DC Universe adalah semesta yang sangat luas, di dalamnya ada banyak sekali makhluk hidup yang diceritakan mempunyai keunikannya masing-masing. Lebih dari sekadar Bumi, DC Universe sendiri terbentang sangat luas sampai ke ujung alam semesta, dari mulai planet Mars yang paling dekat dengan Bumi, sampai planet Apokolips yang letaknya berada di luar galaksi Bima Sakti, di mana semua planet tersebut berdiri sendiri menjadi habitat bagi para ras alien yang sangat beragam. Dan dari sekian banyak alien di DC Universe, lima di antaranya terkenal sangat kuat. Ras alien apa saja itu? Simak di bawah ini, Geeks.

Kryptonian

Sebenarnya ketika Kryptonian berada di planet Krypton, mereka hanya lah ras alien biasa yang sama seperti manusia, yaitu mengandalkan teknologi untuk kegiatan sehari-harinya. Namun, ketika mereka masuk ke galaksi Bima Sakti, seperti yang dibuktikan oleh Kal-El alias Superman, para Kryptonian ini berubah menjadi sangat kuat setelah menyerap energi dari matahari kuning. Kekuatan, kecepatan, dan kemampuan hebat para Kryptonian ini sangat ditentukan oleh seberapa banyak energi yang mereka serap. Jadi, selama Kryptonian ini bisa memanfaatkan energi matahari, maka bisa dibilang mereka mempunyai kemampuan yang tidak terbatas.

Daxamite

Pada dasarnya Daxamite adalah cabang dari ras Kryptonian yang diceritakan lebih memilih meninggalkan planet asalnya dan memulai hidup baru di planet lain. Itulah mengapa ketika seorang Daxamite, seperti superhero Mon-El, merasakan energi matahari kuning di galaksi Bima sakti, mereka menjadi sosok yang bisa terbang, mempunyai kemampuan fisik super, panca indra super, bisa mengeluarkan heat vision, napas es, dan masih banyak lagi. Yang membedakan Daxamite dengan Kryptonian adalah mereka mempunyai kelemahan yang sangat fatal, yaitu timah. Namun, selama timah tidak mengenai seorang Daxamite, mereka bisa lebih hebat dari Kryptonian.

Mongul 

Sebagai makhluk yang agresif, Mongul adalah ras alien yang sering berkeliling galaksi menggunakan planet buatan mereka, yaitu Warworld, untuk menginvasi planet-planet lain di DC Universe. Dari segi kekuatan saja, seorang Mongul bisa dengan mudah menyaingi Kryptonian dan Daxamite, apalagi dengan ditambah teknologi mereka yang jauh lebih canggih dari apa pun yang di Bumi. Dengan umur ras Mongul yang sangat panjang, dan juga populasinya yang sangat besar, ras Mongul bukan hanya menjadi ancaman bagi Bumi saja, tetapi juga bagi seluruh galaksi. Karena selama mereka belum musnah, Mongul akan terus berkembang dan berkeliling galaksi untuk menciptakan kekacauan di planet lain.

New God

Berasal dari semesta yang sangat jauh, New God adalah ras alien yang diceritakan menduduki sebuah planet mengerikan yang disebut Apokolips di galaksi Fourth World. Karena lokasi planetnya yang berada cukup dekat dengan Source, sisa-sisa penciptaan alam semesta, New God berkembang sebagai ras yang nyaris sempurna. Seperti yang bisa dilihat dalam diri Darkseid, seorang New God mempunyai kekuatan yang sangat tangguh, begitu juga dengan kecepatan dan juga kegeniusannya. Meskipun mereka lemah terhadap sebuah elemen yang disebut Radion, tetapi dari segi kekuatan, sudah sangat jelas bahwa tidak ada yang bisa menyaingi ras New God.

Oan

Oan adalah ras kuno yang telah hidup sejak lama di DC Universe. Selama itu juga, mereka mempelajari dan juga menciptakan banyak teknologi yang kecanggihannya sudah bisa melebih zamannya. Sebagai ras yang mendedikasikan hidupnya untuk keselamatan alam semesta, Oan kemudian mengganti nama ras mereka dengan sebutan Guardians of the Universe. Walapun dari segi kekuatan, ras Oan tidak begitu menonjol, tetapi mereka dikenal juga sebagai pusat ilmu pengetahuan di alam semesta, di mana salah satu ciptaannya yang paling canggih adalah Green Lantern Corps yang pertama kali mereka ciptakan di planet asal mereka, Oa.

Itulah lima ras alien paling kuat di DC Universe. Kehadiran mereka di DC Comics sering sering digambarkan sebagai bagian penting dalam cerita, misalnya seperti Oan yang menciptakan Green Lantern Corps di mana Hal Jordan menjadi salah satu anggotanya, kemudian New God yang sering menjadi ancaman bagi Bumi khususnya Darkseid yang sering bertarung dengan Justice League, dan sebagainya. Berdasarkan pentingnya kelima ras ini, bisa disimpulkan bahwa selain kuat, mereka juga mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap semestanya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.