Shapeshifter adalah salah satu kemampuan yang cukup langka di DC Universe. Siapa pun yang mempunyai kemampuan ini mempu mengubah bentuk dan kekuatan tubuhnya menjadi sesuatu yang lain, baik hewan, benda, maupun karakter lain. Dengan kemampuannya ini, para shapeshifter sering kali diceritakan memainkan peran yang sangat penting di berbagai kisahnya, karena mereka bisa bertindak sebagai mata-mata atau sebagai anggota tim yang kehebatannya sudah tidak perlu diragukan lagi. Siapa saja shapeshifter terkuat di DC Universe? Simak daftarnya di bawah ini, Geeks!

Beast Boy

Mempunyai nama asli Garfield Logan, awalnya Beast Boy adalah seorang manusia biasa yang diceritakan mengidap sebuah penyakit langka. Karena merasa penyakitnya sudah tidak bisa disembuhkan lagi, pada akhirnya dia bersedia mengikuti sebuah eksperimen di mana tubuhnya dimasukan darah monyet hijau dengan harapan bisa sembuh dari penyakitnya. Efek samping dari darah monyet tersebut memungkinkan dia untuk berubah menjadi hewan yang ada dipikirannya. Sejak saat itu dia kemudian menjadi superhero kuat yang tergabung dalam tim remaja Teen Titans bersama superhero lainnya.

Chameleon Boy

Berasal dari sebuah planet yang sangat jauh, yaitu Durla, Chameleon Boy adalah karakter yang mempunyai kemampuan untuk berubah bentuk. Saat dirinya masih muda, karakter yang mempunyai nama asli Reep Daggle ini diceritakan terjebak dalam sebuah perang nuklir, yang pada akhirnya membuat dia terkena radiasi. Bukannya mati karena radiasi tersebut, dia justru malah mendapatkan kekuatan baru yang memungkinkan dia untuk menyamar menjadi siapa pun. Dan dengan kemampuan ini juga dia terbukti bisa bertahan hidup, padahal rasnya dianggap sebagai alien yang hampir punah di DC Universe.

Everyman

Meskipun penampilan aslinya botak, Hannibal Bates alias Everyman adalah karakter yang diceritakan bisa berubah menjadi siapa pun yang dia mau. Setelah terlibat dalam ekperimen Lex Luthor yang disebut Everyman Project, dia mendapatkan kemampuan untuk meniru DNA orang lain, dari mulai fisiknya sampai kekuatannya. Namun, berbeda dari shapeshifter lain yang bisa berubah hanya dengan menggunakan pikirannya, Everyman justru harus terlebih dahulu memakan rambut atau kuku dari tergetnya. Dengan proses yang menjijikan tersebut, hasilnya dia bisa menjadi supervillain yang sangat berbahaya di DC Universe.

Martian Manhunter

Sebagai seorang alien yang berasal dari planet Mars, J’onn J’onzz alias Martian Manhunter adalah salah satu pendiri Justice League yang diceritakan mempunyai banyak sekali kekuatan. Selain kemampuan dasarnya yang memungkinkan dia untuk terbang, kemudian memiliki kekuatan super dan telepati, ternyata Martian Manhunter juga bisa berubah bentuk menjadi apa pun yang dia mau. Sepanjang sejarahnya di DC Universe, Martian Manhunter pernah diperlihatkan beberapa kali menyamar sebagai manusia, kemudian dalam kesempatan lain dia bahkan bisa berubah menjadi raksasa atau monster naga yang sangat besar ketika bertarung bersama Justice League.

Plastic Man

Dari sekian banyak shapeshifter di DC Universe, Patrick O’Brian alias Plastic Man mungkin adalah salah satu yang paling kuat daya tahan tubuhnya. Setelah dirinya masuk kedalam sebuah cairan asam yang misterius, Plastic Man diperlihatkan mampu memelarkan tubuhnya sampai ke tingkat yang tidak bisa dibayangkan oleh manusia biasa. Sejak saat itu juga dia bisa berubah menjadi apa pun yang dia mau, dari mulai bola karet, pesawat, bahkan sampai menjadi seorang wanita. Dan berkat kekuatan tersebut, Plastic Man pada akhirnya direkrut oleh Justice League dan menjadi salah satu anggota yang cukup berpengaruh di tim super tersebut.

Itulah lima karakter yang diceritakan mempunyai kemampuan shapeshifter terkuat di DC Universe. Dengan kekuatan yang dimiliki oleh mereka, tidak jarang mereka diceritakan lebih unggul dari karakter lain. Karena seperti yang kita tahu, di DC Universe tidak ada karakter yang bisa mengetahui seseorang itu palsu atau tidak jika tidak menggunakan alat khusus, sehingga kehadiran lima karakter ini bisa sangat mendukung sekaligus menjadi ancaman, tergantung dari pihak mana mereka pilih.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.