Eiichiro Oda sepertinya sudah mempersiapkan matang-matang semua hal yang berkaitan dengan seri One Piece. Semua hal mulai dari karakter kunci/karakter utama, setting, dan alur cerita untuk seri One Piece sudah dipersiapkan dan dikerjakan secara detil sejak tahun 1997. Dengan semua hal dikerjakan oleh Oda Sensei sendiri, artinya Oda memiliki kesempatan untuk melakukan apa pun termasuk memasukan karakter “unik” dalam ceritanya.

Oda Sensei dengan sengaja memasukan satu sosok figuran bernama Pandaman yang mungkin pada awalnya tidak diperhatikan oleh para fans. Baru setelah beberapa waktu berjalan, para fans mulai menyadari sosok Pandaman dalam berbagai momen yang ada. Pandaman merupakan sosok karakter figuran dalam cerita One Piece, yang banyak dicari keberadaanya oleh para fans.

Oda sering kali memunculkan karakter Pandaman sebagai karakter yang mungkin tidak banyak disadari oleh para fans. Namun, meskipun Pandaman muncul di hampir semua cerita, dia tidak memiliki pengaruh atau efek apa pun terhadap para karakter atau pun ceritanya. Bisa dibilang sosok Pandaman hanya muncul untuk bersenang-senang tanpa memikirkan apa pun.

Desain awal dari Pandaman sebenarnya bukan berasal dari seri One Piece. Pada 1998, Oda Sensei membuat sosok Pandaman sebagai sebuah karakter untuk buku tribut berjudul Kinnikuman 77 Mysteries. Dan sejak saat itulah Oda Sensei kemudian menggunakan kembali sosok Pandaman untuk cerita One Piece sebagai cameo atau figuran.

Untuk mencari keberadaan sosok Pandaman dalam cerita, ada beberapa hal yang bisa diperhatikan. Pandaman memiliki ciri khas pada bagian kepalanya yang mana kepalanya memang merupakan kepala panda, lengkap dengan mata hitam bulat dan juga telinga dan mulutnya. Sosok Pandaman akan lebih mudah ditemukan dalam versi anime, karena warna dari desain karakternya sangat kontras.

Selain dari bentuk kepalanya, sosok Pandaman juga bisa dicari dengan menemukan sosok yang memiliki tulisan “PANDA” di dahinya. Untuk tubuh Pandaman sendiri sebenarnya tidak beda dengan tubuh manusia pada umumnya. Namun, meskipun tubunya diperlihatkan dipenuhi otot, Oda Sensei sendiri pernah menggambarkan sosok Pandaman dalam tubuh yang kurus. Tujuannya adalah agar Pandaman sulit ditemukan.

Di bagian dada tubuh Pandaman terdapat dua gambar atau tato berbentuk hati. Dan karena dia diperlihatkan tidak pernah mengenakan pakaian, maka para fans bisa dengan mudah melihat ciri-ciri tersebut. Bagian lengannya berwarna hitam dengan tato bambu dan daun bambu di bagian sikutnya. Untuk mempersulit para fans mencari Pandaman, Oda Sensei sering menghadirkan sosoknya di tengah-tengah kerumunan atau sekumpulan orang.

Seperti yang disebutkan di atas, salah satu cara untuk bisa menemukannya adalah dengan memperhatikan bagian kepalanya atau Geeks bisa memperhatikan pada bagian ujung dari sebuah panel. Sosok Pandaman pertama kali muncul di manganya dalam chapter 44. Sedangkan dalam versi anime, Pandaman muncul di episode 16. Buat Geeks yang ingin mulai mencari Pandaman, bisa mulai mencari dari episode dan chapter tersebut.

Dengan kepopuleran Pandaman di kalangan fans, Oda Sensei kemudian menghadirkan karakter figuran lainnya dalam cerita. Contohnya adalah Pandawoman yang muncul di Amazon Lilly. Dia muncul di chapter 517 dan episode 409. Yang membedakan Pandawoman dari Pandaman adalah Pandawoman memiliki tubuh yang feminin dan kunci pada bagian atasnya.

Oda Sensei pun memperkenalkan Tomato Gang, seorang penagih hutang yang uangnya dipinjam oleh Pandaman. Namun, Pandaman berusaha kabur dari kejaran Tomato Gang karena tidak mau membayar hutangnya. Tomato Gang memiliki wajah yang oval dengan rambut yang bergelombang. Pada wajahnya terdapat kumis yang melengkung dan diperlihatkan menggunakan jas, sambil memegang Konbu-maki.

Berbeda dengan Pandaman, Tomato Gang hanya muncul di manganya. Dia muncul di chapter 179. Karakter figuran lainnya yang muncul adalah Unforgivable Mask, sosok yang membantu Tomato Gang. Unforgivable Mask diperlihatkan menggunakan topeng berbentuk panda, celana renang hitam, dan sepatu boots. Unforgivable Mask tidak muncul di anime atau manganya, melainkan di media lain seperti One Piece Color Walk 2.

Selain para karakter figuran di atas, Oda Sensei juga menghadirkan berbagai karakter cameo lainnya namun tidak memiliki koneksi dengan Pandaman. Sampai sejauh ini, Pandaman sudah muncul sebanyak 263 kali di manganya dan 108 kali dalam versi animenya. Pandaman juga sering muncul di berbagai medium lainnya. Apakah kalian pernah menemukan Pandaman dalam manga atau animenya, Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.