Ada banyak sekali ilmuwan genius yang pernah diceritakan di Marvel Universe, dari mulai ilmuwan yang mendedikasikan hidupnya untuk kebaikan, maupun ilmuwan gila yang tidak akan segan-segan mengorbankan orang lain untuk tujuan pribadinya. Dari sekian banyak ilmuwan Marvel tersebut, kali ini secara khusus akan kita bahas para ilmuwan yang “bermain-main” dengan genetik makhluk hidup, di mana pada akhirnya mereka bertindak seperti dewa bahkan tuhan, karena berhasil menciptakan makhluk baru di Marvel Universe. Siapa saja ilmuwan yang terkenal atas prestasinya gilanya ini? Simak di bawah ini, Geeks!

Apocalypse Menciptakan Banyak Mutan

Apocalypse memang tidak mengklaim dirinya sebagai ilmuwan, tetapi dalam sejarah awalnya dia telah beberapa kali melakukan penelitian terhadap gen manusia dan mutan untuk menciptakan gen baru yang bisa berguna untuknya suatu hari nanti. Bahkan dalam upayanya tersebut, dia dipercaya oleh Celestial yang memang pada dasarnya sangat terobsesi dengan genetik suatu makhluk. Dengan alat pemberian Celestial, Apocalypse telah terbukti sukses dengan membuat Mister Sinister menjadi abadi, kemudian membuat adamantium masuk ke tubuh Wolverine, dan membuat Angel menjadi Archangel yang lebih sakti.

Beast Bisa Memusnahkan Ras Skrull

Seperti yang kita tahu, Beast adalah salah satu ilmuwan paling genius di Marvel Universe dan merupakan andalan para mutan di tim X-Men. Ada banyak sekali pencapaian yang telah diraih oleh Beast dalam memanipulasi genetik makhluk hidup, dari mulai yang baik sampai yang buruk sekalipun. Salah satu hasil percobaan genetik yang pertamanya adalah dengan membuat tubuhnya sembuh dari penyakit genetik yang disebut Legacy Virus, sayangnya, hal tersebut memberikan efek samping dengan membuat tubuhnya menjadi berwarna biru.

Percobaan genetik lainnya yang pernah dilakukan oleh Beast adalah dengan memanipulasi genetik Skrull, sehingga dia bisa dengan mudah memusnahkan seluruh populasi Skrull jika mau. Pada titik ini, Beast dianggap sebagai sosok yang bertindak sebagai dewa yang bisa menghancurkan satu populasi penuh Skrull hanya dengan mengubah genetik dasarnya.

Jackal Mengkloning Peter Parker

Dari sekian banyak karakter di Marvel Universe, Jackal adalah karakter pertama yang melakukan kloning dan efek yang ditimbulkannya sangat berdampak sampai sekarang. Jackal adalah musuh Spider-Man yang membuat banyak kloning Peter Parker. Dan yang lebih gilanya lagi, Jackal bahkan mengupayakan agar kloningnya mempunyai penampilan dan juga ingatan yang sama seperti Peter. Ada beberapa produk kloningnya yang bahkan masih terkenal sampai sekarang, termasuk Ben Reilly alias Spider-Man Beyond dan juga Kaine Parker alias Scarlet Spider. Selain mereka berdua, masih ada banyak hasil ekperimen Jackal yang menyamai kuasa para dewa di Marvel Universe.

High Evolutionary Menciptakan Banyak Makhluk Baru

Dari semua karakter yang bertindak sebagai dewa di daftar ini, tidak diragukan lagi bahwa High Evolutionary berada pada urutan teratas. Hal tersebut karena dia telah berhasil menciptakan banyak sekali makhluk hidup baru di Marvel Universe. Awalnya Herbert Edgar Wyndham adalah seorang manusia biasa yang pada akhirnya bermutasi menjadi artificial intelligence. Sejak saat itu dia menjadi sosok yang sangat genius dan mulai merasa dirinya sebagai tuhan.

Untuk membuktikan klaimnya tersebut dia membuat Bom Evolusi yang bisa membuat semua makhluk Bumi mencapai evolusi tertingginya. Kemudian prestasi lainnya, dia juga berhasil membuat banyak binatang menjadi lebih cerdas dan juga kuat dari yang seharusnya, salah satu hasil ekperimennya ini adalah Rocket Racoon dari Guardians of the Galaxy.

Mister Sinister Mengkloning Cyclops

Seperti yang dibahas sebelumnya, Mister Sinister adalah salah satu “ciptaan” Apocalypse yang terbukti berhasil. Dan hal tersebut pada akhirnya membuat Mister Sinister, yang memang sejak awal mempunyai obsesi terhadap kloning, mulai melancarkan berbagai ekperimen lainnya yang lebih menentang kehendak tuhan. Dia mencoba mengambil sampel DNA Scott Summer alias Cyclops untuk melakukan sebuah kloning baru. Karena dia juga ahli dalam bidang genetik, Mister Sinister kemudian menggabungkan kloning Cyclops yang baru dengan genetik yang sudah dia ubah sebelumnya. Hasilnya, dia berhasil menciptakan kloning Cyclops dengan sebagian tubuhnya yang seperti monster.

Itulah lima ilmuwan yang bertindak sebagai dewa dengan menciptakan banyak makhuk hidup baru di Marvel Universe. Jarang sekali ada karakter Marvel yang sampai bertindak sejauh yang pernah dilakukan oleh lima karakter ini, bahkan bagi Tony Stark dan Reed Richards yang genius sekalipun, mereka tidak pernah berpikir untuk melakukan sesuatu yang melebihi kehendak tuhan dengan mengubah genetik atau DNA seseorang. Bagaimana menurut kalian, Geeks, apakah kelima karakter ini layak untuk disebut “dewa” karena penciptaannya?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.