Serial The Book of Boba Feet episode minggu ini bisa dibilang juga sebagai “The Book of Din Djarin”, mengingat episode 5 kali ini sepenuhnya menceritakan petualangan Din Djarin alias Mando, sebelum dia kembali ke planet Tatooine dan bergabung dengan Boba Fett untuk bertempur melawan Pyke. Di episode 5 yang berjudul “Return of the Mandalorian”, Mando bereuni kembali dengan dua Mandalorian, salah satunya adalah Armorer yang sebelumnya menciptakan armor beskar untuk Mando.

Setelah membicarakan bagaimana dia mendapatkan Darksaber dan tombak beskar, Mando ditawari oleh Armorer untuk melelehkan tombaknya, karena Darksaber dianggap lebih cocok untuknya. Mando mengatakan memang dia sudah berniat seperti itu, dan meminta Armorer untuk membuatkan “sesuatu” untuk Grogu alias Baby Yoda dari tombak beskar tersebut. Setelah penempaan selesai, Armorer langsung membungkusnya dan memberikannya pada Mando. Apa sebenarnya yang ada di dalam bungkusan tersebut?

Besi Beskar Tidak Bisa Ditembus Lightsaber

Sejak muncul di serial The Mandalorian, Armorer diceritakan bisa menempa logam apapun dan mengubahnya menjadi armor atau alat yang berguna untuk seorang Mandalorian, khususnya logam beskar. Di episode 5, Mando meminta tolong pada Armorer untuk membuatkan sesuatu yang bisa melindungi Grogu. Saat menempa tombak beskar milik Mando, Armorer memperingati Mando bahwa apa yang dilakukannya untuk Grogu justru bisa menjadi penghalang bagi Grogu karena Jedi diajarkan untuk melepaskan keterikatan pada siapa pun. Walaupun begitu, Mando tetap bersikeras untuk melanjutkannya.

Kemungkinan besar hal tersebut dilakukan olehnya karena Mando sangat menyayangi Grogu, dan karena sebelumnya dia juga terluka oleh Darksaber-nya sendiri, Mando tidak ingin Grogu yang nantinya menjadi Jedi akan mengalami hal serupa, yaitu terluka oleh lightsaber. Apa pun nantinya yang diberikan oleh Mando kepada Grogu, yang jelas hadiah tersebut akan bisa melindunginya dari lightsaber, karena beskar adalah logam yang sangat kuat dan tidak bisa ditembus oleh lightsaber apalagi hanya sekadar blaster biasa.

Beskar sendiri adalah logam yang sering disebut juga sebagai logam Mandalorian. Fungsi utamanya sendiri sering digunakan sebagai bahan untuk membuat armor Mandalorian yang terkenal karena daya tahannya terhadap bentuk kerusakan yang ekstrem. Dengan hadiah yang terbuat dari logam beskar ini, mungkin Mando berharap Grogu bisa terlindungi walaupun tidak ada dia disampingnya.

Hadiah seperti Apa yang Dibuatkan untuk Grogu?

Setelah tombak beskar berhasil ditempa untuk dijadikan “sesuatu”, penonton tidak diperlihatkan apa yang ada di dalam bungkusan berbentuk kepala Baby Yoda tersebut. Namun, berbagai spekulasi menyebutkan bahwa hadiah yang disiapkan oleh Mando adalah semacam armor beskar, tetapi tidak diketahui armor bagian mana, mengingat bentuk bungkusannya yang sangat kecil. Mungkin armor tersebut adalah pelindung kaki, karena sebelumnya Mando melukai kakinya sendiri dengan Darksaber-nya.

Atau bisa juga armor tersebut adalah pelindung dada yang mempunyai lambang Mudhorn seperti milik Mando, di mana hal tersebut dipercaya bisa melindungi penggunanya sekaligus menjadi penyemangat ketika bertarung. Kemungkinan lainnya, hadiah yang ditempa dari logam beskar tersebut bisa saja adalah jetpack mini, yang bentuknya mirip seperti jetpack Mando. Sepertinya akan menarik melihat Grogu yang menggemaskan mengenakan jetpack yang membuatnya bisa terbang.

Itulah pembahasan mengenai kemungkinan hadiah apa yang disiapkan oleh Mando untuk Grogu. Terlepas dari apa pun bentuknya nanti, sangat jelas bahwa hadiahnya terbuat dari logam beskar yang tidak bisa ditembus oleh goresan lightsaber dan hantaman proyektil blaster. Di ending episode 5, ketika Fennec Shand merekrut Mando untuk menjadi tetara bayaran Boba Fett, Mando menolak uang kreditnya dan berkata bahwa dia akan melakukannya secara gratis setelah dia memberikan hadiahnya kepada Grogu. Jadi kita lihat saja nanti ya, Geeks, apa sebenarnya yang ada di dalam bungkusan tersebut.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.