Meskipun angkatan laut memiliki tugas untuk menjaga kedamaian dengan menangkap para bajak laut yang berbuat onar dalam cerita di seri One Piece, tetapi tidak selamanya mereka sanggup untuk menangkap para bajak laut tersebut dengan berbagai alasan. Contohnya adalah kekuatan armada yang tidak cukup. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka Pemerintah Dunia kemudian membentuk sebuah sistem organisasi lainnya yaitu Shichibukai atau tujuh penguasa lautan.

Sempat menguasai lautan selama beberapa lama, sistem ini kemudian dibubarkan dalam peristiwa Reverie kemarin. Para penguasa beralasan bahwa sistem Shichibukai sudah tidak diperlukan lagi dan mereka justru menjadi ancaman besar. Dengan mereka yang kembali menjadi bajak laut, artinya nilai buruan mereka juga kembali aktif. Lalu, berapa kira-kira nilai buruan mereka saat ini?

Bartholomew Kuma – 296 Juta Belly

Kuma merupakan bagian dari Shichibukai sekaligus juga Pasukan Revolusi. Kuma memiliki kekuatan dari buah iblis Niku Nikyu, di mana dia mampu menahan serangan musuh dengan mudah. Dengan kekuatan ini juga Kuma bisa “mengirim” orang kemana pun yang dia inginkan. Misalnya ketika dia mengirimkan seluruh kru Topi Jerami ke berbagai tempat sebelum time-skip terjadi.

Bartholomew Kuma adalah sosok yang misterius dan masih banyak pertanyaan terkait dengan karakter ini, terutama mengapa dia bisa berada di bawah kendali Pemerintah Dunia. Saat ini, diketahui Kuma menjadi budak dari Pemerintah Dunia, dan mereka mengendalikan penuh sosok Kuma yang dikabarkan akan menjadi Pacifista buatan Vegapunk. Nilai buruan Kuma sendiri kemungkinan tidak akan berubah dari sebelumnya.

Buggy – 500 Juta Belly

Buggy dahulu merupakan kru biasa di kapal Roger bersama dengan Shanks. Tetapi, setelah kru Roger dibubarkan Buggy mulai membangun namanya sendiri dengan membentuk kelompok bajak lautnya. Buggy juga sangat tergila-gila dengan harta karun serta kekuasaan dan kepopuleran.

Sebenarnya, nilai buruan di angka 500 juta Belly bisa dibilang terlalu besar bagi sosok Buggy. Hal ini dikarenakan tidak ada momen atau sesuatu yang fenomenal yang dilakukan oleh Buggy selama ini. Mungkin pihak angkatan laut mempertimbangkan masa lalu Buggy yang merupakan mantan kru Roger, serta memiliki kedekatan dengan salah satu Yonko, Shanks, juga Buggy adalah salah satu tahanan yang berhasil lolos dari Impel Down.

Boa Hancock – 750 Juta Belly

Boa Hancock adalah pemimpin dari sebuah wilayah yang melarang adanya kaum laki-laki, yaitu Amazon Lilly. Boa Hancock diperlihatkan memiliki kekuatan yang sangat luar biasa, meskipun dia adalah perempuan. Dia juga merupakan petarung yang sangat dahsyat. Seperti halnya para suku Kuja lainnya, Hancock juga merupakan pengguna Haki. Selain Haki, Hancock merupakan pemiliki buah iblis Mero Mero.

Dia bisa mengubah seseorang menjadi batu. Sampai sejauh ini, memang belum diperlihatkan bagaimana kekuatan yang sebenarnya dari Hancock. Hancock diketahui mampu menghancurkan Pacifista dengan hanya satu kali serangan. Juga dia mampu menahan sosok Smoker dengan mudah. Seperti halnya Mihawk, Boa Hancock justru menanti kedatangan angkatan laut yang hendak menangkapnya.

Edward Weevil – 900 Juta Belly

Sosok karakter yang mengaku-ngaku dirinya merupakan anak dari Whitebeard. Saat time-skip terjadi, Weevil kemudian diangkat oleh angkatan laut menjadi salah satu Shichibukai. Nilai buruan Weevil sebelum menjadi Shichibukai adalah 480 juta Belly. Saat time-skip terjadi, Weevil sempat menghancurkan 15 kru bajak laut yang berada di bawah nama Whitebeard.

Hanya dalam waktu dua tahun, Weevil berhasil meraih namanya dan dikenal di seluruh lautan. Setelah sistem Shichibukai dihilangkan, dia harus menghadapi ancaman angkatan laut. Kizaru sempat mengatakan bahwa level kekuatan Weevil sama seperti Whitebeard ketika dia masih muda. Dengan semua kekuatan dan kemampuan yang dia miliki, kemungkinan nilai buruan Weevil akan meningkat sampai 900 juta – 1 milliar Belly.

Dracule Mihawk – 1,5 Milliar Belly

Dracule Mihawk sendiri sekarang adalah penyandang gelar ahli pedang terkuat di dunia. Setelah kemudian Pemerintah Dunia membubarkan sistem Shichibuai, Mihawk kini diincar oleh angkatan laut. Dengan titelnya sebagai ahli pedang terkuat didunia, Mihawk tentu memiliki kekuatan yang dahsyat. Dan banyak fans yang menduga bahwa Mihawk akan menghancurkan semua pasukan angkatan laut yang menyerangnya.

Meskipun Mihawk “hanya” mantan Shichibukai, tetapi kenyataanya level kekuatannya bisa setara dengan seorang Yonko. Buktinya adalah dia pernah bertarung melawan Shanks, dan berhasil menyamai level kekuatannya. Sudah sejak lama Shanks menjadi rival bagi Mihawk. Bahkan, Whitebeard pun mengakui rivalitas mereka. Dengan semua kelebihan yang dimiliki, Mihawk mungkin akan memiliki nilai buruan yang mencapai 1,5 – 2 milliar Belly.

Dengan bubarnya sistem Shichibukai, para bajak laut yang masuk dalam sistem ini harus kembali ke “jati diri” mereka sebenarnya. Peningkatan nilai buruan menjadi sesuatu hal yang pasti, karena sudah ada banyak hal yang mereka lakukan selama menjadi Shichibukai. Peningkatan nilai buruan ini artinya sama dengan peningkatan ancaman bagi Pemerintah Dunia. Apakah mereka akan mampu ditangkap pihak angkatan laut?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.