The Batman adalah salah satu film superhero DC yang sudah sangat diantisipasi kehadirannya oleh para penggemar di seluruh dunia. Disutradarai oleh Matt Reeves, filmnya dibintangi oleh para bintang, seperti Robert Pattinson sebagai Bruce Wayne alias Batman, Zoë Kravitz sebagai Selina Kyle alias Catwoman, bersama para pemeran villain Paul Dano sebagai Edward Nashton alias Riddler, Colin Farrell sebagai Oswald Cobblepot alias Penguin, dan John Turturro sebagai Carmine Falcone.

Selain jajaran villain yang sudah dipastikan akan muncul di filmnya nanti, sebenarnya ada satu orang lagi yang kemungkinan akan menjadi villain rahasia yang dampaknya akan sangat memengaruhi keseluruhan film The Batman, dia tidak lain adalah ayah Bruce Wayne sendiri yaitu Thomas Wayne. Walaupun Warner Bros. dan film The Batman sendiri belum mengonfirmasi teori ini, tetapi sudah ada beberapa petunjuk dari trailernya dan juga didukung dengan sejarah Thomas Wayne di media DC lainnya. Berdasarkan petunjuk yang ada, mari kita bahas bagaimana Thomas Wayne bisa menjadi seorang villain!

Kejahatan Thomas Wayne Terdahulu   

Umumnya cerita Batman akan dimulai dengan kisah terbunuhnya orang tua Bruce Wayne, yaitu Thomas dan Martha Wayne, oleh seorang perampok bernama Joe Chill di sebuah gang sepi di Kota Gotham. Kejadian tersebut pada akhirnya menjadi motivasi Bruce untuk menjadi vigilante bernama Batman yang bercita-cita ingin membersihkan Gotham dari semua kejahatan yang ada di dalamnya. Terlepas dari kisah asal-usulnya yang ikonik, ternyata media DC lain pernah menceritakan seperti apa kejadian sebenarnya sebelum kedua orang tua Bruce tewas, dan Joe Chill bukan hanya sekadar perampok biasa.

Di game Batman: The Telltale Series yang dirilis pada tahun 2016, Batman diceritakan harus berurusan dengan Children of Arkham, kelompok teroris yang dipimpin oleh Lady Arkham. Seiring berjalannya waktu, Batman mulai menyadari bahwa ayahnya, Thomas Wayne, sebelum kematiannya dia bekerja sama dengan seorang pemimpin mafia bernama Carmine Falcone dan wali kota Hamilton Hill untuk menguasai Kota Gotham. Betapa terkejutnya Batman setelah mengetahui bahwa ayahnya adalah seorang villain yang berbahaya di Kota Gotham yang selama ini dia jaga.

Tidak berhenti sampai di situ saja, pada akhirnya Batman juga mengetahui bahwa ibunya, Martha Wayne, pernah mengancam Thomas untuk melaporkannya ke polisi jika dia masih berurusan dengan Carmine Falcone dan wali kota Hill. Sebelum Thomas sempat bertobat, Hill yang mengetahui rencana Thomas dan Martha kemudian mengirim seorang pembunuh bayaran bernama Joe Chill, yang pada akhirnya berhasil membunuh Thomas dan Martha dengan berpura-pura sebagai perampok. Sebelum sempat membunuh Bruce yang pada saat itu masih berusia delapan tahun, polisi sempat datang dan menangkap Joe Chill.

Di gamenya juga diceritakan bahwa dampak dari kejahatan Thomas bahkan terus berlanjut sampai Bruce dewasa. Pemimpin Children of Arkham yang bernama Lady Arkham ternyata adalah seorang anak yang orang tuanya tewas dibunuh oleh orang suruhan Thomas Wayne, itulan mengapa dia sangat ingin sekali menghancurkan Kota Gotham sekaligus mengungkap sifat asli Thomas kepada para penduduk Gotham yang sangat memujanya. Kisah Batman: The Telltale Series ini kemungkinan bisa sangat relate dengan film The Batman nanti.

