Masing-masing dari kru Topi Jerami memiliki peran dan keunikan karakteristik. Menjadi sosok yang kuat dalam hal kekuatan fisik bukanlah sesuatu yang menjadi keunggulan dari Nami. Hal ini memang bisa menjadi bumerang bagi Nami, mengingat dunia di seri One Piece membutuhkan kekuatan untuk bisa bertahan dari serangan musuh atau rintangan lainnya.

Untuk membantunya dalam pertarungan, Nami pun kemudian memiliki sebuah alat yang disebut sebagai Climate Baton atau Clima-Tact atau tongkat cuaca. Seperti yang kita ketahui, Nami sangat ahli dalam hal navigasi atau cuaca. Tanpa Nami, mungkin Luffy tidak akan bisa berada di Wano. Yang menarik, Clima-Tact milik Nami ini mengalami beberapa pengembangan.

Climate Baton (Clima-Tact)

Clima-Tact pertama kali diperkenalkan dalam cerita ketika kelompok Topi Jerami tiba di Alubarna dalam arc Alabasta. Usopp yang menciptakan Climate Baton ini atas permintaan dari Nami. Usopp sendiri kemudian mengembangkan Clima-Tact berdasarkan tongkat kayu biasa yang sebelumnya dimiliki Nami. Masing-masing batonnya sendiri memiliki tombol.

Menekan tombol tersebut akan menciptakan gelembung-gelembung yang memiliki efek tertentu. Menyambungkannya juga bisa memunculkan efek khusus. Karena awalnya Usopp berpikir bahwa Nami menginginkan Climate Baton ini untuk alasan lain, tidak banyak kemampuan dahsyat yang dihadirkan dari Climate Baton ini.

Meskipun sebagian besar fungsi dari Climate Baton hampir tidak bisa digunakan dalam pertempuran, Usopp sendiri memasang satu fungsi yang ternyata berguna dalam pertempuran: Tornado Tempo. Menggunakan teknik ini membuat musuh akan terikat dan tidak bisa bergerak. Baton ini juga bisa membuat musuh terluka parah saat diluncurkan dengan kecepatan tinggi. Dipadukan dengan kecerdasan Nami, dia pun akhirnya mampu menggunakan Clima-Tact untuk memanipulasi cuaca.

Perfected Climate Baton (Perfect Clima-Tact)

Dalam arc Skypiea, Usopp pun menemukan sesuatu yang menarik yang disebut sebagai Dials. Dials merupakan benda yang berbentuk kerang, namun memiliki banyak fungsi seperti menjadi senjata atau menyerap serangan musuh. Usopp kemudian melakukan peningkatan kekuatan dari Clima-Tact Nami dengan memanfaatkan Dials sisa, setelah dia pun meningkatkan kekuatan ketapel miliknya.

Usopp menghilangkan semua fitur yang tidak berguna dalam pertempuran dengan berbagai fungsi yang bisa membantu Nami bertarung, terutama yang berkaitan dengan kemampuan Nami, yaitu memanipulasi cuaca. Perfect Clima-Tact ini mirip seperti Clima-Tact pertama, hanya saja ada tambahan seperti ornamen bola di masing-masing ujungnya. Meskipun begitu, dengan kekuatan yang besar, Perfect Clima-Tact menjadi sulit dikendalikan.

Sorcery Climate Baton (Sorcery Clima-Tact)

Berbeda dengan Clima Baton pertama, untuk Sorcery Climate Baton ini Nami yang membuatnya sendiri saat dia berlatih selama dua tahun di Weatheria. Dia mengaplikasikan apa yang dia pelajari selama berada di sana dengan berbagai teknologi cuaca dari Weatheria, dan akhirnya terciptalah Sorcery Climate Baton. Tongkat cuaca ini benar-benar melebihi kemampuan dua tongkat sebelumnya, terutama dalam hal fungsi untuk bertarung.

Sorcery Clima Baton kemudian kembali mendapatkan peningkatan kekuatan saat Nami kembali bertemu dengan Usopp pasca time-skip. Bukan hanya itu, Franky pun ikut membantu meningkatkan kemampuan tongkat tersebut. Franky dan Usopp juga mengaplikasikan apa yang mereka pelajari sebelumnya terhadap tongkat milik Nami ini.

Hasilnya adalah Sorcery Climate Baton menjadi senjata terkuat yang dimiliki Nami. Ada beberapa fungsi yang dihilangkan dalam versi ini, di mana Nami tidak perlu lagi memisahkan atau menyatukan tongkatnya. Nami sekarang bisa memperbesar atau memanjangkan tongkatnya sesuka hati.

Sorcery Clima Baton lagi-lagi mendapatkan peningkatan kekuatan. Kali ini terjadi dalam pertempuran di Onigashima dalam arc Wano. Dalam pertempuran tersebut salah satu Homies milik Big Mom, Zeus, diperlihatkan bergabung atau memutuskan untuk membantu Nami dengan menyatu di dalam tongkat ini.

Zeus sendiri sebenarnya sudah berhasil menjadi milik Nami sejak arc Whole Cake Island, di mana diperlihatkan Nami menculiknya dari Big Mom. Namun, setelah sempat kembali ke tangan Big Mom, akhirnya Zeus memilih untuk bersama Nami setelah Big Mom membuat Homies lainnya, Hera. Salah satu kemampuan baru yang diperlihatkan adalah bagaimana Sorcery Clima-Tact ini mampu berubah bentuk menjadi apa pun, berkat sosok Zeus. Misalnya saat Nami membuat Ulti tidak sadarkan diri.

Clima Baton yang menjadi senjata andalan Nami ini sudah muncul sejak lama, dan mengalami berbagai perkembangan yang cukup signifikan. Dengan adanya Sorcery Clima-Tact yang menjadi versi terkuat dari semuanya, membuat Nami akhirnya mengalami peningkatan kekuatan. Kita nantikan saja ya Geeks apakah Nami akan mendapatkan senjata baru atau peningkatan baru.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.