Seri Dragon Ball Super sudah memberikan sesuatu yang baru terkait batasan-batasan kekuatan yang ada di serinya dengan memperkenalkan berbagai kekuatan yang baru. Salah satu kekuatan terbaru yang diperkenalkan dalam seri ini adalah Ultra Instinct. Transformasi ini dikenal sebagai teknik atau jurus yang biasa digunakan para dewa atau Angel.

Dengan meningkatkan level mental seseorang sampai ke puncaknya, maka sosok tersebut akan berhasil dan mampu menggunakan transformasi Ultra Instinct. Teknik ini disebut-sebut akan membutuhkan penggunanya untuk mengerahkan Ki dalam jumlah besar, sesuatu yang bahkan sulit untuk dilakukan oleh para dewa sendiri. Dan teknik Ultra Instinct juga dianggap sebagai puncak kekuatan dari seorang ahli bela diri.

Bisakah Master Roshi Menggunakan Ultra Instinct?

Master Roshi mungkin bukanlah seorang Saiyan seperti halnya Goku atau Vegeta. Namun, kemampuan dan pengalamannya dalam ilmu bela diri selama bertahun-tahun lamanya, membuat Master Roshi mampu menggunakan teknik yang sama dengan Ultra Instinct. Tetapi, teknik tersebut tidaklah sekuat atau sehebat Ultra Instinct.

Meskipun mata dari master Roshi ditutup, dia bisa mengantisipasi taktik dan juga pola serangan dari musuhnya, yang mana membuat dia bisa dengan mudah menghindari serangan tersebut. Hal ini pernah diperlihatkan dalam arc Tournament of Power. Saking hebatnya teknik tersebut, Beerus meyakini bahwa Master Roshi sedang menggunakan Ultra Instinct, yang mana hal tersebut tidaklah benar.

Dan pada saat itu juga Whis kemudian mengatakan bahwa Master Roshi adalah sosok makhluk bumi atau makhluk non-dewa yang mampu menguasai transformasi tersebut, terlepas Master Roshi sendiri tidak menyadarinya. Kemampuan Master Roshi untuk menghindari serangan tanpa berpikir, memang bisa dibandingkan ketika Goku menggunakan Ultra Instinct.

Master Roshi sudah melatih tubuhnya jauh lebih banyak dan lebih berat dari Goku, sehingga memang masuk akal jika kemudian mentor dari Goku tersebut mampu menguasai teknik Ultra Instinct – meskipun baru pada level dasar. Satu-satunya alasan mengapa Master Roshi belum menguasai teknik tersebut karena tidak ada orang yang mengajarinya atau melatih teknik tersebut.

Meskipun Master Roshi belum bisa mencapai Ultra Instinct yang sempurna, dia sepertinya mampu untuk menggunakan level dasar teknik tersebut saat bertarung melawan Kahseral, Jiren, dan trio Miza, Iwaza, dan Kikaza.

Kesimpulannya

Jadi, apakah Master Roshi bisa menggunakan teknik Ultra Instinct? Jawabannya adalah tidak. Tetapi, sebagai ahli bela diri terkuat di bumi, Master Roshi mampu menggunakan teknik dahsyat yang membuatnya bisa bergerak dengan baik, membaca pola serangan musuh, yang membuat dia bisa menghindari serangan yang mengarah kepadanya. Secara prinsip, hal tersebut sangat mirip dengan teknik Ultra Instinct yang diperkenalkan dalam ceritanya.

Master Roshi mampu mengeimplementasikan atau menerapkan aspek paling krusial dalam teknik ini yaitu dengan bereaksi secara otomatis untuk menghenindari serangan. Meskipun tidak dilatih oleh Whis, Master Roshi yang sudah sangat berpengalaman, berhasil membuat tubuhnya mampu “membaca” gerakan musuh. Mungkin, jika whis atau Goku atau ada karakter lainnya yang mau mengajari Master Roshi teknik Ultra Instinct mungkin dia akan mampu menguasai secara penuh.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.