Selama lebih dari 80 tahun, DC telah memperkenalkan banyak sekali universe yang tergabung dalam DC Multiverse. Selama itu juga jumlahnya terus berubah-ubah dan pernah juga diceritakan tidak terbatas, tetapi untuk saat ini DC telah mengonfirmasi bahwa hanya ada 52 Earth atau universe di satu Multiverse, yang hanya dipisahkan oleh frekuensi berbeda. Dari 52 universe tersebut ada satu universe unik yang terkenal karena tidak mempunyai superhero trinity (Superman, Batman, dan Wonder Woman), universe tersebut adalah Earth-2 alias Earth-Two. Apa yang terjadi di Earth-2, dan ada keunikan apa saja di dalamya? Mari kita bahas lebih lanjut, Geeks!

Tidak ada Superman, Batman, dan Wonder Woman 

Earth-2 alias Earth-Two adalah Universe alternatif DC yang sebenarnya pertama kali diceritakan di komik The Flash #123 pada tahun 1961, sebelum akhirnya mengalami perombakan total setelah kisah Infinite Crisis (2005). Versi aslinya sendiri menceritakan bahwa di dalam Earth-2 ini superheronya kurang lebih sama seperti universe utama, dan mereka semua tergabung ke dalam tim super yang disebut Justice Society of America (JSA), mereka diceritakan sudah aktif sejak era Perang Dunia II.

Setelah Multiverse terlahir kembali di Infinity Crisis, dan kemudian direvisi di kisah Flashpoint, Earth-2 terlahir kembali sebagai universe dengan latar belakang yang cukup tragis. Menjelang invasi Darkseid ke universe utama yang disebut Prime Earth, Steppenwolf bersama pasukan Parademons-nya diceritakan menyerang Earth-2 terlebih dahulu melalui sebuah portal yang disebut Boom Tubes. Dalam prosesnya kejadian tersebut menewaskan Superman, Batman, dan Wonder Woman yang berusaha melindungi umat manusia di Bumi, sedangkan Robin dan Supergirl terhempas ke universe lain.

Setelah lima tahun berlalu, lahirlah para superhero muda baru, seperti Jay Garrick alias Flash, Kendra Saunders alias Hawkgirl, Alan Scott alias Green Lantern, Michael Holt alias Mister Terrific, Khalid Ben-Hassin alias Dr. Fate, Al Pratt alias Atom, dan masih banyak lagi. Para superhero baru ini kemudian menghimpun kekuatan dan bekerja dengan World Army (Pasukan Dunia) untuk mengalahkan berbagai ancaman baru, termasuk mengalahkan pasukan Steppenwolf yang tersisa dan berhasil menang.

Banyak Superhero Menarik

Seperti yang kita tahu, Earth-2 adalah universe alternatif yang di dalamnya terdapat inkarnasi Justice League yang disebut Justice Society of America. Sebagai ganti Superman, Batman, dan Wonder Woman yang telah tewas dalam serangan Steppenwolf, banyak superhero baru yang bermunculan, dan mereka sebenarnya adalah inkarnasi dari para superhero populer di Prime Earth, seperti Barry Allen alias Flash atau Hal Jordan alias Green Lantern. Bedanya di Earth-2, identitas Flash dipegang oleh Jay Garick, sedangkan identitas Green Lantern dipegang oleh Alan Scott.

Meskipun banyak nama superhero yang sama, tetapi cerita asal-usul mereka sangat berbeda dari versi Prime Earth. Beberapa kisah yang cukup unik di antaranya, Kara Zor-El yang merupakan sepupu Superman diceritakan tumbuh menjadi superhero wanita bernama Power Girl bukan Supergirl. Kemudian sebelum kematiannya, Bruce Wayne alias Batman diceritakan sempat menikah dengan Selina Kyle alias Catwoman dan mempunyai seorang putri bernama Helena, yang tumbuh menjadi Robin dan kemudian setelah dewasa menjadi superhero wanita bernama Huntress.

Earth-2 dalam Tayangan Live-Action

Istilah Earth-2 sendiri sudah sering diangkat juga dalam berbagai tayangan live action superhero, di mana Earth-2 sering dijadikan sebutan untuk universe alternatif dari universe utama sebuah film atau serial. Misalnya ketika universe utama serial Arrowverse berhadapan dengan karakter dari universe alternatif, mereka menyebutnya berasal dari Earth-2. Di Arrowverse sendiri, Earth-2 adalah rumah bagi Harrison “Harry” Wells, yang sering menolong Team Flash, termasuk rumah bagi para villain seperti Zoom, bersama versi jahat Ronnie Raymond, Cisco Ramon, Laurel Lance, dan Caitlin Snow.

Menariknya, Earth-2 akan kembali diangkat sebagai universe alternatif dari DC Extended Universe, di mana karakter pertama yang akan diceritakan di universe tersebut adalah Batman baru di film The Batman mendatang. Disutradarai oleh Matt Reeves, film The Batman dipastikan akan terpisah dari DCEU dan berdiri sendiri sebagai bagian dari DC Multiverse. Walaupun menggunakan nama yang sama seperti Earth-2 di Marvel Comics dan Arrowverse, tetapi tidak ada indikasi bahwa film The Batman akan ada hubungannya dengan Earth-2 lain, kecuali jika nanti Batman menikah dengan Catwoman dan mempunyai seorang putri bernama Helena, sama seperti di komiknya. Kemungkinan besar, Matt Reeves membuat Earth-2 versinya sendiri di The Batman, tanpa mengadaptasi kisah komiknya.

Itulah pembahasan mengenai Earth-2 di Marvel Comics dan juga di tayangan live-action. Dengan film The Batman yang berlangsung di Earth-2, sepertinya istilah universe Earth-2 ini akan makin populer sebagai pelarian para penggemar DC yang kecewa dengan DCEU karena berbagai alasan. Mungkin jika respons terhadap Earth-2 di film The Batman cukup bagus, tidak menutup kemungkinan para penggemar akan meminta superhero lain dimunculkan juga di Earth-2. Bagaimana menurut kalian, Geeks? Kita lihat saja akan seperti apa Earth-2 di The Batman nanti, saat filmnya dirilis pada 4 Maret 2022.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.