Penjara Impel Down dikenal sebagai penjara yang paling kejam, paling brutal, sekaligus paling mengerikan dan aman. Impel Down menjadi penjara bagi banyak kriminal sekaligus juga menjadi tempat ditahannya berbagai orang-orang yang dianggap menjadi ancaman besar bagi Pemerintah Dunia. Dengan penjagaan yang sangat ketat, mustahil bagi para tahanan untuk bisa kabur atau menyusup.

Tetapi, memang harus diakui tetap ada celah yang bisa dimanfaatkan. Contohnya adalah saat Luffy menyusup ke Impel Down berkat bantuan dari Boa Hancock. Misi dari Luffy saat itu adalah membebaskan Ace yang hendak dieksekusi oleh pihak angkatan laut. Namun, ternyata Luffy juga ikut membebaskan lainnya. Berikut adalah para villain yang dibebaskan oleh Luffy.

Buggy

Buggy merupakan salah satu karakter yang populer di kalangan fans, dan merupakan salah satu karakter yang muncul di awal cerita One Piece. Dia adalah villain pertama yang dihadapi oleh Luffy dalam petualangannya sebagai bajak laut dalam arc Orange Town. Dan dalam arc tersebut Buggy adalah villain utamanya.

Buggy sebenarnya sempat berhasil menang atas Luffy, bahkan Luffy hendak dieksekusi oleh Luffy. Tetapi, Luffy kemudian berhasil mengalahkan Buggy yang membuatnya harus dipenjara di Impel Down. Sebenarnya, momen pertemuan Luffy dan Buggy terjadi di level 3. Meskipun Buggy awalnya menolak untuk membantu Luffy, tetapi karena dia teringat sosok Shanks, akhirnya Buggy pun mau membantu Luffy. Dan Luffy sendiri ikut membawa Buggy keluar dari Impel Down.

Daz Bones (Mr. 1)

Daz Bones merupakan salah satu villain dalam arc Alabasta. Dia merupakan salah satu agen Baroque Works yang berusaha untuk menghancurkan kerajaan Alabasta dan mencari keberadaan salah satu senjata kuno, Pluton. Dalam arc Alabasta, Daz Bones sempat bertarung melawan Zoro dan dia kalah.

Daz Bones pun kemudian harus dipenjara di Impel Down. Luffy sendiri sebenarnya tidak berniat untuk membebaskan Daz Bones, namun dia saat itu sedang bersama dengan Crocodile yang akhirnya membuat Luffy akhirnya harus juga membebaskan Daz bones.

Bon Clay (Mr. 2)

Mr. 2 alias Bon Clay adalah mantan agen Baroque Works, seperti halnya Daz Bones, yang dipimpin oleh Crocodile. Meskipun dia dahulunya adalah musuh besar Luffy dalam arc Alabasta, tetapi hubungan mereka berdua mulai berubah. Mereka sudah menjadi teman yang dekat. Pertempuan Luffy dan Bon Clay di Impel Down tidaklah disengaja.

Bon Clay sebenarnya memiliki peluang untuk bisa keluar bersama dengan tahanan lainnya. Namun, Bon Clay saat itu melakukan pengorbanan besar di mana dia menyamar menjadi Hanyabal dan membukakan pintu gerbang Impel Down agar Luffy dan yang lain bisa pergi. Bon Clay sendiri diketahui masih hidup dan menjadi penguasa di lantai 5,5.

Galdino (Mr. 3)

Selain Bon Clay dan Daz Bones, Galdino alias Mr. 3 juga adalah salah satu villain dan agen dari Baroque Works yang muncul dalam arc Alabasta. Meskipun Galdino tidak sekuat anggota Baroque Works lainnya, tetapi dia diketahui memiliki keuletan dan kecerdasan yang tinggi. Luffy sendiri bertemu dengan Galdino di salah satu lantai di Impel Down.

Dia menjadi salah satu tahanan yang kemudian ikut untuk pergi ke Marineford. Meskipun Galdino tidak ikut bertarung, dia memiliki peran penting dalam pertempuran tersebut di mana dia menciptakan sebuah kunci untuk membuka borgol dari Ace. Dan kunci tersebut berhasil membuat Ace akhirnya terbebas.

Crocodile

Crocodile adalah villain utama di arc Alabasta. Dia juga merupakan pemimpin dari Baroque Works yang sekaligus mantan Shichibukai. Gelar Shichibukainya dicopot setelah dia berusaha untuk mengambil alih kerajaan Alabasa. Dengan kekuatan dan kekayaanya, Crocodile berusaha menggunakan yang dia miliki untuk menciptakan konspirasi besar dan menggulingkan penguasa Alabasta. Pasca kekalahannya dari Luffy, Crocodile pun kemudian dipenjara di Impel Down.

Saat Luffy berhasil pergi ke lantai 6, dia pun kemudian bertemu dengan Luffy. Dia meminta Luffy untuk membebaskannya, dan di sisi lain, Crocodile berjanji akan membantunya untuk menyelamatkan Ace. Motivasinya bertambah setelah dia tahu ada Whitebeard di Marineford. Crocodile berencana menghabisi nyawanya, meskipun pada akhirnya dia gagal karena dihalangi Luffy.

Momen Luffy menyusup ke penjara Impel Down menjadi salah satu momen yang bersejarah dan juga epik. Bukan hanya momen tersebut merubah wajara Pemerintah Dunia, dengan status penjara Impel Down yang tidak tertembus, tetapi juga Luffy berhasik membebaskan beberapa villain yang dianggap berbahaya oleh Pemerintah Dunia.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.