Di dalam Marvel Universe ada banyak sekali makhluk hidup yang diceritakan mempunyai keunikannya masing-masing. Sementara beberapa karakter memang sudah terlahir dengan kemampuan super, beberapa di antaranya justru sengaja diciptakan untuk menyaingi atau mendampingi para karakter berkemampuan super tersebut, seperti cyborg, artificial intelligence, android, dan sebagainya. Dari banyaknya robot yang telah diperkenalkan Marvel, tujuh di antaranya terkenal karena kekuatannya. Siapa saja mereka? Simak di bawah ini, Geeks!

Ultron

Di Marvel Universe, Ultron adalah robot super cerdas yang pertama kali diciptakan oleh Dr. Hank Pym alias Ant-Man. Namun, karena kecerdasan yang dimilikinya, Ultron menjadi robot mandiri yang bisa berpikir dan terkadang diperlihatkan mempunyai perasaan. Merasa dikhianati oleh Hank yang berusaha untuk mematikannya, Ultron menghipnotis Hank untuk melupakan keberadaan dirinya. Dalam pelarian, dia kemudian melakukan pembaruan pada dirinya sendiri, dari mulai Ultron-2 sampai Ultron Unlimited, yang pada akhirnya bisa menyatu dengan tubuh Hank Pym. Sebagai sosok hibrida, Ultron tumbuh makin kuat setelah dia berhasil menguasai Soul Stone dan hampir seluruh wilayah di permukaan Bumi.

Vision

Vision adalah android yang diciptakan oleh Ultron untuk menghancurkan Avengers. Namun, dalam prosesnya, Vision justru berkhianat pada Ultron dan malah bergabung dengan Avengers. Kemampuan Vision sendiri meliputi kekuatan fisik super, terbang, manipulasi kepadatan tubuh, dan bisa mengendalikan berbagai teknologi canggih. Setelah berhasil mengalahkan Ultron, Vision tetap bersama Avengers sebagai anggota tetap, dan bahkan sampai menikah dengan Scarlet Witch. Sepanjang sejarahnya, Vision sudah pernah hancur beberapa kali, tetapi dia selalu berhasil bangkit kembali sebagai versi yang jauh lebih canggih dari sebelumnya.

Jocasta

Jika Ultron adalah robot yang dimaksudkan untuk mempunyai pikiran dan ingatan seperti Hank Pym alias Ant-Man, Jocasta adalah robot yang dikembangkan dari karakter istri Hank sendiri, yaitu Janet van Dyne alias Wasp. Sejak awal, Jocasta memang sengaja diciptakan sebagai pasangan Ultron. Dengan tubuh kuat yang terbuat dari logam titanium, Jocasta mampu menahan hampir semua serangan fisik maupun energi. Ketika dalam mode menyerang, dia bisa menembakan energi magnetik dari matanya, dan jika ingin bertahan dia bisa mengeluarkan medan energi untuk melindungi dirinya.

Sentinel

Sentinel adalah robot yang diciptakan dengan sengaja karena banyak manusia yang percaya bahwa suatu hari nanti para mutan akan memusnahkan manusia. Itulah mengapa ketika Sentinel pertama berhasil diciptakan, satu-satunya tujuan robot pemburu ini adalah membunuh semua mutan di muka Bumi. Dengan kemampuan pelacakan yang sangat canggih, mereka bisa mencari dan mengejar para mutan di mana pun mereka berada. Dan tentu saja, karena AI-nya yang bisa beradaptasi dengan situasi, Sentinel menjadi robot mematikan yang bisa meniru gaya bertarung dan juga kemampuan para mutan.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.