Sama seperti kebanyakan media komik lainnya, DC juga telah menciptakan banyak sekali superhero sebagai salah satu bentuk perwujudan dari harapan manusia di dalam kisah-kisahnya. Banyak yang percaya bahwa dengan kemampuan super yang mereka miliki, para superhero ini mempunyai taggung jawab besar untuk melindungi Bumi dan bahaya DC Universe secara keseluruhan, di mana hal tersebut tidak jarang ada di luar kendali mereka dan pada akhirnya membuat mereka harus rela mengorbankan dirinya. Dari sekian banyak pengorbanan di DC Universe, lima di antaranya terkenal di kalangan penggemar sebagai kematian yang paling heroik. Pengorbanan apa saja itu? Simak di bawah ini, Geeks

Flash

Dalam kisah Crisis on Infinity Earths, diceritakan bahwa supervillain bernama Anti-Monitor menciptakan sebuah meriam anti materi untuk menghancurkan multiverse. Barry Allen alias Flash yang pada saat itu hampir pensiun dan berencana untuk hidup bersama istrinya yang bernama Iris Allen, memutuskan untuk melakukan misi terakhir dengan menghancurkan meriam milik Anti-Monitor tersebut. Sebelum Flash sempat menghancurkan meriamnya, ternyata Anti-Monitor lebih dahulu menembakannya, membuat Flash berlari menyusul pelurunya dan menjadikan tubuhnya sebagai target, seketika tubuh Flash langsung hancur dan hanya menyisakan kostumnya.

Supergirl

Masih dengan kisah yang sama, Crisis on Infinite Earths, ketika Anti-Monitor berhasil memusnahkan banyak universe dan hanya menyisakan 5 dunia saja, para pahlawan di lima dunia diceritakan saling bekerja sama untuk mencari dan mengalahkan Anti-Monitor. Dalam prosesnya, Superman yang berusaha untuk mengalahkan Anti-Monitor seorang diri justru dibuat babak belur oleh Anti-Monitor. Sebagai sepupu Superman, Supergirl yang marah melihat Superman dipukuli, kemudian menyelamatkannya dan berusaha melawan Anti-Monitor seorang diri juga, sayangnya, supervillain tersebut terlalu kuat dan Supergirl pun akhirnya tewas dibunuh oleh Anti-Monitor.

Superman

Ketika supervillain kuat bernama Doomsday mengamuk di Kota Metropolis, tepatnya di kisah “Death of Superman”, para Justice League diceritakan berusaha sekuat tenaga untuk menghalanginya. Namun, upaya tersebut sia-sia, karena superhero lain tidak ada yang bisa menahannya kecuali Superman. Pada akhirnya Superman memutuskan untuk bertarung melawan Doomsday sendirian sambil melindungi Kota Metropolis. Pukulan, tendangan, dan lemparan mereka luncurkan satu sama lain, sampai akhirnya serangan final berhasil membuat Doomsday mati. Sayangnya, Superman yang juga menderita luka cukup serius pada akhirnya mati di pangkuan Lois Lane.

Doom Patrol

Doom Patrol adalah tim superhero DC yang diceritakan dibenci oleh orang-orang disekitarnya karena mempunyai kemampuan dan penampilan yang aneh. Di komik Doom Patrol #121, diceritakan bahwa tim superhero ini ditangkap oleh supervillain bernama Captain Zahl. Dengan rencana jahatnya, Zahl mengikat para anggota Doom Patrol di sebuah pulau yang dipenuhi dengan bahan peledak, dan menyuruh mereka untuk memilih antara keselamatan mereka sendiri atau keselamatan sebuah desa kecil di pulau sebrang yang juga telah dia pasangi bom. Doom Patrol sepakat untuk menyelamatkan warga desa dan membiarkan diri mereka meledak dengan sangat heroik.

Superboy

Di kisah Infinite Crisis, Alexander Luthor dan Superboy Prime yang berasal dari universe alternatif diceritakan menyerang universe utama dengan membawa Cosmic Tuning Fork, alat yang dipakai untuk menggabungkan multiverse menjadi satu universe “sempurna”. Mengetahui bahwa dirinya tidak bisa mengalahkan Luthor dan versi dirinya yang lebih kuat sendirian, Superboy kemudian memancing emosi Superboy Prime agar memukulinya dan melemparkannya pada Cosmic Tuning Fork. Seketika alat tersebut hancur, dan Superboy tewas setelah berhasil menyelamatkan multiverse dengan pengorbanan heroiknya.

Itulah lima kematian paling heroik yang pernah dilakukan oleh superhero DC. Walaupun pada akhirnya kelima karakter ini dibangkitkan kembali, tetapi pengorbanan mereka akan terus diingat oleh para penggemar sebagai bagian dari sejarah kelam DC, khususnya di era sebelum Crisis on Infinity Earths. Yang pada akhirnya kematian mereka banyak berdampak kepada superhero lain, dan tidak jarang juga justru malah melahirkan superhero baru, misalnya seperti kematian Flash yang pada akhirnya membuat Wally West menjadi Flash selanjutnya. Bagaimana, Geeks, menurut kalian kematian siapa yang paling heroik?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.