oleh Borushiki, yang mana hal tersebut membuat Sasuke harus kehilangan sebagian besar kekuatannya. Sasuke hanya menyisakan Sharingan. Untuk itu, Sasuke mungkin berpikir untuk tidak lagi gegabah dalam bertindak dan lebih bijak dalam bergerak. Sasuke mungkin sudah berpikir apa yang menurutnya baik.

Melihat banyak sabuk dari Code yang mengelilingi tembok luar Konoha, tentu muncul kekhawatiran bila tiba-tiba Code muncul di desa. Padahal, Shikamaru dan Naruto sedang tidak ada di desa. Meskipun Shikamaru sudah memberikan tugas kepada Ino dan para shinobi lain untuk bersiaga, level kekuatan mereka jauh di bawah Code. Karena itulah dibutuhkan sosok kuat untuk bisa melindungi desa yang mana sosok tersebut adalah Sasuke.

Sedang Meneliti Sabuk Code

Kemungkinan lainnya, Sasuke mungkin sedang melakukan penelitian atau mencari informasi tentang Code dan kekuatannya. Seperti yang disebutkan di atas, Sasuke adalah sosok yang selalu melakukan tugas untuk mencari informasi dalam berbagai masalah. Misalnya, saat melakukan penelitian tentang Isshiki Otsutsuki, Sasuke yang pergi ke koordinat di mana dia melihat emblem para anggota Otsutsuki di dimensi lain.

Dalam chapter 61 kemarin sendiri Sasuke nampak melihat benda misterius yang diduga adalah sabuk milik Code. Namun, mereka sendiri tidak tahu tentang benda tersebut dan apa fungsinya. Seperti yang diketahui bahwa sabuk dari Code bisa berfungsi sebagai portal bagi dia untuk bisa pergi dari satu tempat ke tempat lain.

Mungkin Sasuke sedang mencoba masuk ke sabuk tersebut dan mencari tahu bagaimana sistem kerjanya. Atau mungkin juga Sasuke sedang mencoba mencari di mana asal sabuk tersebut, di mana ujung dari sabuknya. Kemudian juga bisa jadi Sasuke sedang pergi ke tempat lain untuk mencari tahu tentang Code dan kekuatan sabuknya tersebut.

Menyembuhkan Lukanya

Seperti yang disebutkan di atas, bahwa mata Rinnegan Sasuke terluka setelah pertarungan melawan Isshiki Otsutsuki. Mata Sasuke ditusuk oleh Borushiki. Sakura sendiri tidak mampu untuk merawat dan menyembuhkan luka tersebut. Mungkin menghilangnya Sasuke saat ini pun ada kaitannya dengan bagaimana dia menyembuhkan lukanya.

Mungkin Sasuke pergi menemui Orochimaru untuk bisa meneliti dan mencari solusi atas hal tersebut. Dalam artikel sebelumnya disebutkan bahwa Orochimaru bisa menjadi sosok yang tepat untuk bisa mengembalikan Rinnegan Sasuke, karena dia memiliki penelitian tentang Sasuke. Mungkin, Sasuke akan ditanami mata yang memiliki fungsi yang sama seperti Rinnegan asli.

Jika berkaca pada apa yang terjadi sebelumnya dengan Isshiki Otsutsuki, sepertinya kemungkinan kedua yang paling masuk akal. Sasuke kemungkinan sedang mencari informasi tentang Code dan kekuatannya sebanyak mungkin, untuk kemudian dibagikan kepada yang lain.

Mungkin juga setelah Sasuke berhasil untuk menggali berbagai informasi, dia akan mendiskusikan hal tersebut kepada Amado terlebih dahulu karena Amado yang tahu segala hal tentang para cyborg tersebut. Mereka kemudian akan saling berdiskusi dan mencari solusi bagaimana caranya menghentikan Code. Mudah-mudahan saja di chapter berikutnya kita bisa tahu di mana keberadaan Sasuke dan apa yang sedang dia kerjakan saat ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.