Im Sama merupakan pemimpin tertinggi dari organisasi Pemerintah Dunia yang ada di seri One Piece. Sampai saat ini, Oda Sensei masih belum memperlihatkan bagaimana sosok asli dari sang pemimpin tersebut. Namun, yang pasti secara fisik dia memiliki tinggi yang mirip dengan para Gorosei. Im juga memiliki posisi yang lebih tinggi dari Gorosei.

Masih belum diketahui mengapa sosok Im kemudian bisa menjadi pemimpin bagi Pemerintah Dunia. Banyak yang mengira bahwa dia merupakan pemimpin yang bisa menyeimbangkan seluruh kekuatan di dunia. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa Im adalah sosok yang tahu semua hal tentang apa yang terjadi di dunia ini.

Mengalahkan Pemerintah Dunia dan Im tentunya bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Mereka adalah sebuah kekuatan yang sangat besar. Meskipun saat ini Luffy sudah berkembang jauh lebih hebat, namun Pemerintah Dunia – yang disebut-sebut akan menjadi lawan terakhir Luffy dan kelompok Topi Jerami – berada di level yang berbeda. Mereka butuh strategi untuk mengalahkan Pemerintah Dunia.

Keseimbangan Dunia

Sering kali disebutkan bahwa tujuan dari dibentuknya Pemerintah Dunia adalah untuk menjaga keseimbangan dunia dari berbagai kekuatan yang ada. Selain itu, menjaga perdamaian juga menjadi tujuan lainnya dari dibetuknya organisasi ini. Tetapi, faktanya justru mereka tidak benar-benar menghadirkan keseimbangan dunia demi perdamaian.

Pemerintah Dunia justru “memecah belah” kekuatan tersebut – dengan adanya Shichibukai, Yonko, dan sebagainya – agar mereka terus bertarung satu sama lain. Untuk apa tujuannya? Tidak lain adalah menjaga apa yang sudah ada saat ini. Mereka rela melakukan apa pun untuk bisa mempertahankan kekuasaan yang ada.

Luffy sendiri dianggap sebagai ancaman oleh Pemerintah Dunia dan angkatan laut karena mereka berhasil merusak keseimbangan yang ada. Misalnya Luffy berhasil mengalahkan angkatan laut jahat (Morgan), bajak laut lainnya seperti Arlong, penguasa seperti Wapol, bahkan kelompok pemerintah seperti CP-9 dan Shichibukai serta Yonko pun berhasil Luffy kalahkan.

Luffy juga tidak senang dengan sistem yang dibuat atau dihadirkan oleh pihak pemerintah, karena menurutnya hal tersebut justru membuat orang tersiksa dan menderita. Inilah yang kemudian membuat para fans pun meyakini bahwa Luffy akan menghancurkan sistem tersebut. Luffy juga memberikan ancaman lainnya kepada pihak Pemerintah Dunia.

Luffy bukan hanya berhasil mengalahkan orang-orang kuat, dia juga menyatukan banyak orang kuat. Misalnya, saat ini Luffy dan empat Worst Generation lainnya yaitu Zoro, Killer, Kid, dan Law, sedang bekerja sama untuk mengalahkan dua Yonko yang ada di Wano. Kemampuan Luffy untuk “mengajak” orang-orang agar mau bertarung bersama pun diakui oleh Dracule Mihawk.

Mihawk pernah mengatakan bahwa kekuatan terbesar dari Luffy bukanlah kemampuan fisiknya, melainkan bagaimana dia mampu memengaruhi orang-orang di sekitarnya agar mau ikut bertarung dan berjuang bersama, meskipun sebelumnya mereka belum pernah bertemu sama sekali.

Im vs Monkey D. Luffy

Pertarungan antara Im melawan Luffy tentunya akan sangat menarik dan dinantikan oleh para fans. Namun, diyakini bahwa pertarungan antara Im dan Luffy ini bukan hanya sekedar pertarungan fisik melainkan juga pertarungan filosofi. Im ingin tetap mempertahankan semua yang ada atau yang terjadi saat ini. Dia pun mencoba untuk meyakinkan Luffy bahwa dunia ini sudah rusak sedari awal.

Dan semua sistem yang ada, terlepas dari sistem tersebut dibuat untuk kebaikan, pada akhirnya akan korup atau rusak. Im meyakini bahwa dalam dunia ini diperlukan seseorang yang harus mengatur semuanya, agar tidak ada kekacauan atau kehancuran di dunia ini. Tetapi, Luffy kemungkinan tidak akan setuju dengan hal tersebut. Dia akan menunjukan bahwa Im salah, dengan cara menghadirkan persatuan dan kebebasan.

Cara Luffy Kalahkan Im

Satu-satunya cara Luffy untuk bisa mengalahkan Im dan menghancurkan Pemerintah Dunia adalah mengumpulkan sebanyak mungkin pasukan. Dan seperti yang disebutkan di atas, Luffy akan menghancurkan apa yang diyakini oleh Im dengan persatuan dan kebersamaan. Luffy akan menghadirkan seluruh kekuatan yang ada di dunia ini.

Seperti yang kita ketahui, One Piece mengenal berbagai ras yang sudah dihadirkan dalam ceritanya. Ada kurang lebih delapan ras yang ada dalam cerita; manusia, duyung, raksasa, kurcaci, manusia ikan, Minks, dan sebagainya. Kita juga diperkenalkan dengan berbagai kerajaan atau wilayah seperti Wano atau Alabasta.

Dengan mengumpulkan semua ras, bajak laut, organisasi, negara/wilayah, yang menolak atau menentang keberadaan Pemerintah Dunia, mereka semua akan menjadi tambahan kekuatan besar bagi Luffy. Sebagian dari para kelompok-kelompok tersebut pun sebenarnya memiliki “hutang budi” terhadap Luffy, di mana Luffy diperlihatkan membantu kesulitan yang mereka alami.

Misalnya, saat ini, di arc Wano Country Luffy sedang berhadapan dengan Kaido demi menyelamatkan para penduduk Wano karena mereka tidak sanggup menghadapinya sendiri. Kemudian juga wilayah Alabasta yang selalu siap membantu. Belum lagi Straw Hat Grand Fleet yang juga siap kapan pun Luffy membutuhkan tambahan kekuatan.

Pada saat momen ini terjadi, pihak Pemerintah Dunia akan merasakan “karma” atas apa yang mereka lakukan 800 tahun yang lalu di mana 20 kerajaan menyerang Kerajaan kuno, dan kemudian mereka membentuk Pemerintah Dunia. Pertarungan Luffy melawan Im mungkin akan menjadi puncak dari cerita One Piece secara keseluruhan. Im adalah tembok terakhir sebelum dunia benar-benar terbebas dari belenggu Pemerintah Dunia. Bisa dipastikan bahwa pertarungan ini akan sangat epik. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana pertarungan ini akan terjadi.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.