Banyak Villain di The Batman yang Mengenalnya

Berdasarkan apa yang sudah terungkap dari trailer film The Batman, Riddler diceritakan sangat terobsesi dengan Bruce Wayne , bahkan dia sering mengirimi surat ancaman dan teka-teki yang ditujukan langsung kepada Bruce dan juga Batman. Dalam salah satu cuplikan, Catwoman bahkan memberitahu Batman bahwa teka-teki Riddler adalah tentang “keluarga Wayne”. Hal tersebut seakan-akan mengindikasikan bahwa Riddler mengetahui bahwa Thomas Wayne adalah orang jahat, dia mungkin mengambil peran seperti Lady Arkham yang ingin mengungkap kebusukan Thomas pada Kota Gotham.

Seperti yang kita tahu, Carmine Falcone akan hadir juga di filmnya nanti, di mana hal tersebut membuat dugaan tentang Thomas Wayne yang jahat berkembang makin kuat. Di trailernya, Falcone bahkan berkata kepada Bruce, “Kau akan terkejut apa yang dilakukan oleh orang baik,” pada titik ini mungkin Falcone ingin memberitahu Bruce bahwa ayahnya, Thomas, yang selama ini menurutnya baik adalah penjahat yang sebenarnya.

Selain Riddler dan juga Falcone, Penguin juga sempat mengatakan kalimat misterius kepada Bruce, “Kita semua mempunyai luka, Bruce.” Sekilas perkatan Penguin mungkin terdengar biasa, tetapi jika merujuk pada sejarahnya di Batman: The Telltale Series, Penguin adalah orang yang bekerja sama dengan Lady Arkham karena sama-sama menaruh dendam kepada Thomas Wayne, di mana di gamenya dia bahkan digambarkan sebagai salah satu teman masa kecil Bruce.

Pengaruhnya Pada Film The Batman

Beberapa waktu lalu, sempat beredar rumor yang mengatakan bahwa aktor Luke Roberts akan berperan sebagai Thomas Wayne di film The Batman. Hal tersebut terungkap setelah Roberts memposting sebuah foto di sebuah trailer aktor sambil memegang komik Batman: Sins of the Father (2018) karya Christos Gage. Komik Sins of the Father adalah lanjutan dari game Batman: The Telltale Series, di mana Batman lagi-lagi mengetahui fakta bahwa Thomas Wayne adalah orang yang telah membebaskan orang tua villain Deadshot demi mendapatkan harga murah sebuah bangunan yang pada akhirnya menjadi Wayne Tower.

Jika benar para villain di film The Batman mengenali sosok asli Thomas Wayne, kemungkinan besar Thomas memang akan menjadi villain berpengaruh di filmnya nanti, di mana dampak kejahatan masa lalunya membuat para villain lain bemunculan. Teori ini juga pada akhirnya bisa menjawab pertanyaan mengapa di Kota Gotham banyak sekali kejahatan, karena tokoh penting seperti Thomas Wayne saja ternyata adalah seorang penjahat serakah yang ingin menguasai Kota Gotham. Dan mirisnya, dia adalah ayah Bruce Wayne alias Batman yang berusaha membersihkan Gotham dari semua kejahatan.

Itulah teori mengenai bagaimana Thomas Wayne menjadi seorang villain di film The Batman nanti. Alasan utamanya tidak lain adalah karena semasa hidupnya Thomas Wayne merupakan orang jahat yang akan melakukan segala cara untuk menguasai Kota Gotham, termasuk mungkin dengan membunuh atau melukai keluarga dari orang-orang yang pada akhirnya menjadi villain juga di filmnya. Kita lihat saja nanti ya, Geeks, apakah Thomas Wayne benar-benar akan digambarkan sebagai villain atau tidak. Film The Batman sendiri bisa segera disaksikan di bioskop Indonesia mulai 2 Maret 2022.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.