Setelah sukses dengan berbagai serial yang telah tayang pada tahun 2021 lalu, Marvel Studios akan melanjutkan kisah Marvel Cinematic Universe dengan salah satu tayangan yang sangat diantisipasi pada tahun ini, yaitu serial Moon Knight. Beberapa waktu lalu trailer perdana Moon Knight memperlihatkan bagaimana Steven Grant, salah satu alter ego Marc Spector (Oscar Isaac), menghadapi masalah gangguan kepribadian gandanya sampai akhirnya dia menerima “kekacauan” di kepalanya dan menjadi Moon Knight.

Selain memperlihatkan nuansa horor yang dialami Steven / Marc, trailernya juga juga mengungkap penampilan perdana Ethan Hawk sebagai villain bernama Arthur Harrow. Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya, bahwa Arthur Harrow adalah salah satu villain klasik Marvel dari komik Moon Knight, ada satu pertanda lain yang mengindikasikan bahwa dia lebih dari sekadar “Arthur Harrow”. Dia terlihat memegang tongkat berkepala buaya dan memimpin sebuah sekte yang kemungkinan besar berhubungan dengan dewa mesir bernama Sobek. Siapa sebenarnya Dewa Sobek ini dan apakah benar dia akan muncul di serial Moon Knight? Mari kita berteori, Geeks!

Dewa Buaya di Marvel Comics

Di Marvel Comics, Sobek adalah Dewa Buaya yang disembah oleh orang-orang Mesir kuno, dan bahkan oleh orang-orang modern yang biasanya tergabung dalam Crocodile Cult. Diciptakan oleh Reginald Hudlin dan Ken Lashley, Sobek melakukan debutnya di komik Black Panther Vol. 5 #3 yang dirilis pada tahun 2009. Sobek diceritakan sebagai salah satu dewa yang diciptakan oleh Dewa Elang Ra bersama Dewa Panther Bast dan Dewa Singa Sekhmet.

Sama seperti Bast yang menjadi sumber kekuatan bagi sebagian besar rakyat Wakanda, yang pada akhirnya diadaptasi oleh rajanya menjadi identitas superhero Black Panther, Sekhmet dan Sobek juga disembah oleh sebagian kecil orang-orang Wakanda, bahkan semua rakyat Wakanda tetap mengakui ketiga dewa ini walaupun hanya menyembah salah satunya. Khusus untuk Sobek, di Wakanda sendiri ada sebuah suku yang disebut Crocodile Cult, di mana anggotanya tersebar juga di seluruh dunia.

Konflik Sobek dengan Moon Knight sendiri pernah diceritakan di komik Moon Knight Vol. 8 #1-4 yang dirilis pada tahun 2006. Di era modern, Khonshu yang sama-sama dewa Mesir kuno, diceritakan menciptakan sebuah realitas semu untuk menguji Marc Spector alias Moon Knight. Di realitas tersebut, Moon Knight yang berhasil kabur dari rumah sakit jiwa sempat bertemu dan bertarung dengan Sobek yang berpakaian seperti seorang polisi New York. Dalam pertarungan singkat tersebut Sobek mengancam akan memakan Moon Knight, sebelum akhirnya dia dikalahkan oleh Moon Knight.

Pertahanan dan Serangannya Sangat Kuat

Terlepas dari pertarungannya yang singkat dengan Moon Knight, di mana itupun masih diragukan apakah yang dihadapinya benar-benar Sobek atau hanya realitas yang diciptakan oleh Khonshu, Marvel Comics sebenarnya menggambarkan Sobek sebagai salah satu yang tidak kalah hebat dari dewa-dewa Mesir lainnya. Setelah dewasa konon Sobek sudah berhenti menua dan menjadi makhluk yang abadi, setidaknya tidak akan mati jika dibunuh dengan cara biasa.

Sebagai dewa, Sobek mempunyai refleks dan kekuatan fisik super, di mana dia mampu mengangkat beban lebih dari 30 ton dengan mudah. Selain itu, dia juga mempunyai daya tahan tubuh super sebagai pertahanan, kulitnya yang keras memungkinkan dia untuk kebal dari serangan biasa. Sedangkan untuk serangan, Sobek sering mengandalkan taring dan cakarnya yang sangat tajam, serta kibasan ekornya yang sangat mematikan. Dan karena pada dasarnya dia adalah Dewa Buaya, dia tampaknya mempunyai kemampuan untuk berenang cepat, dan mengendalikan air seperti di mitologi aslinya.

Apakah Arthur Harrow adalah Dewa Sobek?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumya, trailer Moon Knight memperlihatkan Arthur sebagai villain yang disegani dan dihormati oleh banyak pengikutnya, mengindikasikan bahwa dia adalah pemimpin dari sebuah sekte. Dan dalam salah satu cuplikan trailernya, Arthur juga terlihat membawa tongkat berkepala buaya. Berdasarkan kedua petunjuk tersebut Arthur bisa saja adalah jelmaan Sobek yang mendirikan Crocodile Cult di tempat Moon Knight berada.

Sudah sejak lama memang Marvel Studios sering menggabungkan beberapa karakter komiknya menjadi satu karakter yang muncul di tayangan MCU, misalnya Lady Loki dan Enchantress yang menjadi Sylvie Laufeydottir di serial Loki, atau Shuma-Gorath atau Gargantos yang nanti muncul di film Doctor Strange 2. Jadi bukan tidak mungkin karakter Arthur Harrow dan Sobek akan digabungkan menjadi villain utama yang akan dihadapi oleh Moon Knight.

Mungkin juga Arthur / Sobek yang muncul di serialnya nanti adalah realitas atau minion dari Khonshu sendiri, di mana dia adalah dalang sebenarnya agar Marc / Steven mau menerima takdirnya sebagai Moon Knight. Hal tersebut terbukti ketika trailernya memperlihatkan Arthur yang mengatakan pada Steven untuk menerima “kekacauan” yang ada di kepalanya, di mana pada akhirnya Steven terlihat berubah menjadi Moon Knight.

Itulah pembahasan mengenai Dewa Sobek dan kemungkinannya untuk muncul sebagai villain Moon Knight melalui karakter Arthur Harrow. Dengan teori ini, sepertinya akan menarik jika benar nantinya Moon Knight, yang merupakan avatar Khonshu, bertarung dengan dewa mesir lain seperti Sobek. Bagaimana menurut kalian, Geeks? Kita nantikan saja kebenarannya di serial Moon Knight yang dijadwalkan tayang di saluran streaming Disney+ pada 30 Maret 2022.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.