Peta kekuatan dari Yonko dipastikan akan berubah setelah apa yang terjadi di pertempuran Onigashima. Hal ini pun diungkapkan langsung oleh agen CP-0 yang ada di Onigashima, di mana mereka khawatir bahwa keseimbangan kekuatan dunia akan terganggu dengan kekalahan Kaido dan Big Mom dalam pertempuran ini. Kemungkinan posisi Yonko akan diisi oleh bajak laut generasi baru, seperti Eustass Kid dan Trafalgar Law serta Luffy.

Masih belum diketahui kapan pihak Pemerintah Dunia memulai sistem Yonko ini. Kita juga belum tahu sejarah dari sistem Yonko seperti sudah berapa banyak orang yang mengisi posisi ini. Namun, banyak yang meyakini bahwa sebelumnya sudah ada beberapa orang atau karakter yang pernah mengisi posisi tersebut.

Dalam artikel lain juga pernah disebutkan beberapa nama yang mungkin pernah mengisi posisi Yonko sebelumnya seperti Shiki, Roger, dan sebagainya. Zaman tentunya berubah dan akan ada masa di mana generasi lama akan digantikan generasi baru. Inilah yang menjadi topik pembahasan para fans selama pertempuran di Onigashima.

Tema tentang generasi baru yang akan menggantikan generasi lama menjadi sesuatu yang banyak dihadirkan dalam pertempuran ini. Dimulai dari Marco yang menyebutkan bahwa saat ini adalah eranya generasi baru, sampai bagaimana Law dan Kid terus mengatakan secara berulang-ulang bahwa era Yonko atau era lama sudah selesai.

Dan sepertinya hal tersebut terbukti dalam chapter 1040 ini, di mana Kid dan Law pada akhirnya berhasil mengalahkan Big Mom dengan susah payah. Pertarungan Kid dan Law melawan Big Mom terjadi sejak di chapter 1015. Pada awalnya, mereka berdua kesulitan untuk menghadapi Big Mom. Bahkan, justru mereka yang hampir saja kalah.

Namun, keduanya kemudian menggunakan kekuatan awakening buah iblis untuk menumbangkan Big Mom, yang mana cara tersebut berhasil meskipun hanya untuk sementara. Big Mom kembali bangkit dan kembali menghajar keduanya sampai terluka parah. Meskipun begitu, Law dan Kid tidak menyerah. Keduanya menggunakan sisa-sia tenaga mereka untuk menggunakan kekuatan awakening buah iblis agar Big Mom tumbang.

Di chapter 1040 kita kemudian melihat bahwa Big Mom akhirnya benar-benar tumbang setelah kerja sama yang apik diantara mereka. Lalu, apa selanjutnya? Dengan kalahnya Big Mom, artinya ada satu posisi kosong di sistem Yonko. Bukan tidak mungkin setelah semuanya selesai, Law dan Kid akan ditunjuk atau diminta oleh pihak Pemerintah Dunia untuk mengisi posisi tersebut.

Seperti yang kita ketahui, Blackbeard, yang saat ini menjadi salah satu Yonko, sebelumnya mengisi kekosongan posisi dari Whitebeard yang tewas dalam peristiwa besar di Marineford. Hal tersebut tentunya mengejutkan, karena Blackbeard bisa dibilang adalah bajak laut dari generasi baru. Selain itu, bagaimana rekam jejaknya selama ini juga menjadi faktor yang mengejutkan bagaimana kemudian Pemerintah Dunia memilih Blackbeard menjadi penerus Whitebeard sebagai Yonko.

Ada kemungkinan bahwa mereka mengira bahwa Blackbeard yang sudah membunuh Whitebeard, yang mana memang benar meskipun tidak secara langsung. Dan karena Blackbeard yang sudah menghabisi nyawa dari Whitebeard, maka artinya dia berhak untuk mengisi posisi yang ditinggalkan dari musuhnya tersebut.

Berdasarkan hal tersebut, dalam chapter 1040 diperlihatkan Law dan Kid berhasil mengalahkan Big Mom. Meskipun masih belum diketahui statusnya, apakah dia masih hidup atau sudah tewas, kalah tetap saja kalah. Sama halnya seperti Doflamingo atau Crocodile atau Gecko Moria yang kalah, posisi mereka digantikan bajak laut baru.

Law dan Kid pun mungkin akan mengisi kekosongan dari posisi Big Mom tersebut. Namun, yang masih menjadi misteri adalah apakah salah satu dari mereka yang akan dipilih atau justru keduanya. Artinya mungkin sistem tersebut bukan lagi diberi nama Yonko atau empat penguasa, melainkan Goko atau lima penguasa.

Yang menjadi pertanyaan besarnya kemudian adalah apakah mereka berdua mau menerima tawaran tersebut? Kid dan Law sepertinya bukan seseorang yang mau berada di bawah tekanan penguasa, meskipun Law sendiri sempat menjadi salah satu Shichibukai sebelum memutuskan untuk mundur. Namun, untuk kali ini, Law tidak akan mau menerima tawaran tersebut.

Sebagai aliansi dari Luffy, sekaligus juga rivalnya, Kid tentu akan memilih untuk meneruskan petualangannya menuju Laugh Tale. Dan Law pun akan mengikuti jejak keduanya. Tetapi, bisa jadi juga keduanya menerima tawaran untuk menjadi Yonko sambil tetap melanjutkan petualangan menuju Laugh Tale, seperti yang Kaido dan Big Mom rencanakan sebelumnya. Kita nantikan saja ya Geeks apakah Law dan Kid akan menerima tawaran tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.