Dalam beberapa chapter terakhir, Conqueror Haki sepertinya sudah menjadi salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh para bajak laut dalam cerita One Piece. Conqueror Haki adalah kemampuan yang mana akan membuat Luffy mampu untuk mengalahkan Kaido, dan Conqueror Haki jugalah yang akhirnya membuat Zoro mampu memenangkan pertarungan melawan King.

Untuk sesuatu hal yang sangat penting di serinya sejauh ini dan juga yang akan datang, Oda Sensei masih belum banyak memberikan informasi terkait Conqueror Haki. Informasi yang diketahui tentang Haki tersebut adalah Conqueror Haki merupakan salah satu jenis Haki yang hanya dimiliki oleh sedikit orang saja. Karena itulah pemilik kekuatan ini sangatlah langka.

Silvers Rayleigh sendiri pernah menyatakan bahwa Conqueror Haki tidak bisa didapatkan atau dibangkitkan melalui latihan. Namun, terdapat sebuah pertanyaan besar yang muncul terkait dengan hal ini. Jika Conqueror Haki tidak bisa didapatkan melalui latihan, apakah kemudian Conqueror Haki bisa diwariskan kepada pengguna atau generasi selanjutnya?

Bukti Pendukung

Ada salah satu bukti yang bisa mendukung bahwa Conqueror Haki bisa diwariskan kepada generasi selanjutnya, melalui hubungan orang tua. Dua contoh dari kasus ini adalah Kaido yang mewariskan kemampuan tersebut kepada Yamato dan juga Gol D. Roger yang mewariskan kekuatannya kepada Portgas D. Ace. Yamato dan Ace diketahui memiliki kemampuan Conqueror Haki dalam ceritanya.

Ketika Yamato saling bertarung dengan Kaido di atas atap istana kaido, kita bisa melihat bagaimana kilatan hitam muncul di sekeliling mereka yang mengindikasikan keduanya menggunakan Conqueror Haki. Bukan hanya itu, mereka berdua adalah pengguna Advanced Conqueror Haki. Meskipun hal tersebut bisa saja merupakan sebuah ketidak sengajaan, namun hal ini bisa menjadi bukti bahwa Conqueror Haki dapat diwariskan.

Gol D. Roger dan Ace menjadi contoh lainnya dari teori ini. Roger merupakan pengguna Conqueror Haki terkuat saat ini, yang mana bahkan Roger mampu menandingi kekuatan Whitebeard dan mengalahkan sosok Kozuki Oden. Ace diperlihatkan pernah menggunakan Conqueror Haki saat masih kecil, ketika dia melindungi Luffy dari para penjahat.

Sayangnya, jika Roger berhasil membuka Conqueror Hakinya ke level selanjutnya, Ace nampaknya tidak memiliki atau tidak berhasil membangkitkan kemampuan Haki tersebut ke level selanjutnya. Bagaimana dengan Luffy? Meskipun masih belum dikonfirmasi bahwa orang tua Luffy memiliki Haki tersebut, Ivankov dan Garp sepertinya memiliki kemampuan Conqueror Haki.

Bahkan, banyak yang menduga bahwa semua kekuatan yang dimiliki Luffy memang berasal dari orang tuanya dan juga kakeknya. Ivankov sendiri menyatakan bahwa Luffy memang tidak berbeda jauh dari sang ayah, Dragon. Dengan Ivankov yang mengenal sosok Dragon dengan baik, dan mengatakan bahwa Luffy mirip dengan Dragon, artinya ada kemungkinan Dragon pun memiliki Conqueror Haki.

Bukti Yang Menolak

Salah satu hal yang bisa menolak atau membantah berbagai bukti pendukung di atas adalah sampai sejauh ini kita masih belum banyak menerima informasi pasti mengenai Conqueror Haki. Sehingga, tidak diketahui apakah ada aturan atau hal-hal tertentu dalam hal penggunaan Haki, seperti pewarisan Haki ini. Selain itu, ada dua bukti lainnya yang bisa membantah bukti di atas.

Dua bukti tersebut adalah Donquixote Doflamingo dan Rosinante. Meskipun Doffy diketahui berhasil membangkitkan Conqueror Hakinya saat dia masih kecil, sayangnya tidak ada bukti nyata bahwa pendahulunya atau leluhurnya juga memiliki kemampuan tersebut. Donquixote Homing, ayah dari Rosinante dan Dofy, diketahui tidak memiliki kemampuan Haki apa pun.

Bagaimana mungkin Doflamingo mampu membangkitkan kemampuan Haki, sedangkan Rosinante tidak? Tidak konsistennya hal tersebut menjadi bukti yang menolak bahwa Conqueror Haki bisa diwariskan. Momen Zoro yang membangkitkan Conqueror Haki dalam pertempuran di Onigashima, memunculkan problem tersendiri bagi teorinya. Meskipun cerita masa lalu Zoro sempat dihadirkan, namun keluarga Zoro sendiri masih belum dietahui.

Hal yang sama juga bisa diaplikasikan kepada pengguna lainnya, yang tidak diketahui apakah mereka mendapatkan kekuatan Conqueror Haki dari kedua orang tuanya atau melalui cara lain. Mereka adalah Kaido, Big Mom, Whitebeard, dan Roger.

Kesimpulan

Untuk saat ini, pertanyaan apakah Conqueror Haki memang bisa diwariskan masih belum bisa dijawab dengan jelas. Meskipun kurangnya bukti yang mendukung teori tersebut dan tidak konsistennya bukti-bukti pendukung lain yang muncul dalam ceritanya, memang ada kemungkinan bahwa Conqueror Haki bisa diwariskan kepada generasi selanjutnya, meskipun semuanya masih bersifat spekulasi. Perlu ada penjelasan lebih lanjut dan informasi lainnya mengenai Conqueror Haki, sehingga pertanyaan tersebut bisa terjawab dengan jelas.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.