Para fans sempat dikejutkan dengan fakta yang dihadirkan dalam chapter 1017 kemarin di seri manga One Piece, yang berkaitan dengan buah iblis Gomu Gomu. Ternyata buah iblisĀ  Gomu Gomu bukanlah buah iblis sembarangan. Buah iblis ini dianggap sebagai sesuatu yang sangat bernilai besar oleh pihak Pemerintah Dunia, yang mana inilah alasan mereka meminta CP-9 untuk menjaganya.

Fakta ini diketahui dari apa yang diungkapkan oleh Who’s Who dalam pertarungannya melawan Jinbe kemarin. Menurut Who’s Who, sekitar 12 tahun yang lalu dia sempat harus dipenjara karena kehilangan buah iblis Gomu Gomu yang berhasil dicuri oleh sosok Shanks dan kelompoknya. Apa yang kemudian membuat buah iblis Gomu Gomu spesial?

Sebagian fans berpikir bahwa buah iblis Gomu Gomu tidaklah spesial, melainkan buah iblis lainnya, Yami Yami. Seperti yang sudah banyak diungkapkan oleh para fans, buah iblis Gomu Gomu memiliki desain dan warna yang mirip dengan buah iblis Yami Yami. Dan kita juga sudah melihat bagaimana dahsyatnya buah iblis Yami Yami di tangan Blackbeard.

Berbicara mengenai buah iblis Yami Yami, ada beberapa asumsi juga di kalangan para fans. Sebagian meyakini bahwa Rocks merupakan pemilik buah iblis tersebut sebelumnya. Kemudian, antara Shanks dan Blackbeard terdapat koneksi dengan Rocks D. Xebec. Dan kemudian Blackbeard serta Shanks tahu betul tentang buah iblis Yami Yami.

Dalam chapter 1017 juga kita disuguhkan sebuah fakta bahwa Who’s Who merupakan mantan anggota Cipher Pol dan merupakan rival dari Rob Lucci, yang mana hal tersebut bisa menjadi petunjuk penting. Dengan semua informasi dan petunjuk yang ada, pertanyaan besarnya kemudian bagaimana kemudian Shanks bisa mendapatkan buah iblis tersebut? Bagaimana dia bisa mengetahui keberadaan buah iblisnya?

Ada kemungkinan bahwa pihak Pemerintah Dunia memiliki intelijen atau informasi rahasia dari buah iblis Yami Yami yang mana mereka meminta Who’s Who untuk menjaganya. Atau bisa juga Who’s Who memiliki informasinya sendiri dan ingin memberikan buah iblis tersebut kepada pihak Pemerintah Dunia dengan tujuan untuk membuat mereka terkesan dan mengalahkan Rob Lucci.

Sayangnya, justru yang mereka dapatkan merupakan informasi yang salah. Sebenarnya, buah iblis yang didapatkan bukanlah Yami Yami seperti yang mereka inginkan melainkan Gomu Gomu, karena memiliki penampilan yang sama. Ada dua hal yang mungkin terjadi pada saat Who’s Who salah mendapatkan buah iblis tersebut.

Pertama, Who’s Who memutuskan untuk menyimpannya dan tidak ingin pihak Pemerintah Dunia tahu fakta sebenarnya. Who’s Who berharap bahwa dia bisa mengelabui mereka, demi bisa membuat posisinya unggul dari Rob Lucci. Kedua, sebelum kemudian Who’s Who berhasil dengan rencananya tersebut, dia sudah terlebih dahulu diserang.

Dalam teori ini, pada intinya, Shanks sebenarnya sudah salah mencuri atau mengambil buah iblis yang mereka kira adalah Yami Yami. Karena, jika kemudian buah iblis yang mereka curi adalah sesuatu yang sangat penting, tentunya mereka tidak akan menaruh buah iblis tersebut sembarangan sehingga tidak sengaja dimakan oleh Luffy.

Melawan Pemerintah Dunia?

Selain ada kemungkinan Shanks salah mengambil buah iblis, bisa jadi juga Shanks memang sengaja mendapatkan atau mencari buah iblis Gomu Gomu. Ini mungkin menjadi salah satu cara Shanks menghadapi Pemerintah Dunia. Shanks menyadari bahwa Pemerintah Dunia merupakan sebuah sistem dan kekuatan besar. Dia dan kelompoknya sendiri belum tentu bisa menghadapi mereka atau menghancurkan sistem yang ada.

Karena itulah dia membutuhkan “tenaga tambahan” yang tidak lain berasal dari buah iblis. Tentu Shanks dan kelompoknya tidak akan sembarangan mencari dan mengambil buah iblis tersebut. Mereka memiliki informasi atau sudah melakukan riset terlebih dahulu. Dan setelah mengumpulkan informasi tersebut barulah mereka mulai bergerak mencari keberadaan buahnya dan mengambilnya.

Apakah Shanks atau salah satu dari kelompoknya, yang pasti akan ada dari mereka yang akan memakan buah iblisnya. Dengan buah iblis yang mereka incar tidak lagi berada di tangan, ada kemungkinan Shanks dan kelompoknya menggunakan cara lain untuk menghancurkan Pemerintah Dunia yaitu dengan jalur diplomasi. Inilah yang mereka lakukan saat ini.

Yang mungkin tidak Shanks duga adalah dengan menggunakan teknik diplomasi tersebut justru menjadi jalan bagi Shanks untuk mendapatkan keuntungan dan akses terhadap hal lainnya – seperti diterima dengan baik oleh Gorosei. Bagaimana menurut kalian Geeks, mana kemungkinan yang lebih menarik dan masuk akal?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.