Dalam franchise Dragon Ball, para fans mengenal sosok Saiyan legendaris yang luar biasa kuat bernama Broly. Broly dikenal sebagai Super Saiyan Legendaris karena kedahsyatan dari kekuatannya, yang membuat dia menjadi sosok paling kuat di seluruh ras Saiyan. Bahkan, Goku dan Vegeta sendiri pun hampir saja tidak berhasil untuk mengalahkan Broly.

Meskipun awalnya Broly merupakan karakter non-canon, semenjak kemunculannya di film Dragon Ball Super: Broly, kini Broly sudah menjadi bagian dari canon Dragon Ball. Artinya, ada banyak kemungkinan yang bisa saja muncul dari hal ini. Contohnya adalah para karakter yang mungkin bisa menandingi atau bahkan mengalahkan kekuatan dari Broly. Siapa saja mereka?

Granolah

Granolah merupakan protagonis utama dalam arc Granolah the Survivor, arc yang sedang berjalan saat ini. Dia sebelumnya diperkenalkan sebagai salah satu anak buah dari Moro, sebelum kemudian menjadi sosok penting di arc terbaru ini. Demi bisa membalaskan dendam atas hancurnya planet Cereal oleh Frieza dan para Saiyan, Granolah pun mencari dua bola naga planet Cereal.

Setelah berhasil melakukannya dan memanggil naga ajaib, Toronbo, Granolah pun mewujudkan keinginannya untuk menjadi petarung paling kuat di alam raya. Dengan kata lain, Granolah memiliki kekuatan seorang dewa. Menggunakan kekuatan ini, secara teori tentunya Granolah bisa saja mengalahkan sosok Broly, mengingat level kekuatan Broly tidak pada level dewa. Dalam arc ini diperlihatkan kemampuan Granolah bahkan mampu mengalahkan Ultra Instinct dan Ultra Ego.

Gas

Gas saat ini menggeser posisi Granolah sebagai petarung paling kuat di seluruh alam raya, setelah Elec menemukan dua bola naga planet Cereal dan meminta Toronbo untuk membuat Gas menjadi sosok paling kuat. Dalam chapter terbaru kemarin di seri Dragon Ball Super diperlihatkan bagaimana Gas mampu menghabisi semuanya, termasuk Granolah, Goku, dan Vegeta.

Namun, sebelumnya, Granolah sempat berhasil menandingi kemampuan dari Gas, sebelum kemudian Gas mengerahkan semua kemampuannya. Berdasarkan hal tersebut, rasanya memang masuk akal jika kemudian Gas mampu jadi sosok yang bisa mengalahkan Broly.

Beerus

Meskipun harus diakui bahwa kekuatan dari Broly sangat impresif, bahkan melampaui kekuatan Goku dan Vegeta, namun level kekuatan Broly masih belum cukup untuk bisa melampaui level kekuatan dewa penghancur di Universe 7, Beerus. Hal ini bisa dilihat dari reaksi Beerus yang nampak biasa saja saat bertemu dengan Broly di film Dragon Ball Super: Broly.

Dari sikap yang diperlihatkan oleh Beerus, dan juga dipadukan dengan fakta bahwa kekuatan penuh dari Beerus sampai saat ini belum diketahui dan diperlihatkan, menunjukan bahwa sang dewa penghancur levelnya jauh di atas Broly. Bahkan, di seri Dragon Ball Super sendiri diperlihatkan bagaimana sosok Shenron sampai ketakutan saat bertemu dengan Berus.

Whis

Menjadi salah satu bagian dari ras Angel yang menguasai Ultra Instinct dalam tingkatan sempurna, rasanya mustahil jika Broly akan mampu mengalahkan Whis dalam sebuah pertarungan. Yang ada justru sebaliknya, di mana Whis akan mengalahkan Broly dengan sangat mudah. Kita memang masih belum melihat bagaimana Ultra Instinct digunakan dalam pertarungan menghadapi Broly.

Tetapi, dengan level ketenangan seorang Angel, juga penguasaan Whis dalam teknik tersebut yang sempurna, membuat Broly rasanya sulit untuk bisa menandingi Whis. Sebagai “asisten” dari sang penguasa alam semesta, Whis atau pun para Angel lain bisa menghancurkan Broly jika mereka mau.

Zeno

Sang Omni-King alias penguasa di multiverse Dragon Ball. Zeno memiliki semua kekuatan dahsyat dalam dirinya. Kekuatan Zeo bahkan jauh di atas para Angel dan juga dewa penghancur. Kepala dari para Angel, Grand Priest, bahkan mau mengikuti semua perintah atau petunjuknya. Meskipun sikapnya sering kali diperlihatkan seperti anak kecil, dia memiliki kekuatan paling hebat di seluruh alam raya.

Jika dia mau, Zeno bisa saja menghancurkan seluruh planet atau bahkan alam raya, seperti yang pernah dia lakukan sebelumnya. Artinya, menghancurkan atau mengalahkan Broly bukan menjadi sebuah masalah besar bagi Zeno, karena dalam hitungan detik pun bisa saja dia kalah.

Dalam franchise Dragon Ball kita melihat bagaimana Broly diperkenalkan sebagai sosok yang kejam, brutal, dan tidak kenal ampun. Butuh upaya ekstra dari Goku dan Vegeta untuk kemudian bisa mengalahkan Broly. Namun, bagi para karakter di atas, mengalahkan Broly mungkin menjadi sesuatu yang mudah karena kekuatan yang mereka miliki jauh di atas Broly.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.