Doctor Strange in the Multiverse of Madness, atau yang lebih sering disebut Doctor Strange 2, adalah film Marvel Cinematic Universe mendatang yang sangat diantisipasi kehadirannya pada tahun 2022 ini. Sebagai salah satu film Marvel yang kembali mengangkat tema Multiverse, Doctor Strange 2 digadang-gadang akan menjadi tayangan MCU yang dipenuhi dengan banyak cameo dan juga karakter menarik, di mana hal tersebut pada akhirnya mengakibatkan posisi villain dan hero di filmnya menjadi sangat bias dan misterius.

Sejauh ini sudah ada beberapa kandidat villain yang kemungkinan akan dihadapi oleh Doctor Strange dan kawan-kawan, termasuk Baron Mordo, Evil Strange yang diduga Strange Supreme, monster gurita Gargantos, tim super genius Illuminati, bahkan Scarlet Witch yang kemungkinan akan menjadi ancaman serius bagi Strange. Namun, ternyata selain kehadiran para karakter tersebut, latar lokasi dan beberapa cuplikan dari trailer terbaru Doctor Strange 2 seperti mengindikasikan kehadiran seorang villain berbahaya bernama Nightmare. Siapakah dia? Mari kita bahas, Geek!

Mimpi Buruk dari Marvel Comics

Di Marvel Comics, Nightmare adalah salah satu dari sekian banyak Fear Lord yang terkenal sangat mengerikan di Marvel Universe. Fear Lord sendiri adalah sebutan untuk dewa atau iblis yang hidup karena adanya rasa takut dari semua makhluk di alam semesta. Dalam beberapa kesempatan Fear Lord dianggap lebih berbahaya dari sang penguasa neraka Mephisto, khususnya Nighmare yang sering digambarkan sebagai mimpi buruk bagi siapa pun yang berurusan dengannya. Diciptakan Stan Lee dan Steve Ditko, Nightmare melakukan debutnya pada tahun 1963 di komik Strange Tales #110.

Sama seperti para Fear Lord lainnya, kehadiran Nightmare sendiri adalah sebuah misteri, di mana asal-usulnya sangat sedikit sekali yang sudah terungkap. Nightmare lahir di sebuah dimensi yang disebut Everinnye, konon dia adalah keponakan dari Dweller-in-Darkness yang merupakan Fear Lord paling mengerikan di Marvel Universe. Menariknya, Dweller-in-Darkness sendiri telah muncul di MCU sebagai villain berbentuk naga di film Shang-Chi (2021). Jadi sebagai keponakannya, Nightmare juga bisa muncul di MCU kedepannya dan menebar teror di Doctor Strange 2.

Dimensi Nightmare yang Mengerikan

Walaupun kemampuan bertarung fisiknya tidak terlalu hebat, tetapi kemampuan Nightmare yang lainnya bisa dibilang sangat sakti, khususnya ketika dia berada di dimensinya yang disebut Splinter Realm alias Nightmare Realm yang berada di Dimensi Mimpi. Sebagai makhluk yang bisa berada di mana saja, Nightmare sering diceritakan menculik dan membawa seseorang ke Nightmare Realm saat dalam keadaan tertidur atau saat dalam wujud astral.

Dan ketika dirinya berada di Nightmare Realm, dia adalah makhluk yang paling kuat di dalamnya, dari segi pengetahuan, sihir, kekuatan, kecepatan, dan semua hal yang dapat membuatnya unggul dari orang lain. Di Nightmare Realm dia mempunyai kerajaan yang berisi pasukan manusia anjing yang disebut Doggerel, kemudian Succubus dan Hanon Tramp yang terbentuk dari jiwa-jiwa orang tersesat, serta monster Silurian yang menjaga gerbang Nightmare Realm. Satu-satunya kelemahan Nightmare adalah saat dia berada di luar dimensinya sendiri, di mana itu sangat jarang terjadi.

Cara Nightmare Muncul di Doctor Strange 2

Meskipun Nightmare sering berurusan dengan Doctor Strange di Marvel Comics, yang pada dasarnya adalah Sorcerer Supreme, tetapi karakternya sama sekali belum pernah muncul di MCU. Dan Doctor Strange 2 adalah saat yang tepat baginya untuk muncul, karena akan ada banyak sekali dimensi atau universe lain yang diperlihatkan di filmnya sebagai bagian dari Multiverse. Mantan sutradara Doctor Strange 2, yaitu Scott Derrickson, bahkan sempat mengungkapkan ketertarikannya terhadap Nightmare, sebelum akhirnya proyek Doctor Strange 2 diambil alih oleh Sam Raimi.

Dan dengan pengalaman Raimi dalam film horor, Nightmare adalah salah satu villain yang sangat cocok dengan nuansa horor Doctor Strange 2 yang dibawakan olehnya. Di trailernya terlihat sebuah dimensi di mana berbagai bangunan terlihat hancur, termasuk Sanctum Sanctorum yang berada di sebuah lokasi antah-berantah. Lokasi tersebut ada kemungkinan adalah Nightmare Realm yang dikuasai oleh Nightmare sendiri. Dalam salah satu cuplikan di trailernya bahkan terlihat ada beberapa makhluk yang mirip seperti arwah tersesat, di mana mereka bersatu dengan seorang sosok misterius yang mengerikan. Terlepas dia adalah Doctor Strange sendiri atau Nightmare, hal tersebut masih belum bisa dikonfirmasi.

Di Marvel Comics, Nightmare juga sering diceritakan bekerja dengan para Elder God untuk mengalahkan Doctor Strange dan menguasai Bumi. Dan di Doctor Strange 2 sendiri, dia bisa saja muncul sebagai salah satu villain yang menipu dan mengacaukan pikiran Doctor Strange saat sang Sorcerer Supreme sedang menghadapi masalah “kegilaan” Multiverse, di mana salah satu upayanya adalah berkoalisi dengan Elder God Shuma-Gorath yang sudah lebih dahulu diperlihatkan di trailer Doctor Strange 2 sebagai monster gurita raksasa.

Itulah pembahasan mengenai bagaimana villain klasik Nightmare bisa muncul di Doctor Strange 2 dan siapa dia sebenarnya di Marvel Comics. Walaupun pembahasan kali ini masih bersifat teori, tetapi ada beberapa hal di trailernya yang mengindikasikan bahwa Nightmare akan terlibat. Apalagi Doctor Strange 2 sangat berpotensi untuk memperlihatkan kepada penggemar seperti apa Nightmare Realm. Kita nantikan saja kebenarannya saat film Doctor Strange in the Multiverse of Madness tayang di bioskop pada 6 Mei 2022.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.