Sejak awal pasca time-skip, dengan secara jelas diperlihatkan dalam cerita di seri One Piece bahwa para Supernova adalah sosok yang kuat. Mereka menjadi bajak laut yang paling kuat diantara banyak sekali bajak laut generasi baru yang sedang bangkit. Para Supernova tersebut terus mengembangkan kekuatan mereka tanpa henti, sampai kemudian kekuatan mereka diakui Pemerintah Dunia dan angkatan laut.

Dengan diakuinya para bajak laut Supernova membuat mereka saat ini digambarkan berada di posisi yang sama dengan para Yonko, Shichibukai (meskipun sudah dibubarkan), dan Pasukan Revolusi. Mereka sudah mulai diakui kekuatannya dan juga keberadaanya. Dan sampai saat ini pun dalam pertempuran di Onigashima, poin tersebut sudah terbukti.

Dalam pertempuran tersebut Oda Sensei memperlihatkan perbedaan diantara para Supernova. Saat ini, karakter yang kuat adalah karakter yang memiliki kemampuan Haki yang juga kuat. Untuk bisa memiliki Haki yang kuat, maka diperlukan juga tekad yang besar. Untuk bisa mendapatkan tekad tersebut, seseorang harus bisa melampaui batasnya.

Kelima Worst Generation di Onigashima sudah memperlihatkan bagaimana mereka berhasil melampaui batas yang mereka miliki, terutama Law dan Kid. Mereka berdua diperlihatkan sudah berhasil menggunakan seluruh potensi kekuatan buah iblis mereka saat bertarung menghadapi Big Mom. Dan efeknya sangat luar biasa, di mana Big Mom pun akhirnya berhasil dilumpuhkan.

Meskipun bisa dipastikan bahwa Big Mom belum sepenuhnya kalah, karena bagaimana pun ia adalah Yonko, tetapi apa yang sudah dilakukan oleh Law dan Kid benar-benar sangat luar biasa. Law dan Luffy sudah sejak lama merencanakan untuk menghadapi Kaido. Kid sendiri sudah berencana untuk menantang para Yonko saat dia tiba di New World.

Di sisi lain, peningkatan kekuatan yang dialami oleh Kid dan Law memang terasa sedikit mendadak dan dipaksakan. Kita melihat bagaimana Luffy berlatih di penjara Udon untuk persiapan menghadapi Kaido. Sedangkan, kita tidak pernah melihat Kid dan Law berlatih. Mungkin, Law sudah berlatih di sela-sela arc Dressrosa dan Onigashima.

Sedangkan Kid mengalami peningkatan kekuatan karena dia sudah bertarung menghadapi banyak sekali musuh kuat sejak dia tiba di New World. Peningkatan Kid dan Killer benar-benar signifikan sejak terakhir kali kita melihat mereka di Sabaody. Yang menjadi poin pentingnya adalah Kaido dan Big Mom harus diakui memiliki kekuatan yang mengerikan.

Namun, mereka terlalu meremehkan para bajak laut generasi muda ini. Ketika Tama berhasil merubah banyak Gifters untuk menjadi pengikut aliansi Luffy, sudah seharusnya Kaido dan Big Mom serius. Tetapi, pada kenyataanya, mereka tetap arogan. Big Mom terus meremehkan kekuatan Law dan Kid sampai kemudian di chapter 1039 kemarin keduanya berhasil melumpuhkan Big Mom.

Berbicara mengenai bajak laut generasi baru, Kaido sendiri sering “memuji” mereka bahwa generasi baru merupakan generasi yang menyulitkan. Dia memuji Zoro dengan berkata bahwa serangannya bisa meninggalkan bekas luka di tubuhnya. Bahkan, Kaido pun mengakui bahwa mereka adalah monster. Ramalan dari 20 tahun yang lalu pun sudah menyebutkan bahwa akan ada kekuatan besar yang baru muncul di Wano.

Meskipun pada awalnya sempat ada teori dan spekulasi bahwa kekuatan tersebut adalah Luffy, namun kita akhirnya mengetahui bahwa kekuatan besar tersebut adalah para generasi baru bajak laut. Marco pun mengakui bahwa sekarang adalah eranya generasi baru, yang mana generasi lama sudah akan berakhir.

Kesimpulannya adalah baik Luffy, Law, dan Kid saat ini sudah mengalami peningkatan yang sangat signifikan dalam berbagai hal. Sudah seharusnya mereka mendapatkan pengakuan dan dihormati – serta ditakuti – sebagai bajak laut yang mampu menghadapi dan mengalahkan para Yonko. Tidak akan ada lagi yang meremehkan mereka. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.