Satu pertanyaan besar yang sering muncul di kalangan fans One-Punch Man adalah apakah ada sosok atau karakter yang mampu menandingi kekuatan Saitama. Sejak awal serinya diperkenalkan – dalam versi manga dan anime – kita sudah diperkenalkan dengan sosok Saitama yang memiliki kekuatan di luar nalar. Dia mampu menghancurkan apa pun hanya dengan satu pukulan saja.

Mulai dari asteroid, alien, bahkan monster yang level kekuatannya tidak mampu dihadapi oleh para pahlawan lainnya, mampu untuk dihancurkan dengan mudah oleh Saitama. Hal inilah yang membuat Saitama sendiri mengakui bahwa dia bosan. Dia ingin mencari tantangan yang membuatnya harus mengerahkan seluruh tenaga dan kemampuannya, yang mana hal tersebut hanya terjadi dalam mimpinya.

Namun, dengan kekuatan Saitama yang luar biasa tersebut tentunya membuat kita berpendapat bahwa mustahil ada sosok yang mampu menandingi sosoknya. Namun, hal tersebut juga memunculkan pertanyaan apakah memang benar-benar tidak ada sosok yang mampu menandingi Saitama? Apakah Saitama menjadi karakter yang tidak bisa dikalahkan?

Di chapter 153 kemarin, para fans sempat dikejutkan dengan kemunculan sosok God. Dalam chapternya, diperlihatkan bagaimana dia mencabut nyawa dan juga kekuatan dari Homeless Emperor. God sendiri merupakan karakter yang masih sangat misterius sampai saat ini. God sendiri pertama kali muncul pada chapter 115 di momen kilas balik Homeless Emperor.

Baru pada chapter 153 kita melihat sosok God secara fisik sekaligus melihat bagaimana kedahsyatan dari sosok God. Meskipun kita masih belum tahu seperti apa kekuatan dari God, namun dari ceritanya kita bisa melihat bahwa God mampu memberikan kekuatan kepada siapa pun yang dia inginkan. Kemudian, dia juga mampu mencabut nyawa seseorang dengan mudah.

Kemudian, dalam chapter 157 kemarin kita melihat bagaimana Blast pergi ke dimensi lain untuk membantu para pahlawan terhebat lainnya mengalahkan musuh misterius. Dalam artikel sebelumnya disebutkan bahwa ada kemungkinan bahwa musuh yang sedang dihadapi oleh para pahlawan dari berbagai dimensi tersebut adalah sosok God, melihat dari kedahsyatan kekuatannya.

Apakah kemudian God bisa menjadi sosok yang menandingi atau bahkan melampaui kekuatan Saitama? Jika dilihat secara garis besarnya, dengan kemampuan yang dimiliki, God tentu adalah sosok yang mampu menghadapi Saitama. Sudah diperlihatkan juga sedikit bagaimana kekuatan God, dengan mampu memberikan kekuatan super kepada orang lain atau mencabut nyawa milik orang lain.

Saitama diketahui tidak bisa memberikan kekuatan kepada orang lain, namun dia bisa saja mencabut atau menghabisi nyawa seseorang apalagi dengan pukulannya yang dahsyat. Namun, level kekuatan dari Saitama sendiri hampir sama dengan God. Bukti dari hal tersebut adalah Saitama mampu menghancurkan musuh dengan satu pukulan, dia bisa selamat di luar angkasa tanpa oksigen, dan banyak hal lainnya.

Semua hal yang terjadi kepada Saitama tentunya tidak masuk akal, jika dibandingkan dengan para pahlawan lainnya. Artinya, kekuatan dahsyat yang dimiliki oleh saitama bisa jadi setara atau mungkin sedikit di bawah God. Sampai saat ini, memang belum diketahui dari masa asal-usul kekuatan dari Saitama.

Banyak fans yang kemudian berteori mengenai hal tersebut. Salah satu teori yang menarik adalah ada kemungkinan bahwa Saitama sebelumnya pernah bertemu dengan God, dan God yang kemudian memberikan kekuatan dahsyat yang dia miliki sekarang kepada Saitama, seperti yang dilakukan terhadap Homeless Emperor. Jika memang kekuatan Saitama berasal dari God, artinya God bisa saja mencabut kembali kekuatan tersebut.

Teori lainnya menyebutkan bahwa kekuatan Saitama muncul setelah dia menghancurkan pembatas kekuatan atau limiter yang dia miliki. Dengan begitu, potensi terbesar dalam dirinya pun terbuka. Terlepas dari teori mana yang benar yang bisa menjelaskan asal-usul kekuatan Saitama, satu hal yang bisa diasumsikan dari pembahasan ini adalah Saitama mungkin akhirnya sudah bertemu dengan sosok yang bisa membuatnya harus mengerahkan seluruh kemampuannya.

God mungkin akan menjadi “lawan terakhir” yang dihadapi oleh Saitama di akhir serinya, ketika sudah tidak ada lagi monster yang bisa dia lawan. Pertarungan “serius” antara Saitama dan God akan menjadi pertarungan paling epik di serinya, yang mana hal ini tentunya akan sangat dinantikan oleh para fans. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.