Tidak bisa dipungkiri bahwa franchise Dragon Ball merupakan salah satu franchise yang paling populer saat ini. Bukan hanya di Jepang, kepopuleran dari franchise Dragon Ball bahkan sudah mendunia. Selain tema cerita yang sangat menarik, kemunculan berbagai karakter yang terlibat dalam berbagai serinya juga menjadi hal yang membuat franchise Dragon Ball dikenal banyak orang.

Yang menarik, sebagian para karakter dalam franchise ini diperlihatkan memiliki kemampuan yang epik dan kekuatan yang dahsyat. Misalnya, kita bisa melihat bagaimana Goku dengan kekuatan Saiyannya yang luar biasa. Atau bahkan Vegeta dan juga Master Roshi yang sama-sama kuat. Tetapi, uniknya adalah para karakter kuat tersebut ternyata memiliki kelemahan aneh yang mungkin tidak semua orang tahu. Apa saja?

Goku Takut Akan Jarum Suntik

Goku merupakan protagonis utama dalam seluruh franchise Dragon Ball. Selain itu, bisa dibilang Goku adalah petarung paling hebat di seluruh alam raya Dragon Ball. Sebagai seseorang yang merupakan keturunan Saiyan, kemampuan bertarung dan kekuatan fisik adalah dua hal yang membuat Goku unggul dari musuhnya.

Tetapi, siapa sangka jika sosok Sekuat Goku memiliki kelemahan yang unik yaitu takut akan jarum suntik. Di awal seri Dragon Ball Z, Goku diperlihatkan terluka cukup parah akibat pertarungannya dengan vegeta. Dia pun kemudian dibawa ke rumah sakit. Namun, Goku justru berteriak-teriak dengan sangat kencang menolak untuk disuntik. Dia mengaku sangat ketakutan dengan jarum suntik. Butuh kurang lebih enam orang untuk bisa menenangkan Goku.

Lemah Terhadap Siulan

Dalam franchise Dragon Ball, penduduk planet Namek atau Namekian dikenal sebagai ras yang membuat bola naga. Semua bola naga yang ada di berbagai serinya, diciptakan oleh para Namekian. Hal inilah yang membuat Namekian memiliki keunggulan dalam hal lainnya, meskipun secara kemampuan bertarung mereka juga tidak terlalu buruk.

Ternyata Namekian memiliki kelemahan yang unik yaitu mereka lemah terhadap suara siulan. Seperti diperlihatkan dalam film Dragon Ball Z: Lord Slug, para Namekian diperlihatkan sangat sensitif dan sangat tidak senang dengan suara siulan. Sepertinya, suara dengan frekuensi tinggi – seperti siulan – sangat menyakitkan bagi mereka saat didengar. Lord Slug dan Piccolo nampak marah dan kesal saat mendengar ada suara siulan.

Takut Cacing

Vegeta adalah rival dari Goku, yang mana artinya dalam hal kekuatan Vegeta tentu tidak kalah kuat dibandingkan Goku. vegeta juga merupakan anak dari pemimpin planet Vegeta, yang menjadi rumah bagi sebagian besar Saiyan. Karena hal itulah tidak heran jika kemudian Vegeta menjadi salah satu sosok terkuat di serinya dan juga salah satu protagonis utama selainĀ  Goku.

Namun, sama halnya seperti Goku, Vegeta pun memiliki kelemahan yang unik. Jika Goku takut tehadap jarum suntik, Vegeta diperlihatkan takut terhadap hewan cacing. Hal ini diperlihatkan dalam Fusion Saga dalam seri Dragon Ball Z. Dalam ceritanya, Vegeta dan Goku harus terjebak di dalam tubuh Super Buu. Saat mereka mencoba untuk mencari jalan keluar, mereka bertemu dengan cacing parasit yang ukurannya cukup besar.

Meskipun Goku dan Vegeta nampak terlihat jijik saat bertemu dengan cacing tersebut, reaksi dari Vegeta yang ketakutan akan cacing jauh lebih jelas terlihat. Bahkan, Vegeta nampak berusaha untuk menahan dirinya agar tidak muntah. Meskipun ketika salah satu dari cacing parasit tersebut berusaha untuk bersikap baik terhadap keduanya, Vegeta masih nampak tidak bisa menahan dirinya untuk tidak merasa jijik.

Ekor Jadi KelemahanĀ 

Saiyan adalah ras yang paling unggul dalam franchise Dragon Ball. Mereka diperlihatkan sangat superior jika dibandingkan dengan ras-ras lainnya yang ada di alam raya Dragon Ball. Mereka juga diketahui sangat senang untuk bertarung demi membuktikan diri siapa yang paling kuat. Dengan kekuatan yang sangat dahsyat, mungkin tidak banyak yang menduga bahwa para Saiyan memiliki kelemahan yang unik.

Diketahui bahwa ras Saiyan memiliki kelemahan pada bagian ekornya. Seperti diperlihatkan saat pertarungan antara Piccolo dan Goku melawan Raditz, Goku diperlihatkan berhasil memegang ekor dari Raidtz. Saat ekor tersebut dipegang, seorang Saiyan akan melemah dan tidak bisa bergerak. Mereka akan kembali seperti semula jika ekornya tidak lagi dipegang. Sayangnya, alasan pasti dari hal ini tidak pernah diungkapkan.

Dengan begitu banyaknya karakter-karakter kuat dan dahsyat dalam franchise Dragon Ball, siapa sangka jika mereka memiliki kelemahan yang diluar dugaan. Meskipun begitu, kelemahan-kelemahan aneh ini tentunya memberikan warna tersendiri bagi franchise ini. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.