Selain menciptakan karakter seperti supervillain dan superhero, selama bertahun-tahun, DC juga telah memperkenalkan banyak sekali teknologi yang tersebar di universenya. Dari mulai teknologi yang digunakan untuk menambah kekuatan para karakternya, sampai teknologi yang keberadaannya sangat berpengaruh pada DC Universe secara keseluruhan. Dan dari semua teknologi tersebut, ada lima di antaranya yang terkenal karena kecanggihannya, di mana tidak jarang teknologi ini diperebutkan oleh para superhero dan supervillain. Teknologi apa saja yang dimaksud? Langsung saja simak di bawah ini, Geeks!

Cosmic Treadmill

Sebelum menjadi superhero yang terkenal karena kecepatan supernya, Barry Allen alias Flash adalah seorang ilmuwan yang diceritakan tersambar petir sampai akhirnya mendapatkan kekuatan super tersebut. Dan di awal petualangannya sebagai pengguna Speedforce, Flash juga ternyata sempat membuktikan kemampuannya sebagai engineer saat dia menciptakan sebuah alat yang disebut Cosmic Treadmill. Teknologi super canggih ini memungkinkan Flash untuk menembus ruang dan waktu selama dia mampu mengontrol pola pergerakan timeline yang bisa terlihat di layar treadmill-nya. Dan tentunya dengan Cosmic Treadmill ini Flash bisa tetap sehat dan bugar karena melakukan cardio setiap hari.

Purple Healing Ray 

Meskipun terlihat menjunjung tinggi adat dan tradisi wanita Amazon, ternyata para wanita tangguh di Themyscira juga sangat maju dalam bidang sains. Sepanjang sejarahnya, suku Wonder Woman ini juga telah menciptakan berbagai macam alat canggih. Selain invisible jet, Themyscira juga mempunyai teknologi kesehatan super canggih yang melebihi semua yang ada di galaksi, yaitu Purple Healing Ray. Teknologi ini memungkinkan siapa pun pasiennya dapat segera sembuh dari hampir semua luka dan penyakit, hal tersebut dibuktikan dengan beberapa orang yang sembuh dari penyakit mematikan seperti kanker.

Mother Box

Diciptakan oleh legenda komik Jack Kirby, mungkin Mother Box adalah hasil dari ide dan imajinasi Kirby terhadap telepon genggam. Pertama kali diceritakan pada tahun 70-an, di mana pada saat itu belum ada telepon genggam, Mother Box mempunyai bentuk seperti alat seukuran genggaman tangan. Fungsi utamanya adalah sebagai pusat informasi, alat komunikasi, dan juga untuk membuka portal. Itulah mengapa pada masanya, dan bahkan sampai sekarang, Mother Box dianggap sebagai salah satu teknologi super canggih yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan banyak hal. Tidak peduli di mana pun penggunanya berada, selama ada Mother Box, maka alam semesta ada di genggamannya.

Phantom Zone Projector

Diciptakan pertama kali oleh seorang ilmuwan Krypton sekaligus ayah Superman bernama Jor-El, Phantom Zone Projector adalah teknologi super canggih yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim seseorang ke pocket universe. Uniknya, Kryptonian sering menggunakan Phantom Zone Projector sebagai alat untuk mengirim penjahat terbesar mereka sekaligus mengurungnya. Alat ini dapat dengan mudah menjadi solusi kekurangan lahan yang sering terjadi di era modern seperti sekarang ini, di mana hampir semua penjara penuh sesak, khususnya di negara berkembang.

H-Dial

Meskipun bentuknya kuno, tetapi H-Dial adalah telepon yang mempunyai fungsi super canggih. Tidak ada yang tahu dari mana asalnya H-Dial ini, Robby Reed adalah orang pertama yang menemukannya. Dengan bentuknya yang seperti mesin telepon lama, H-Dial ini mempunyai kemampuan magis yang memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan kekuatan super. Ketika melakukan panggilan H-E-R-O atau H-E-R-O-I-N-E, maka penggunanya akan menjadi superhero, begitu juga ketika melakukan panggilan V-I-L-L-A-I-N maka penggunanya akan menjadi supervillain. Dan ketika dicoba melakukan panggilan O-R-E-H maka seketika penggunanya akan menjadi monster yang sangat mengerikan.

Itulah lima teknologi super canggih yang berada di DC Universe. Selama bertahun-tahun, kelima teknologi ini terbukti tidak lekang dimakan zaman, bahkan di dunia nyata sendiri ide dari teknologi ini bisa dibilang lebih maju dan akhirnya benar-benar diwujudkan, seperti smartphone yang mirip dengan Mother Box. Apakah teknologi lainnya juga akan terwujud di dunia nyata? Entahlah, yang jelas jangan meremehkan teknologi yang diceritakan di komik, karena tidak ada yang tahu mungkin suatu saat nanti akan benar-benar diwujudkan oleh para ilmuwan genius yang tersebar di seluruh dunia.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.